Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial cara menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris verbatim, mudah dan cepat

Anda juga dapat sepenuhnya menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain melalui Microsoft Word.

Microsoft Word. (Microsoft)

Kelasmekanik.com – Cara menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris di Word dapat dilakukan dengan mudah. Ikuti tutorial Microsoft Word berikut yang disusun oleh tim HiTekno.com.

Dengan cara ini Anda dapat sepenuhnya menerjemahkan teks dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Menerjemahkan di Word dapat membantu mereka yang sedang mengerjakan makalah ilmiah, artikel, dll.

Microsoft Word memiliki fitur terjemahan otomatis yang dapat digunakan pengguna untuk menerjemahkan dokumen secara otomatis. Anda hanya perlu memperbarui Microsoft Word ke versi terbaru. Karena mungkin ada perbedaan jika Anda menggunakan versi Microsoft Word yang lebih lama.

Anda dapat menerjemahkan kata dan frasa sesuai kebutuhan. Anda juga dapat sepenuhnya menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain.

Berikut adalah HiTekno.com cara menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris dalam tutorial Microsoft Word.

Microsoft Word.  (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Bagaimana menerjemahkan kata (kata atau frase) dalam bahasa Indonesia ke bahasa Inggris

  • Untuk melakukan ini, buka dokumen Word dan pilih teks yang ingin Anda terjemahkan. Selanjutnya tentang cara menerjemahkan di Microsoft Word, klik tab ‘Review’ lalu pilih tombol ‘Translate’. Di menu, yang harus Anda lakukan adalah memilih opsi ‘Terjemahkan Pilihan’.
  • Menu ‘Terjemahkan’ akan muncul di sisi kanan yang menunjukkan cara menerjemahkan kata berikutnya.
  • Kemudian secara otomatis mendeteksi bahasa teks melalui aplikasi Microsoft Word. Jika tidak cocok, Anda dapat memilihnya secara manual di menu ‘Dari’.
  • Di bawahnya, bagian ‘B’ menampilkan teks terjemahan dalam bahasa pilihan Anda.
  • Microsoft Word akan mencoba menebak bahasa yang ingin Anda terjemahkan. Tetapi Anda dapat mengubahnya ke bahasa pilihan Anda dengan memilih bahasa baru yang diinginkan.
  • Setelah opsi dipilih di aplikasi Word, Anda dapat melihat pratinjau cepat terjemahan. Jika terjemahannya sesuai, yang harus Anda lakukan adalah memilih tombol ‘Sisipkan’ dan ganti teks dengan terjemahannya.
  • Selanjutnya, Word mengganti teks asli dengan terjemahan. Jika Anda ingin kembali ke awal, tekan Ctrl + Z (atau Cmd + Z di Mac) atau tombol Undo di kiri atas.

Bagaimana menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dalam dokumen Word

  • Jika semua teks dalam dokumen Word Anda akan diterjemahkan, silakan pilih Tinjau > Terjemahkan > Terjemahkan Dokumen.
  • Maka akan muncul pilihan menu ‘Terjemahkan’ di sebelah kanan. Cara Menerjemahkan di Microsoft Word akan secara otomatis menerjemahkan bahasa yang digunakan dalam dokumen Anda. Jika Anda lebih suka mengaturnya secara manual, ubah opsi ‘Dari’ menjadi ‘Temukan Otomatis’ sesuai dengan bahasa pilihan Anda.
  • Bagaimana menerjemahkan di Microsoft Word Silakan masuk ke menu ‘To’ dan pilih bahasa yang Anda inginkan untuk menerjemahkan dokumen Anda, lalu klik ‘Translate’.
  • Setelah menyelesaikan terjemahan, dokumen baru akan terbuka secara otomatis. Selanjutnya simpan saja dokumen tersebut dengan menekan File > Save.

Seberapa mudah menerjemahkan di Microsoft Word? Anda perlu memeriksa kembali hasil terjemahan dan memperbaiki kalimat yang tidak sesuai dan tidak mudah dibaca.

Kuasai fitur terjemahan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris di Word. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas!

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news