Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air radiator berkurang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


Sara Bahai (40), mengisi radiator mobilnya sambil menunggu penumpang di Mazar-e Sharif, provinsi Balkh, Afghanistan, 3 Maret 2015. Sara Bahai, satu-satunya sopir taksi wanita di Afghanistan. AP/Mustafa Najafizada

Kelasmekanik.com, Jakarta – Air radiator merupakan bagian penting dari sistem pendingin mobil, dengan fungsi mendinginkan semua sistem yang ada di dalam mobil. Oleh karena itu, pemilik kendaraan disarankan untuk selalu mengecek kondisi air radiator. Jika hal ini dibiarkan tentu akan mempengaruhi performa mobil Anda.

Saat berkendara, air radiator dipindahkan untuk mencegah suhu mesin menjadi terlalu panas. Karena itu, ada kalanya air di radiator berkurang. Ada beberapa alasan mengapa air radiator bisa berkurang. Berikut informasi yang dilansir Auto2000 hari ini, Senin, 12 September 2022:

1. Penutup radiator lemah

Berkurangnya tekanan pada tutup radiator disebabkan oleh air radiator. Penyebabnya, kerusakan pada karet penutup radiator membuat air cepat mengalir. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti karet tutup radiator dengan yang baru.

2. Kebocoran pompa air

Bagian ini berfungsi untuk menyerap dan menyalurkan air pada mesin mobil. Jika bagian ini rusak, level air di radiator akan berkurang secara signifikan dan menyebabkan mesin menjadi terlalu panas.

Biasanya, bagian-bagian ini rusak karena usia penggunaan dan rentan terendam air, yang membuatnya keropos dan berkarat. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menyiram radiator setiap dua bulan sekali dan menggunakan air yang berkualitas baik sebagai perawatan untuk memaksimalkan kinerja pompa air.

3. Kebocoran sirip radiator

Kebocoran ini bisa dilihat dari beberapa tanda kondisi busi yang selalu basah dan oli mesin bercampur air. Namun, kondisi ini seringkali tidak mudah terlihat. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek bengkel resmi di bagian ini.

4. Selang radiator rusak

Selang radiator dapat rusak karena melunak atau melemah. Ini karena kesalahan pada sistem pendingin. Diketahui bahwa pipa pendingin yang rusak tidak dapat mengalirkan cairan pendingin dengan benar. Jika hal ini terjadi, segera ganti dengan selang yang baru untuk menghindari kerusakan pada mesin.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa air radiator lebih cepat terkuras. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek suku cadang pada mesin mobil agar performa mesin mobil tidak menurun.



Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news