Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 komponen sepeda motor yang harus dicek saat musim hujan

5 komponen sepeda motor yang harus dicek saat musim hujan

Warga mendorong sepeda motor yang rusak saat mereka mencoba mengendarai di jalan yang dibanjiri hujan lebat di Karachi, Pakistan. Banjir di Pakistan juga telah menghancurkan atau merusak hampir 9.000 rumah. REUTERS/Akhtar Sumro

Kelasmekanik.com, Jakarta – Saat musim hujan, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan sebagai pengemudi. Hal ini terkait dengan banyaknya komponen pada mesin yang memerlukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala.

Mengingat banyak daerah di Indonesia yang mulai turun hujan secara rutin. Tentu saja, situasi ini sangat menegangkan bagi pengendara sepeda motor. Selain hujan, Anda juga diminta untuk menjaga kesehatan sepeda motor.

Jadi, editor Gooto.com Ini termasuk beberapa bagian mesin yang harus diperiksa saat hujan. Dilaporkan dari astramotor Berikut ulasan untuk hari ini, Senin, 12 September 2022:

1. Busi

Busi merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah sepeda motor. Tanpa komponen ini, mesin tidak dapat hidup. Periksa dan ganti busi secara berkala. Jangan lupa untuk memeriksa dan membersihkan gasket busi.

2. Filter atau filter udara

Filter berperan penting dalam mencegah debu dan kotoran masuk ke mesin. Jika filter basah, pembakaran di mesin akan terganggu. Ini menghasilkan kinerja mesin yang buruk dan tenaga yang lebih sedikit.

Cara mudah merawat filter udara Anda dengan memeriksa dan menggantinya secara teratur. Dan hindari di tempat banjir atau kolam tinggi atau untuk menutupi saringan udara.

3. Kelelahan

Air atau lumpur dari air hujan bisa masuk ke cerobong asap. Jika tidak dikendalikan, cerobong asap akan memudar dan bahkan membusuk atau berkarat. Jadi, untuk menjaga sistem pembuangan pada sepeda motor Anda bekerja dengan baik, Anda harus memeriksa dan membersihkan sistem pembuangan.

4. Pencahayaan

Setelah terkena hujan atau lumpur, segera periksa dan bersihkan lampu mika yang kotor, agar lampu bekerja lebih baik. Diketahui bahwa penerangan sangat penting untuk keselamatan dan ketertiban di jalan. Apalagi di malam hari dengan sedikit cahaya.

5. Lapisan minyak

Periksa dan pastikan tutup oli sepeda motor dalam kondisi baik. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi seal karet (O ring) pada tutup oli. Jika sudah tipis sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

Itulah beberapa informasi mengenai komponen pada mesin yang perlu dicek saat hujan. Pastikan selalu melakukan pengecekan secara berkala agar berkendara nyaman dan aman.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news