Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 keuntungan menggunakan aplikasi payroll online untuk mempermudah pekerjaan HR

Menggunakan aplikasi gajian online lebih menguntungkan bagi perusahaan dan karyawan.

Aplikasi SDM Bakat oleh Mentor. (pembimbing)

Kelasmekanik.com – Setiap hari gajian karyawan, pekerjaan administrasi SDM melibatkan tidak hanya menghitung upah, tetapi juga mempersiapkan dan mendistribusikan slip gaji karyawan. Slip gaji atau slip gaji adalah hak karyawan untuk diberikan oleh pemberi kerja baik diminta maupun tidak.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, Pasal 53 Ayat (2) Pengusaha wajib menyerahkan surat keterangan pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima pekerja/buruh pada saat pembayaran upah. Artinya HR wajib membagikan slip gaji karyawan pada hari gajian yang telah disepakati setiap bulannya.

Tujuan penerbitan slip gaji

Sebagai bukti bahwa gaji karyawan telah dibayarkan oleh perusahaan sebesar jumlah yang tercantum dalam slip gaji. Mendukung transparansi pembayaran gaji, sehingga setiap karyawan mengetahui informasi detail tentang perhitungan gaji.

Penghasilan karyawan sebagai dokumen legal, slip gaji untuk berbagai keperluan seperti pengajuan kredit rumah dan kendaraan.

Biasanya, slip gaji karyawan diproses dalam program spreadsheet seperti Microsoft Excel, kemudian dicetak di atas kertas dan dibagikan kepada setiap karyawan dalam amplop tertutup untuk melindungi kerahasiaan informasi.

Contoh lembar gaji panduan

Contoh Slip Gaji Panduan.  (pembimbing)
Contoh Slip Gaji Panduan. (pembimbing)

Dalam praktik modern, metode yang disebutkan di atas dianggap tidak efektif, sehingga dibuang. Untuk perusahaan dengan banyak karyawan atau perusahaan dengan beberapa kantor cabang, menggunakan penggajian manual tidak hanya membuang waktu staf tetapi juga menghabiskan anggaran untuk biaya pencetakan dan pengiriman slip gaji ke setiap karyawan.

Teknologi internet dan cloud memberikan solusi yang lebih baik dalam hal ini. SDM dapat mengelola informasi penggajian karyawan melalui penggajian online atau e-pay dalam format digital. Ketika Anda dibayar, karyawan akan menerima dokumen pembayaran di kotak masuk email mereka atau melalui portal karyawan.

Slip gaji digital dihasilkan menggunakan perangkat lunak penggajian. Dengan aplikasi gajian online ini, hasil perhitungan seluruh elemen gaji pegawai akan menghasilkan e-payslip yang dapat langsung diakses oleh pegawai yang terhubung dengan rekening masing-masing.

Secara umum, format slip gaji manual dan digital tidak jauh berbeda. Keduanya mengandung beberapa informasi penting, seperti:

  • ID Pengusaha: Nama perusahaan, alamat dan nomor telepon.
  • Identitas pegawai : nama, nomor induk, jabatan dan NPWP.
  • Rincian perhitungan gaji termasuk semua komponen kenaikan pendapatan dan penurunan pendapatan.
  • Tanggal/waktu gaji

Komponen penghasilan tambahan dapat berupa gaji pokok, tunjangan tetap, tunjangan tidak tetap, jaminan kesehatan BPJS, jaminan ketenagakerjaan BPJS, lembur, bonus, insentif, tunjangan hari raya dan penghasilan lainnya. Komponen pengurangan penghasilan terdiri dari iuran BPJS, PPh 21 PPh, pinjaman pegawai, denda dan potongan lainnya.

Perbedaan antara slip gaji kertas dan e-payslips adalah pada proses penyiapan, pendistribusian dan pengamanan informasi. Dibandingkan dengan sistem manual dengan spreadsheet, menggunakan aplikasi penggajian online lebih menguntungkan bagi perusahaan dan karyawan.

Keuntungan dari slip gaji online

Merampingkan alur kerja SDM

Aplikasi gajian online tidak memerlukan peran administrator penggajian untuk memasukkan rumus perhitungan manual, karena perangkat lunak memiliki sistem perhitungan otomatis dan akurat. Dengan proses yang jauh lebih cepat, SDM dapat merampingkan pekerjaan administrasi dan mengalokasikan kembali waktu produktif mereka ke pekerjaan utama, seperti pengembangan tenaga kerja.

Menghemat biaya perusahaan

Aplikasi gajian online tidak membutuhkan kertas (paperless) sehingga tidak hanya lebih ramah lingkungan tetapi juga menghemat biaya perusahaan. Dalam survei yang dilakukan oleh The Chartered Institute of Payroll Professionals (CIPP) yang berbasis di Inggris, lebih dari 83% responden mengatakan mereka mengalami penghematan dari menggunakan e-payslips, mulai dari £ 1.200-6.000 (GBP). .

Jaminan kerahasiaan karyawan yang lebih baik

Tanpa kertas, tidak ada risiko informasi buku besar pembayaran tercecer atau jatuh ke tangan orang lain. Data yang disimpan di server cloud lebih aman, karena hanya dapat diakses oleh karyawan terkait dengan nama pengguna dan kata sandi. Karyawan menyukai database penggajian pribadi dengan akses 24/7, sehingga mereka dapat mengunduh dokumen kapan pun dan di mana pun mereka membutuhkannya.

