Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 tips untuk aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik

10 Aplikasi Informasi Gempa dan Bencana Terbaik – Sampai saat itu, tidak ada yang tahu kapan bencana akan datang. Termasuk gempa. Bahkan sekarang, tidak terhitung berapa kali terjadi bencana alam di tanah air.

Mulai dari gunung meletus, banjir, hingga gempa bumi. Meskipun tidak ada yang tahu kapan gempa bumi akan terjadi, ada tanda-tanda yang harus diwaspadai. Dan di antara kemajuan teknologi tersebut, banyak sekali informasi terkait gempa.

Salah satunya adalah aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik. Yang mana, penerapan model ini akan sangat berguna bagi mereka yang tinggal di daerah rawan gempa.

Aplikasi berikut dapat diunduh ke ponsel Anda. Bagi yang penasaran, Anda bisa melihat beberapa tips aplikasi di bawah ini.

Aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik

Informasi BMKG

Jika kita berbicara tentang aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik, kita pasti tidak dapat memisahkan diri dari aplikasi BMKG. ini? Yang diwakili BMKG sendiri adalah Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika. Ini masih menjadi aplikasi nomor satu di negara ini.

Dengan bantuannya, Anda dapat mengidentifikasi gempa bumi yang lebih besar dari 5,0 dalam waktu singkat. Ini lima menit. Selain itu, masih ada informasi menarik lainnya yang bisa didapatkan melalui aplikasi yang satu ini.

Mulai dari iklim, lalu kualitas udara, kebakaran hutan, cuaca bandara, hingga ke darat dan cuaca dalam perjalanan pulang. Menarik bukan?

Di data BMKG juga terdapat berbagai fitur keren yang bisa digunakan. Salah satunya adalah fitur notifikasi. Dengan fitur ini Anda akan diberitahu tentang cuaca negara. Ada juga siaran pers.

Alarm gempa saya

Yang kedua yang kami rekomendasikan adalah aplikasi My Earthquake Alert. Dari namanya saja sudah jelas. Nah, bagi yang menggunakan BMKG, namun menggunakan aplikasi lain yang sejenis, mungkin aplikasi My Earth ini adalah pilihan yang tepat.

Ini dapat digunakan ketika Anda ingin melacak gempa bumi. Ada banyak fitur menarik di dalamnya. Termasuk peta gempa. Ada juga fitur pencarian. Fitur pencarian ini dapat digunakan untuk mencari informasi tentang gempa bumi yang lalu. Anda dapat menggunakannya secara gratis.

inaRISK Private

Sedangkan rekomendasi aplikasi informasi gempa dan bahaya terbaik berikutnya adalah personal risk. Ia juga siap membantu Anda untuk mengetahui potensinya serta risiko di sekitarnya. Dan penerapannya dikoordinasikan dengan BNPB.

Bukankah itu menarik? Bahkan, inarisk tidak hanya bekerja sama dengan BMKG, tetapi juga bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan lainnya. Dengan bantuan itu Anda bisa mengetahui bahayanya.

Informasi gempa terbaru

Seperti namanya, Informasi Gempa Bumi Terbaru adalah aplikasi yang siap memberikan informasi tentang gempa bumi dengan magnitudo lebih besar dari 5.0. Selain itu, aplikasi memberikan informasi tentang jarak antara tempat kecelakaan atau daerah yang terkena kecelakaan dan tempat tinggal Anda.

Ini juga memiliki alarm yang siap untuk memperingatkan bahaya. Dan masih banyak fitur menarik lainnya. Jika Anda penasaran dengan informasi Gembar Earth yang baru, Anda dapat mengunduh aplikasi lain.

MAGMA Indonesia

Aplikasi informasi gempa dan bencana hebat lainnya adalah Magma Indonesia. Ini adalah salah satu aplikasi Magma yang paling direkomendasikan. Karena siap membantu Anda untuk menemukan berbagai jenis informasi tentang bahaya di negara tersebut.

