Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Android 13 diluncurkan di Google Pixel, kapan ponsel Android lain akan mendapatkan pembaruan?

Android 13 telah resmi tiba untuk Google Pixel. Kapan ponsel Android lainnya mendapatkan pembaruan?

Android 13. (Android)

Kelasmekanik.com – Akhirnya, sistem operasi Android 13 telah resmi diluncurkan oleh Google setelah berbulan-bulan versi pratinjau dan pratinjau.

Android 13 telah resmi diluncurkan di smartphone Pixel Google sebelum datang ke ponsel Android merek lain.

Seperti dilansir Suara.com, sistem operasi Android 13 tersedia untuk seri smartphone Google Pixel. Ini termasuk Google Pixel 6, Google Pixel 6a, Google Pixel 6 Pro, Google Pixel 5, Google Pixel 5a, Google Pixel 4 XL dan Google Pixel 4a.

Dikutip dari Suara.com, Selasa (16/8/2022), baru setelah Google Pixel, sistem operasi ini akan merambah merek lain pada akhir 2022.

Nantinya Android 13 akan muncul di Samsung Galaxy, Asus, HMD/Nokia, iQOO, Motorola, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, vivo dan Xiaomi.

Salah satu fitur privasi utama Android 13 adalah kemampuan untuk menentukan dengan tepat foto, video, dan file audio mana yang dapat diakses oleh aplikasi.

Sebelum perubahan ini, pengguna hanya dapat memberikan atau menolak akses seluruh aplikasi ke semua file media di perangkat.

Android 13. (Android)
Android 13. (Android)

Perubahan akan membantu pengguna berbagi media tanpa mengekspos file yang berisi informasi sensitif.

Setelah pengguna menyalin file seperti alamat email, kata sandi, atau nomor telepon, sistem akan menghapusnya dari clipboard dalam jangka waktu tertentu.

Data sensitif dapat dilindungi dari aplikasi yang berpotensi berbahaya atau memposting ancaman.

Pengguna akan memiliki kontrol lebih besar atas notifikasi.

Saat Anda mengunduh aplikasi baru untuk pertama kalinya, aplikasi tidak dapat mengirim pemberitahuan apa pun kecuali jika pengguna mengizinkannya secara eksplisit.

Pemeriksaan keamanan ekstra tersebut dapat menghentikan aplikasi dari pengguna yang mengganggu.

Ini juga memiliki kemampuan untuk memerangi aplikasi jahat yang menggunakan notifikasi sebagai vektor serangan untuk meretas ponsel Android.

Google Pixel 5. (Pengembang XDA)
Google Pixel 5. (Pengembang XDA)

Seiring dengan peningkatan keamanan, Android 13 meningkatkan cara ponsel cerdas berinteraksi dengan tablet dan Chromebook. Misalnya, pesan aplikasi perpesanan dapat mengalir dari ponsel Anda ke Chromebook.

Perangkat yang menjalankan Android 13 dapat memposting teks dan media yang direkam ke perangkat apa pun yang menjalankan Android 6 atau lebih tinggi.

Fitur penyesuaian baru lainnya di Android 13 termasuk wallpaper baru, ikon aplikasi, dan opsi bahasa.

Terlepas dari bahasa default sistem, pengguna dapat mengubah pengaturan bahasa dalam satu aplikasi.

Android 13 dapat mengatur wallpaper, ikon aplikasi, dan pemutar media secara visual. Android 13 juga mengurangi latensi audio Bluetooth.

Android 13 dapat mengenali stylus dan jari pengguna sebagai perangkat input terpisah untuk membuat masing-masing lebih akurat.

Saat pembaruan OS hadir di tablet, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menarik dan melepas aplikasi apa pun ke mode terpisah untuk meningkatkan multitasking.

Itulah yang bisa dicoba oleh pengguna Android 13 hingga Google Pixel. Seperti merek HP Android lainnya, Anda harus bersabar dengan ketersediaannya. (Suara.com/ Dicky Prastya).


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news