Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MediaTek Pentonic 700, chipset khusus untuk Smart TV 4K 120Hz

MediaTek Pentonic 700 siap untuk TV pintar 4K pada kuartal keempat tahun 2022.

MediaTek Pentonic 700. (MediaTek)

Kelasmekanik.com – MediaTek mengumumkan chipset baru yang ditujukan untuk TV pintar. Yaitu, MediaTek Pentonic 700, sebuah system-on-chip (SoC) yang dilengkapi dengan mesin pemrosesan AI yang kuat untuk TV pintar 4K 120Hz.

Menampilkan peningkatan kualitas gambar bertenaga AI, dukungan Dolby Vision IQ dengan Precision Detail, 4K120 MEMC dan TCON terintegrasi, dan peningkatan game, merek TV global Pentonic 700 menawarkan pengalaman menonton yang lengkap kepada pengguna.

Seri MediaTek Pentonic menghadirkan peningkatan kualitas gambar yang didukung AI ke TV pintarkata Alex Chen, manajer umum unit bisnis TV MediaTek.

Merek Smart TV dapat mengandalkan Pentonic 700 untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan unik untuk menonton video atau olahraga, bermain game atau menjadikan TV sebagai pusat kendali untuk perangkat pintar lainnya.Dia melanjutkan.

Unit pemrosesan AI (APU) terintegrasi MediaTek Pentonic 700 mendukung teknologi MediaTek seperti AI-Super Resolution, pengenalan adegan AI-Picture Quality (AI-PQ), dan pengenalan objek AI-PQ untuk perataan dan rekonstruksi detail.

MediaTek Pentonic 700. (MediaTek)
MediaTek Pentonic 700. (MediaTek)

Kehadiran Dolby Vision IQ dengan Precision Detail semakin meningkatkan kualitas gambar, meningkatkan kontras antara titik terang dan gelap pada gambar yang tajam.

Smart TV berkemampuan MediaTek Pentonic 700 dapat menampilkan konten dari berbagai sumber di lapisan TV dengan dukungan yang ditingkatkan untuk Picture-by-Picture (PBP) dan Picture-in-Picture (PIP) dengan PQ.

Saat digunakan oleh pengguna di rumah, teknologi ini memudahkan pengguna untuk melakukan streaming berbagai acara olahraga secara bersamaan atau melakukan obrolan video dengan teman dan keluarga sambil menonton konten bersama.

Saat berada di kantor, fitur ini memberikan lebih banyak opsi konferensi video dan memudahkan TV untuk menampilkan konten streaming yang berbeda secara bersamaan.

Sementara MediaTek Pentonic 700 dirancang untuk smartTV 120Hz, MediaTek Pentonic 700 mendukung kecepatan refresh variabel (VRR) hingga 144Hz untuk memberi produsen TV kemampuan untuk mengadaptasi produk mereka untuk aplikasi game.

Di sini, pemain dapat memainkan game tanpa suara di layar. Sementara itu, ada peningkatan lain untuk gaming, seperti HDMI 2.1 Auto Low Latency Mode (ALLM) untuk mengurangi lag tampilan dan teknologi Dolby Atmos untuk suara yang imersif.

MediaTek Pentonic 700. (MediaTek)
MediaTek Pentonic 700. (MediaTek)

Berikut Spesifikasi Utama MediaTek Pentonic 700

  • Dukungan resolusi hingga 4K pada 120Hz dan VRR hingga 4K pada 144Hz untuk aplikasi game.
  • Dolby Vision IQ dengan Precision Detail memberikan detail yang lebih besar dalam tekstur dan kedalaman gambar.
  • Teknologi adaptif HDR10+ memberikan pengalaman menonton yang lebih baik kepada pengguna berdasarkan kondisi pencahayaan di dalam ruangan.
  • MediaTek AI-PQ Scene Recognition 2.0 menyediakan pengoptimalan otomatis pengaturan kualitas gambar.
  • AI-PQ Object Recognition 2.5 MediaTek meningkatkan kedalaman tampilan dengan menerapkan kejelasan, kontras, dan warna berbeda antara latar depan dan latar belakang.
  • Mesin decoding video perangkat keras internal mendukung standar HEVC, AV1 dan AVS3, bersama dengan standar VVC baru (H.266), persyaratan terbaru untuk penyedia siaran dan streaming.
  • AI-Super Resolution 2.0 MediaTek menawarkan penghalusan tepi dan rekonstruksi detail.
  • Ini mendukung fitur asisten suara terbaru dan manajemen perangkat rumah pintar.

Dengan desain yang terintegrasi, chip ini menghemat daya dan mengurangi biaya BOM – akibatnya mempercepat waktu pemasaran bagi produsen perangkat.

Produsen dapat menggunakan solusi konektivitas nirkabel Filogic Wi-Fi 6, Wi-Fi 6E atau Wi-Fi 7 dari MediaTek untuk menghadirkan konektivitas 4K yang cepat dan andal di TV pintar. Tentu saja, ini memastikan latensi rendah selama pengalaman streaming dan cloud gaming.

MediaTek Pentonic 700 dijadwalkan untuk menyalakan TV pintar 4K arus utama segera sebagai bagian dari keluarga chipset MediaTek Pentonic.

Dengan seri baru ini, MediaTek menawarkan produsen peralatan berbagai pilihan untuk TV mainstream, kelas atas, dan pasar massal untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berbeda.

Smart TV bertenaga MediaTek Pentonic 700 diperkirakan akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2022.