Mulai dari gempa bumi, gunung meletus, tsunami, gempa bumi, dll. Seperti aplikasi sebelumnya, di aplikasi Magma Indonesia juga terdapat banyak fitur interaktif yang menarik. Bagi yang masih sangat bingung, Anda bisa langsung mencoba aplikasi ini.

1 Gunung berapi dan gempa bumi

Saran lain 1 adalah gunung berapi dan gempa bumi. Aplikasi keren ini siap memberikan banyak informasi tentang gempa bumi dan letusan gunung berapi. Tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di seluruh dunia.

Oleh karena itu, bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang gempa bumi di dunia, aplikasi ini adalah pilihan yang tepat. Di lain waktu, Anda hanya dapat mengakses informasi dari rumah.

Seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini dapat memberikan pemberitahuan tentang bahaya di daerah Anda.

Karena nantinya, aplikasi menyediakan jenis informasi yang sangat berbeda. Dari jarak, kekuatan dan lain-lain. Data di aplikasi ini berasal dari banyak instansi ya.

EQInfo

Rekomendasi aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik berikutnya adalah eqinfo. Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis informasi yang sangat lengkap. Lalu, ada banyak sekali fitur menarik yang sangat berguna untuk digunakan.

Mulai dari bahaya gempa, kemudian peta gempa terbaru dan informasi lainnya. Informasi dalam aplikasi ini diperoleh dari badan BMKG dengan lembaga lain.

Jika Anda ingin mengetahui berbagai informasi menarik tentang aplikasi ini, Anda dapat mengunduh aplikasinya sekarang.

BMKG gempa waktu nyata

Yang lainnya adalah gempa bumi real-time BMKG. Bagi yang warga negara Indonesia dan sedang berimigrasi ke negara-negara ASEAN, menurut saya aplikasi ini cocok untuk Anda gunakan. Karena dapat digunakan untuk melacak informasi tentang gempa bumi.

Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk memberikan informasi tentang berbagai jenis gempa bumi yang pernah terjadi di negara-negara ASEAN. Harap dicatat bahwa aplikasi ini dirancang khusus untuk seismolog mahasiswa, terutama yang tertarik dengan gempa bumi.

Yang mudah dilakukan. Ada banyak fitur menarik di dalamnya. Fitur seperti fitur peta, kemudian analisis gempa bumi, daftar 200 peristiwa terakhir, pembaruan historis pengukuran gempa, usia kejadian, jarak dari lokasi Anda ke pusat gempa dan banyak lagi.

Yang jelas masih banyak fitur hebat yang layak digunakan.

WRS-BMKG

Informasi gempa dan bahaya terbaik berikutnya adalah wrs bmkg. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk memberikan informasi lengkap tentang gempa bumi berkekuatan 5.0 ke atas. Pihaknya juga siap memberikan informasi gempa yang pernah terjadi di tanah air.

Ada banyak fitur bagus yang bisa dinikmati di dalamnya. Dari peta kejutan, proyeksi peta permukaan laut tinggi, tabel perkiraan tingkat peringatan, peringatan zona peringatan dan banyak lagi. Selain itu, ada 30 peristiwa baru-baru ini.

Sama seperti gempa bumi yang lebih besar dari 5.0, gempa bumi, tsunami, rangkaian peringatan dini tsunami dan banyak lagi.

Sistem peringatan dini banjir pemerintah daerah DKI

Terakhir, penerapan sistem peringatan dini banjir Pemprov Diki Jakarta. Seperti namanya, aplikasi ini ditujukan untuk siapa saja yang tinggal di Jakarta atau ibukota. Ini adalah aplikasi yang sangat berguna bagi siapa saja yang ingin mengetahui informasi tentang banjir di masa mendatang.

Ini sangat penting. Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang ketinggian air sungai di Jakarta, kemudian informasi ketinggian air selama 24 jam terakhir juga tersedia. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga siap memberikan informasi tentang banyak hal lainnya.

Nah bagaimana, menarik sekali bukan? Itulah beberapa rekomendasi aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik dari kami. Selamat mencoba, selamat memilih, dan semoga bermanfaat. Kamu bisa menggunakan banyak aplikasi, ya. bebas. Anda dapat menggunakan satu, dua atau lebih. Gratis.