Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumor iPhone 14 dilengkapi fitur komunikasi satelit?

Apple dapat bermitra dengan Globalstar untuk fungsionalitas satelit di iPhone.

Toko apel. (Pixbay/Michael Gaida)

Kelasmekanik.com – Ada rumor iPhone 14 yang menunjukkan bahwa mungkin ada fitur baru dari perangkat Apple ini nanti. Sebuah fitur komunikasi satelit baru dikatakan termasuk dalam rumor terbaru.

Rumor iPhone 14 ini berasal dari laporan baru dari Ming-Chi Kuo bahwa Apple telah “menyelesaikan pengembangan perangkat keras” dari fitur tersebut.

Namun, belum jelas kapan fitur baru yang dikabarkan akan dipublikasikan.

Ming-Chi Kuo mengatakan dalam akun Medium-nya bahwa dalam beberapa tahun terakhir, meningkatnya jumlah bencana alam dan konflik geopolitik mengharapkan fitur komunikasi satelit menjadi hal biasa di smartphone.

Menurut analis, Apple telah menyelesaikan pengujian perangkat keras untuk fitur konektivitas satelit di iPhone 14.

Memang, pengembangan perangkat keras yang sebenarnya dari fitur tersebut tampaknya telah selesai untuk iPhone 13.

Namun, Apple akan menggunakan pengembangan perangkat keras ini untuk menguji dan menyempurnakan fungsionalitas iPhone 14.

Contoh iPhone 13 (pixabay)
Contoh iPhone 13 (pixabay)

Apple dikatakan tidak dapat merilis fitur satelit meskipun pembangunan perangkat keras telah selesai karena “model bisnisnya belum dinegosiasikan”.

Ming-Chi Kuo melanjutkan dengan mengatakan bahwa Apple mungkin bermitra dengan Globalstar untuk fungsionalitas satelit di iPhone.

Pada akhirnya, kapan (atau jika) Apple meluncurkan fitur satelit di iPhone bergantung pada apakah Apple dan operator dapat menyempurnakan model bisnis mereka.” kata Kuo, seperti dikutip di hal. 9 hingga 5 MacSelasa (30/8/2022).

Tujuan utama dari fungsi satelit di iPhone adalah untuk mengaktifkan layanan SMS dan suara dalam keadaan darurat, dalam jangka pendek dari layanan seluler tradisional.

Menurut Bloomberg, dua fitur satelit, satu untuk pengiriman pesan dalam aplikasi Pesan, dan satu lagi untuk pelaporan lebih langsung tentang keadaan darurat besar, seperti kecelakaan pesawat dan kapal karam.

Globalstar mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka telah mengakuisisi 70 satelit baru untuk “mengisi dan memperpanjang umur konstelasi Globalstar yang ada.”

Perusahaan mengatakan membeli satelit untuk memastikan pelanggan memiliki akses tanpa gangguan ke layanan satelit. Bisa jadi Apple.

Apple akan mengumumkan iPhone 14 dan iPhone 14 Pro di acara “jarak jauh” khusus pada 7 September.

Bahkan, karya seni pertunjukan mungkin mengisyaratkan fitur komunikasi satelit baru.

IPhone 14 dikabarkan akan menggunakan fitur baru terkait konektivitas satelit. (Suara.com/Dythia Novianty)