Memberikan informasi dengan cepat

Dalam bentuk fisik, slip gaji membutuhkan waktu pengiriman, sehingga biasanya sampai di tangan karyawan dalam beberapa hari setelah hari gajian. Dengan menggunakan penggajian online dapat mengatasi keterbatasan jarak dan mendapatkan waktu penggajian yang akurat, sehingga memudahkan karyawan untuk mencocokkan jumlah gaji bersih yang diterima dengan perhitungan pada penggajian.

Cara menemukan aplikasi penggajian terbaik

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, perusahaan akan mempermudah proses penilaian jurnal penggajian karyawan ini dengan menggunakan aplikasi berbasis online karena nilai jurnal penggajian untuk karyawan ini akan diproses secara otomatis dan gaji setiap karyawan akan secara otomatis ditransfer ke rekening. Tentunya bagi karyawan yang menggunakan aplikasi penggajian akan lebih efisien dari segi waktu.

Selain itu, dengan melakukan standar jurnal penggajian berbasis online, perusahaan dapat mengurangi kesalahan pada jurnal penggajian karyawan saat menggunakan rumus excel untuk sistem jurnal penggajian karyawan.

Tentunya sebuah perusahaan pasti ingin mencari aplikasi penggajian karyawan berbasis online yang terbaik dan teraman untuk digunakan perusahaannya. Saat ini sudah banyak aplikasi jurnal penggajian karyawan berbasis online yang dikembangkan dan dikembangkan oleh berbagai vendor untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola penggajian karyawan. Selain itu, aplikasi gajian yang berbeda ini menawarkan berbagai penawaran menarik kepada perusahaan. Namun, perusahaan harus lebih selektif dalam memilih aplikasi penggajian yang akan digunakan.

Tentunya perusahaan harus memilih aplikasi gaji yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena banyak sekali aplikasi gajian online yang bisa Anda temukan, berikut ini cara menemukan aplikasi gajian terbaik. dengan orang lain.

1. Sistem aplikasi berbasis online

Seperti yang Anda ketahui, sistem aplikasi berbasis online ini akan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan perusahaan yang menggunakan sistem manual karena dengan menggunakan aplikasi penggajian berbasis online ini Anda dapat mengakses data kapan saja dan dimana saja selama perangkat Anda terhubung dengan internet. hubungan.

Hal ini sangat berbeda bila menggunakan distribusi penggajian karyawan secara manual dimana administrator perusahaan harus pergi ke kantor setiap kali administrator perusahaan perlu mengakses data dan informasi gaji karyawan. Tentu saja hal ini sangat tidak efektif dan membuang-buang waktu.

2. Ikuti perubahan dalam undang-undang perburuhan

Perubahan peraturan ketenagakerjaan ini akan sangat mempengaruhi perhitungan dan pembayaran upah karyawan. Oleh karena itu, sistem aplikasi gajian ini harus mampu beradaptasi dan update agar sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan perusahaan yang baru.

3. Terintegrasi

Aplikasi gajian ini harus memiliki sistem yang terintegrasi sehingga aplikasi dapat secara otomatis dan akurat menghitung semua bagian gaji karyawan perusahaan. Misalnya, salah satu bagian dari penggajian perusahaan adalah melihat daftar pantauan karyawan.

Nantinya, aplikasi gajian ini mengintegrasikan informasi detail absensi karyawan ke dalam sistem sehingga HRD tidak perlu lagi repot memasukkan data secara manual. Selain itu, sistem indikator gaji membuat total gaji bersih karyawan lebih tepat dan akurat.

4. Ikuti undang-undang ketenagakerjaan dan peraturan pajak

Undang-undang ketenagakerjaan dan peraturan perpajakan telah menjadi dasar penting bagi perusahaan untuk membayar karyawannya. Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan memilih aplikasi gaji yang sesuai dengan undang-undang sumber daya manusia dan peraturan perpajakan agar legalitas aplikasi tersebut tidak diragukan.

5. Sistem yang aman dan rahasia

Bagian dari gaji ini tentunya tidak boleh jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab dan ketika bagian dari gaji tersebut disimpan di kantor dalam perangkat keras, kemungkinan untuk diakses dan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab akan sangat tinggi. Anda dapat menghindari risiko tersebut jika Anda menggunakan sistem penggajian berbasis online karena keamanan penggajian disimpan di server cloud.

Buat slip gaji karyawan di Talenta dengan aplikasi mentoring

Talenta by Mekari adalah aplikasi gajian paling efisien dan hemat biaya dengan perhitungan payroll otomatis dan payroll online. Tak hanya cepat dan bebas human error dalam menghitung perhitungan gaji, Talenta membantu perusahaan pendamping menghemat 20 juta birr per tahun untuk biaya pengelolaan tenaga kerja.

Cloud HRIS ini memiliki portal karyawan, di mana setiap karyawan dapat dengan aman melihat gaji mereka secara online dengan akses 24/7. Karyawan dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi seluler Talenta by Mekari di smartphone Android atau iOS mereka untuk melihat pembayaran elektronik dari ujung jari mereka.

Selain itu, Talenta menawarkan fitur mobile-friendly yang disebut Mobile Employee Self-Service, sehingga karyawan dapat dengan mudah mengakses Talenta di smartphone atau gadget mereka. Fitur-fitur yang ditawarkan Talenta lebih diperdalam untuk mempermudah pekerjaan karyawannya. Misalnya, komponen seperti Bonus, Tunjangan, Pajak, Insentif dan lain-lain ditambahkan dalam fitur Payroll. Sehingga perhitungan akan lebih efektif dan efisien.

Dengan fitur-fitur tersebut, pengelolaan sumber daya di perusahaan jauh lebih baik dan lebih baik. Talenta dapat dengan mudah ditemukan di https://Talenta.co. Apa yang kamu tunggu? Coba keterampilannya sekarang.