Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial praktis, cara menghapus cache Android.

Sederhana dan praktis, berikut cara membersihkan cache Android.

Contoh ponsel Android. (Pixbay)

Kelasmekanik.com – Bagi Anda pengguna ponsel Android, apakah Anda sudah tahu cara menghapus cache Android? Jika belum, berarti Anda harus menyimak ulasan berikut ini, karena proses clear cache di perangkat Android sangat penting agar Anda bisa bekerja secara rutin. Ikuti tutorial HP Android yang disusun untuk Anda oleh tim HiTekno.com.

Banyak pengguna ponsel Android takut untuk menghapus cache karena khawatir semua data penting yang tersimpan akan terhapus, meskipun proses pembersihan cache hanya menghapus file sampah atau file sementara atau bisa disebut file tidak berguna yang masih tersimpan.

Jadi Anda tidak akan kehilangan data apa pun meskipun Anda mengosongkan cache terus-menerus.

Pada dasarnya berbagai aplikasi dan browser yang Anda kunjungi di perangkat Android Anda akan menghapus cache dalam jangka waktu tertentu, tetapi jika Anda mengalami masalah dengan perangkat Android Anda, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah cara menghapus cache Android. . Di bawah:

  • Buka menu pengaturan di perangkat Android Anda
  • Kemudian temukan dan buka menu More Settings
  • Jika opsi menu More Settings sudah terbuka, klik opsi Storage
  • Pada halaman penyimpanan, pilih opsi penyimpanan bersih
  • Kemudian pilih opsi dari cache untuk menghapus, opsi akan muncul untuk menghapus cache dan cukup klik pada tab hapus di bagian bawah layar.
  • Selesai! Proses clear cache berhasil.
Contoh ponsel Android.  (Pixbay)
Contoh ponsel Android. (Pixbay)

Selain menggunakan metode di atas, Anda dapat menghapus cache dengan menginstal aplikasi tambahan di perangkat Android Anda. Dan salah satu aplikasi yang bisa anda andalkan untuk membersihkan cache adalah aplikasi Clean Master, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Unduh dan instal aplikasi master bersih di perangkat android Anda melalui google play store.
  • Kemudian buka aplikasi Clean Master dan pilih file sampah untuk menganalisis semua file sampah di perangkat Android
  • Ketika proses analisis selesai, bersihkan semua cache dengan mengklik tab Bersihkan Sampah
  • Setelah itu tunggu hingga proses pembersihan selesai dan proses pembersihan cache pada perangkat Android Anda berhasil.

Ini adalah bagaimana Anda harus secara teratur menghapus cache Android sehingga Anda dapat memeriksa apakah ada data yang tidak perlu yang tersimpan di perangkat Android Anda. Nah, dari kedua cara di atas, mana yang menurut Anda paling mudah? Selamat mencoba tutorial HP Android di atas!

Kontributor: Jeffrey Francisco