Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Duel Tablet Murah

Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite. (HiTekno.com)

Kelasmekanik.com – Banyak tablet dengan harga terjangkau telah diluncurkan di tanah air. Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite, termasuk dua tablet murah dengan spesifikasi lebih.

Realme Pad Mini WIFI dan Samsung Galaxy Tab A7 Lite hadir untuk menggoyang pasar gadget Indonesia di segmen tablet. Keduanya menyasar segmen pasar entry level.

Realme Pad Mini WIFI merupakan produk tablet pertama dari Realme. Sementara itu, Samsung telah membanjiri pasar tablet dengan beberapa seri, termasuk Galaxy Tab A series.

Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite Soal harga, Samsung Galaxy Tab A7 Lite lebih terjangkau. Dari segi desain, keduanya memiliki tampilan yang berorientasi pada anak muda. Dirancang dengan indah dan nyaman untuk dipegang.

Dari segi desain, Realme Pad Mini WIFI terlihat sangat sederhana. Realme Pad Mini memiliki WIFI masih dengan bezel tebal. Kamera depan juga ditempatkan di layar dan bukan di layar. Bagian belakang dihiasi dengan modul kamera persegi panjang yang menampung satu kamera.

Realme Pad Mini WIFI, tersedia dalam warna Biru dan Abu-abu. Galaxy Tab A7 Lite merupakan tablet murah yang terlihat ringan dan stylish. Bodinya terbuat dari aluminium, sehingga lebih kuat.

Pilihan jenis desain ini bisa digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak kecil, pelajar sekolah, mahasiswa atau pekerja kantoran.

Galaxy Tab A7 Lite hadir dalam varian warna Gray dan Silver. Lantas seperti apa spesifikasi Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite?

Berikut perbandingan WIFI Realme Pad Mini vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite yang telah HiTekno.com kumpulkan untuk Anda.

Spesifikasi Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite.  (HiTekno.com)
Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite. (HiTekno.com)

Secara keseluruhan, ketebalan WIFI Realme Pad Mini adalah 7.66mm. Dimensinya 211,84 x 124,48 x 7,66 mm dan beratnya 327 gram. Realme Pad Mini hadir dengan layar LCD 8,7 inci, resolusi 1340 x 800 piksel, dan rasio layar-ke-tubuh 84,59 persen.

Layarnya sendiri memiliki tingkat kecerahan maksimal hanya 360 nits, membuat layar nyaman dilihat di bawah sinar matahari langsung.

Ada mode kenyamanan mata yang dapat mengurangi jumlah cahaya biru untuk mencegah ketegangan mata. Ini juga menawarkan mode membaca di mana tablet tampak berwarna abu-abu saat membaca teks atau buku digital. Anda juga dapat menggunakan mode gelap untuk membuat teks menjadi putih dengan latar belakang hitam.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite berukuran 212,5 x 124,7 x 8,0 mm dan berat hanya 371 gram. Layarnya sendiri berukuran 8,7 inci tipe TFT dan resolusi 1340×800 piksel (WXGA+). Bezel di sekitar layar dibuat lebih tipis untuk membuat pengalaman menikmati konten dan fitur menjadi lebih nyaman.

Dengan layar yang besar dan resolusi yang cukup tinggi, Galaxy Tab A7 Lite mampu memanjakan mata dalam situasi apapun. Dari segi chipset, Realme Pad Mini WIFI ditenagai oleh chipset Unisoc T616 pada 12 nm. Chip ini memiliki CPU dengan kecepatan clock hingga 2 GHz dan GPU Mali G57.

Unisoc T616 pada Realme Pad Mini dipasangkan dengan dua pilihan RAM dan penyimpanan, yakni 3/32 GB dan 4/64 GB. Pengguna dapat memperluas penyimpanan mereka menggunakan kartu microSD hingga kapasitas 1TB. Sedangkan Samsung Galaxy Tab A7 Lite mengemas chipset Mediatek Helio P22T Octa-Core (4×2.3GHz + 4×1.8GHz).

Prosesor tersebut didukung oleh RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Jika itu belum cukup, pengguna masih bisa menambahkan kartu microSD berkapasitas ekstra besar 1TB.

Kamera dan fitur lainnya Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Realme Pad Mini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan.  (Realme Indonesia)
Realme Pad Mini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan. (Realme Indonesia)

Dari segi kamera, Realme Pad Mini WIFI memiliki kamera belakang 8 MP. Fitur pendukung fotografi yang disertakan oleh Realme untuk tablet murah ini adalah HDR, Panorama view, Expert, Portrait mode, Burst, Filters, Bokeh effect control hingga Beauty mode. Kamera depan memiliki resolusi 5 MP (F/2.2).

Realme menyertakan banyak fitur termasuk mode potret, mode kecantikan, deteksi wajah, filter, hingga kontrol efek bokeh. Sedangkan Samsung Galaxy Tab A7 Lite mengemas kamera belakang 8MP dan kamera depan 2MP. Kamera belakang memiliki mode Foto, Potret, Panorama, Makanan, Pro, Lebar, dan Normal.

Untuk kamera depan terdapat mode Photo, Portrait, Panorama, Food, Pro dan Wide. Baik kamera depan dan belakang memiliki mode video dan hyperlapse.

Hasil kamera belakang Samsung Galaxy Tab A7 Lite dalam kondisi indoor dan outdoor sangat baik, warna dapat terlihat natural dan dengan sedikit noise. Untuk kamera depan, resolusi 2 MP menghasilkan kualitas foto yang baik dalam kondisi pencahayaan yang memadai.

Selain itu, Realme Pad Mini WIFI dan Samsung Galaxy Tab A7 Lite juga menyertakan fitur menarik di tablet baru ini. Dari segi kapasitas baterai, Realme Pad Mini WIFI memiliki baterai berkapasitas 6.400 mAh yang konon bisa digunakan untuk menonton video YouTube online selama 12 jam terus menerus.

Ada fitur pengisian cepat 18W untuk pengisian cepat. Realme Pad Mini juga memiliki fitur Reverse Charging untuk mengisi daya smartphone atau perangkat lain.

Fitur lain yang melengkapi Realme Pad Mini antara lain port USB Type-C, jack audio 3.5mm, Bluetooth 5.0, speaker stereo ganda dengan sertifikasi Dirac sehingga audio yang dihasilkan dikatakan lebih jernih.

Tablet ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 dan antarmuka Realme UI for Pad. Samsung Galaxy Tab A7 Lite dibekali baterai 5.100 mAh dengan dukungan fast charging adaptor 15W.

Namun charger dalam paket tidak mendukung fast charging, sehingga jika pengguna ingin menggunakan fitur ini harus membeli charger secara terpisah.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite dilengkapi dengan jack audio 3.5mm, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 5, Samsung Knox, pengenalan wajah, port USB Type-C dan speaker stereo ganda dengan teknologi Dolby Atmos.

Dari segi software, Samsung Galaxy Tab A7 Lite sudah menjalankan sistem operasi Android 11 dan dibalut dengan antarmuka One UI 3.1.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite.  (Samsung)
Samsung Galaxy Tab A7 Lite. (Samsung)

Harga

  • Realme Pad Mini WiFi 3GB + 32GB: Rp 2,4 juta
  • Realme Pad Mini WiFi 4GB + 64GB: Rp 2,8 juta
  • Samsung Galaxy Tab A7 Lite: $2,5 juta

Pertempuran itu untuk Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi pilihannya tergantung kebutuhan dan budget Anda.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins