Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perjalanan Panjang ColorOS di Ponsel Opio

Diluncurkan pada tahun 2013, ColorOS telah berkembang pesat untuk ponsel OPO.

ColorOS 12.1. (Op Indonesia)

Kelasmekanik.com – Apakah Anda tahu tentang ColorOS? ColorOS adalah sistem operasi open source berbasis Android. Seperti Op Indonesia, ColorOS mencakup 74 bahasa, mendukung 140+ negara dan wilayah, dan memiliki lebih dari 370 juta pengguna aktif bulanan.

ColorOS adalah salah satu sistem operasi smartphone paling populer di dunia dan ditujukan hanya untuk pengguna setia Opo. Versi pertama ColorOS diluncurkan pada September 2013.

Op Indonesia telah merilis banyak smartphone Android di masa lalu, tetapi perangkat lunak pada perangkat ini tidak memiliki judul yang tepat. Ini bukan stok Android, tetapi Oppo tidak menamainya ColorOS.

Pada tahap awal ini, ColorOS versi 1.0 berbasis Android 4 Jellybean.

Selama bertahun-tahun, Opo telah meluncurkan versi baru skin ColorOS dengan sistem operasi Android resmi yang baru. Pada November 2019, Oppo ColorOS 6.7 mengumumkan akan melompat ke ColorOS 8.

ColorOS (Op Indonesia)
ColorOS (Op Indonesia)

Tentu saja, OPO telah memulai versi yang dapat menginstal perangkat lunak ini. Akhirnya, perusahaan meninggalkan rencana ini dan beralih ke ColorOS 7 Road Map.

Parahnya lagi, dia mengatakan pada 2020, OPO akan menggunakan sistem penomoran yang sama dengan versi Android yang dirilis Google. Jadi ColorOS meluncurkan Android 11 dan melompat dari v7 ke v11.

IKLAN. Pada tahun 2021, ColorOS 12 akan dirilis pada Android 12, dan Color OS 13 akan diluncurkan setelah Android 13 pada tahun 2022.

Fitur khusus terbaik dari ColorOS

Tampilkan ColorOS 7.  (Op)
Tampilkan ColorOS 7. (Op)

Setiap skin Android yang dibuat oleh perusahaan smartphone memberikan stempelnya sendiri pada perangkat lunak. Berikut adalah empat hal yang tidak dapat dilakukan ColorOS dengan banyak skin lainnya.

Pengertian tiga jari

Sangat mudah menggunakan Google Translate atau Google Lens di ponsel Popo untuk mengkonversi teks asing ke bahasa Indonesia.

Namun, ini adalah proses yang mengharuskan Anda menghentikan apa yang sedang Anda lakukan, membuka aplikasi, menelusuri apa yang ingin Anda terjemahkan, dan menyelesaikannya.

Namun di Color OS, Anda hanya perlu menggesek layar dengan tiga jari ke atas, tempat Anda memotret layar.

Setelah selesai, yang harus Anda lakukan adalah mengetuk tombol terjemahan yang muncul, dan teks akan diterjemahkan menggunakan Google Lens Power, yang akan menghemat waktu Anda.

Transisi layar beranda

Untuk sebagian besar ponsel cerdas, animasi yang terjadi saat Anda menggeser layar beranda sangat normal. Anda dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan ColorOS.

Ketika “roll” bergerak ke layar berikutnya, sepertinya roda berputar. Layar beranda “Kubus” Anda terlihat seperti panel dengan kotak besar dan bergerak dari sisi ke sisi.

Ada pilihan lain, seperti “Flip”, “Card” dan “Tilt”. Anda harus mencoba segalanya untuk mengetahui mana yang paling cocok dan nyaman untuk Anda.

Kustomisasi

Color OS menawarkan banyak opsi penyesuaian. Anda dapat melakukan hal-hal dasar seperti font di seluruh sistem, warna, suara, dan banyak lagi.

Namun, Anda dapat membuat komponen sistem Anda sendiri, misalnya, Anda dapat membuat nada dering sendiri menggunakan kontrol sentuh dan geser berwarna (tidak diperlukan pengalaman musik).

Anda dapat menggunakan sistem yang sama untuk membuat wallpaper dan desain AOD Anda sendiri.

Atau santai

Salah satu aplikasi pra-instal di sebagian besar ponsel OPO adalah O relax. Aplikasi hiburan ini menampilkan white noise dari berbagai sumber yang Anda pilih untuk diputar sebentar.

Ada gelombang laut, kota-kota di seluruh dunia, kebisingan, angin topan, dan penemuan-penemuan buatan manusia seperti “perjalanan ruang angkasa”. Meskipun ada banyak aplikasi serupa, Anda dapat menggunakan O Relax yang diinstal langsung di perangkat Anda.

Di ColorOS 12, ada fitur bernama Omoji. Sebagai informasi, ColorOS berbasis Android 12 pertama kali diluncurkan pada Oktober 2021.

Untuk melihat versi ColorOs di smartphone Anda, silakan lihat menu [Settings] > [About device]. Tunjukkan versi ColorOS yang digunakan pada ponsel Oppo Anda.

Opo Indonesia memberikan panduan dalam mencari ColorOS di https://support.Oppo.com/en/user-guide.

Melalui situs web ini Anda dapat menemukan petunjuk untuk model seperti Oppo F3, Oppo F9, Oppo F11, Oppo F5, Oppo A5, Oppo A37, Oppo A71, Oppo Reno 10x Zoom, Oppo dalam format PDF dari ColorOS 3.0 hingga ColorOS 11.1. Reno2 Z, Oppo R15 Pro, dan lainnya.

Panduan ColorOS akan membantu Anda menemukan langkah, pintasan, dan fitur mudah untuk menikmati ponsel Opo baru Anda.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news