Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil boros BBM dan cara mengatasinya agar lebih irit

autoilenia.com – Penyebab mobil boros bahan bakar adalah salah satu hal yang harus diketahui pengemudi mobil. Menggunakan terlalu banyak bahan bakar di dalam mobil akan menghabiskan banyak uang untuk perawatannya. Meski mobil Anda sudah dilengkapi dengan teknologi electronic fuel injection (EFI), masih banyak mobil yang boros bahan bakar.

Semua orang menginginkan mobil yang irit bahan bakar saat pertama kali membelinya. Oleh karena itu, banyak produsen mobil yang memproduksi model-model terbaru yang irit dan irit bahan bakar. Tapi kenapa masih banyak pengendara yang mengeluhkan mobil boros bahan bakar?

Secara teori, salah satu penyebab mobil boros bahan bakar adalah tekanan dalam pada pedal gas. Karena semakin besar tenaga yang dimiliki mobil, semakin banyak pula bahan bakar yang dibutuhkan.

Harus memperhatikan! Berikut ini penyebab mobil boros bahan bakar.

Sebuah mobil yang mengisi bahan bakar

Berikut adalah beberapa di antaranya. Penyebab BBM mobil boros Yang perlu Anda ketahui termasuk yang berikut:

1. Era mobil

Seperti kendaraan lain pada umumnya, semakin lama mobil digunakan, semakin rendah kualitasnya. Ini adalah penyebab umum pemborosan bahan bakar di mobil. Hal inilah yang menyebabkan tingginya permintaan bahan bakar.

2. Saringan udara limbah

Sedikit yang diketahui, filter udara yang terkadang tidak diketahui menjadi salah satu penyebab mobil boros bahan bakar. Bersihkan filter udara secara teratur untuk menghindari knocking, yang dapat menyebabkan bahan bakar lebih cepat habis.

Filter udara di dalam mobil digunakan untuk menyaring limbah yang masuk seperti debu, kertas dan lain-lain, sehingga memastikan udara di ruang bakar bersih. Tumpukan debu yang jarang dibersihkan dapat menyebabkan filter udara menjadi kotor dan bensin lebih cepat habis.

3. AC sering menyala.

Hal lain yang menyebabkan mobil boros bahan bakar adalah AC yang terlalu sering dinyalakan pada suhu tinggi. Saat AC dihidupkan dalam suhu tinggi, kompresor berputar lebih cepat dari biasanya. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan mobil kehabisan bahan bakar dengan cepat dan boros. Gunakan AC suhu sedang untuk menghemat penggunaan bahan bakar.

Baca juga: Penyebab Kecelakaan Mobil dan Cara Mengatasinya

4. Ban kempes

Siapa sangka, hal kecil seperti itu ternyata menjadi salah satu penyebab mobil boros bahan bakar. Ya. Karena ban kempes, mobil Anda bisa kehabisan bensin lebih cepat. Pasalnya, dinding ban mengembang dan menimbulkan gesekan di jalan, sehingga mobil membutuhkan tenaga lebih untuk terus melaju. Hal ini akhirnya menyebabkan bensin lebih cepat habis dari biasanya.

5. Konverter katalitik longgar

catalytic converter merupakan salah satu bagian terpenting pada mobil dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan filter udara, yaitu menyaring kotoran dari knalpot. Konverter katalitik yang diadopsi tentu saja akan berdampak besar pada konsumsi bahan bakar. Meski pada akhirnya performa mesin mobil akan semakin sempurna dan kencang, tentu saja bahan bakar ini akan boros dan akan cepat habis.

Cara mengatasi boros bahan bakar agar lebih hemat

Setelah mengetahui Penyebab BBM mobil borosHal lain yang kurang penting dalam berkendara adalah mengetahui cara menghadapinya.

Berikut beberapa tips mengatasi penyebab mobil boros bahan bakar, antara lain:

1. Panaskan mobil dalam waktu yang relatif singkat

Mobil yang melakukan pemanasan dalam waktu lama menyebabkan bensin habis dan terbuang percuma. Panaskan mobil selama 1-2 menit sebelum digunakan.

2. Isi BBM di pagi hari

Setiap SPBU menyimpan sejumlah bahan bakar di tangki bawah tanah. Di pagi hari, suhu tanah yang dingin akan menjadi tebal dan kental. Hal ini mempengaruhi jumlah bahan bakar di dalam mobil dibandingkan dengan mengisi bensin di siang hari.

Baca juga: Penyebab Mobil Lelah dan Cara Mengatasinya

3. Pastikan ban tidak kempes

Seperti disebutkan di atas, ban yang kurang angin akan mengeluarkan lebih banyak bahan bakar daripada biasanya. Periksa ban sebelum Anda berkendara, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

4. Servis mobil reguler

Jaga performa mobil dengan rutin melakukan servis ke bengkel resmi agar mobil tidak mogok dan boros bahan bakar. Pemeriksaan dan perawatan yang terus menerus pasti akan membuat kualitas mobil Anda semakin keren.

5. Jaga kebersihan filter udara

Filter udara merupakan faktor penting yang mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Lakukan pembersihan filter secara rutin agar mobil selalu irit bahan bakar dan bersih.

6. Isi bahan bakar sebelum terlambat

Pengisian bahan bakar yang terlambat mengganggu kinerja mobil, mengakibatkan bahan bakar terbuang sia-sia. Isi bahan bakar saat bahan bakar setidaknya setengah penuh.

Ini adalah beberapa tips tentang cara untuk menang Penyebab BBM mobil boros Apa yang perlu Anda ketahui untuk membuat mobil Anda terlihat lebih keren dan lebih menarik. semoga beruntung.