Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil rusak dan cara mengatasinya

autoilenia.com – Mobil yang mogok saat sedang mengisi bahan bakar adalah salah satu masalah yang menimbulkan ketidaknyamanan baik bagi pengemudi maupun penumpangnya. Penyebab mobil rusak bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah usia mobil yang terlalu tua atau terlalu tua.

Selain tidak nyaman saat digunakan, mobil yang kehabisan bahan bakar juga dapat menimbulkan bahaya lain, seperti mobil mogok atau mati mendadak saat sedang digunakan. Mobil Dengan masalah seperti itu, tentunya Anda harus mendapatkan perlakuan khusus, seperti membawanya ke bengkel untuk diperbaiki dan dirawat, serta mengganti beberapa bagian yang rusak, performa mobil menjadi sempurna dan cocok untuk jalan raya.

Penyebab mobil rusak dan cara mengatasinya

mobil brebet

Berikut adalah beberapa di antaranya. Penyebab kecelakaan mobil Yang perlu Anda ketahui ada di antara mereka

1. Lilin rusak atau kotor

Salah satu penyebab mobil rusak adalah busi yang kotor atau rusak. Periksa secara berkala kondisi busi mobil Anda untuk mengetahui tingkat kualitasnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain kotoran pada busi, perubahan busi atau celah pada busi juga dapat menyebabkan terjadinya percikan api pada mobil. Celah yang terlalu rapat atau keras akan mempengaruhi proses pembakaran sehingga mobil tidak dapat bekerja dengan baik.

2. Kebocoran pada kabel busi

Selain busi yang kotor atau rusak, percikan api pada busi juga dapat menyebabkan masalah pada mobil. Dalam keadaan darurat, perbaiki area yang bocor dengan memasang pelindung listrik tahan panas. Namun jangan lupa untuk mengganti mobil Anda dengan yang baru agar tidak terasa canggung dan tidak nyaman saat berkendara.

Baca juga: Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

3. Masalah dengan koil pengapian

Masalah kabel pengapian atau coil biasanya terjadi karena nilai resistansi coil mulai besar. Masalah koil ini biasanya terdapat pada mobil yang menggunakan koil untuk setiap busi. Bahaya lain yang terdapat pada mobil yang menggunakan satu koil untuk beberapa busi sekaligus tidak hanya kebisingan yang mengganggu kenyamanan berkendara, tetapi juga dapat menyebabkan mobil mogok dan sulit untuk dihidupkan kembali.

4. Sensor EFI rusak

Injeksi bahan bakar elektronik atau EFI, yang banyak digunakan di mobil modern, tidak selalu menguntungkan. Sensor EFI yang rusak dapat menyebabkan mobil mogok saat diaktifkan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah masalah pada Coolant Temperature Sensor yang menyebabkan mobil tidak mendeteksi suhu air pendingin dan suhu air radiator.

Cara memenangkan mobil Brebet

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab mobil rusak, kini saatnya mencari tahu cara mengatasi mobil berantakan agar perjalanan ke tempat tujuan berjalan lancar.

1. Periksa pipa reservoir

Periksa selang tangki mobil Anda yang mengarah ke pompa bensin. Periksa apakah ada akumulasi kerak dan kotoran di dalam tangki. Jika tangki penuh dengan kerak dan kotoran, ini bisa menyebabkan mobil jatuh saat menginjak gas. Bersihkan tangki mobil Anda segera sebelum kotoran dan kotoran menumpuk dan menumpuk, menyebabkan pompa bahan bakar tidak berfungsi dan mati.

2. Periksa kebersihan filter bahan bakar

Hal lain yang sering menyebabkan mobil mogok adalah kotoran yang mengendap di filter bahan bakar. Filter bahan bakar sendiri memiliki dua katup terpisah, yaitu selang antara pompa bensin dan karburator. Kotoran yang menumpuk pada filter bahan bakar akan menyebabkan mobil menumpuk dan akan sulit untuk dihidupkan.

Baca juga: Penyebab Kecelakaan Mobil dan Cara Mengatasinya

3. Periksa fungsi Busi

Busi merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil. Periksa fungsi busi pada mobil agar mobil tidak macet saat mobil dihidupkan. Untuk memeriksa apakah busi masih berfungsi atau tidak, pasang busi ke logam mesin. Jika lilin tidak menyala, berarti lilin sudah aus dan sudah saatnya diganti. Karena busi yang rusak bisa putus saat mobil distarter. Ingat saat mengganti busi, usahakan busi baru sama mereknya dengan busi lama. Untuk mengembalikan performa mobil Anda, sebaiknya pilih busi yang direkomendasikan oleh bengkel profesional agar tidak lengket.

4. Gunakan bahan bakar yang berkualitas

Untuk menghindari kerusakan pada mobil Anda, pilihlah bahan bakar berkualitas premium seperti Pertamax atau Pertamax Plus agar mobil Anda tetap berjalan lancar. Bila bahan bakar yang digunakan berkualitas akan membuat mobil Anda lebih aman dan nyaman, dan tentunya akan mencegah terjadinya pengereman saat start.

5. Periksa kabel busi

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, coba periksa kabel busi saat mobil Anda macet. Kabel busi juga dapat menyebabkan mobil putus jika terjadi keretakan atau putus pada klep. Jika kabel busi rusak seperti ini, segera ganti di bengkel resmi terdekat.

Berikut adalah beberapa di antaranya. Penyebab kecelakaan mobil dan cara mengatasinya Anda bisa menjadikannya sebagai referensi dan tambahan pengetahuan untuk menjaga kualitas mobil. Selamat mengemudi!