Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan AMOLED vs OLED, Mana yang Lebih Baik?

Lihat perbedaan antara AMOLED dan OLED.

Layar HP AMOLED murah. (HiTekno.com)

Kelasmekanik.com – Istilah AMOLED dan OLED pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Selain IPS dan TN, jenis layar yang menjadi banyak digunakan pada smartphone modern. Tapi apa perbedaan antara AMOLED dan OLED dan mana yang lebih baik?

Sekarang hampir semuanya menggunakan teknologi layar AMOLED atau OLED. Hampir semua smartphone Samsung telah menggunakan layar AMOLED dan Super AMOLED. Sementara Apple, salah satu pesaing Samsung, menggunakan layar OLED.

Keduanya termasuk tipe layar terbaik di antara AMOLED dan OLED, seperti IPS atau TFT. Secara umum, baik layar AMOLED maupun OLED sama, karena memiliki karakteristik yang hampir sama.

OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode, yang berarti layar berpanel. AMOLED adalah dioda pemancar cahaya organik matriks aktif yang merupakan pengembangan dari layar OLED. Jadi jelas bahwa tipe AMOLED lebih baik daripada tipe OLED.

Lalu apa perbedaan AMOLED dan OLED? Inilah perbedaan antara AMOLED dan OLED yang HiTekno.com bawa untuk Anda secara keseluruhan.

Perbedaan AMOLED vs OLED

Smartphone layar AMOLED.  (HiTekno.com)
Smartphone layar AMOLED. (HiTekno.com)

Karena kami memiliki fitur yang hampir sama, perbedaan antara AMOLED vs OLED adalah jenis layarnya. AMOLED memiliki lampu latar tetapi OLED tidak memilikinya. Perangkat OLED adalah perangkat solid-state sederhana yang terdiri dari lapisan tipis senyawa organik dalam lapisan electroluminescent tempat listrik dihasilkan.

Senyawa organik ini ditemukan di antara lapisan pelindung kaca atau plastik. AMOLED terdiri dari matriks aktif piksel OLED dengan lapisan TFT tambahan. Lapisan tambahan ini bertanggung jawab untuk mengontrol aliran arus di setiap piksel. Jika memperhatikan penghematan daya AMOLED, OLED lebih hemat daya.

OLED dapat menciptakan warna yang seragam bahkan di dalam ruangan. Layar OLED sendiri bisa lebih tipis dari QLED dan lebih hemat energi. AMOLED dapat menampilkan tampilan layar yang lebih jernih dibandingkan teknologi tampilan lainnya, termasuk OLED. Selain itu, sudut pandang AMOLED lebih baik daripada layar lainnya.

Selain itu, AMOLED memiliki respons dan kecepatan refresh yang jauh lebih baik, membuat pergerakan gambar menjadi lebih halus. Menggunakan smartphone dengan AMOLED akan sangat merusak mata. Oleh karena itu, berdasarkan poin-poin yang disebutkan di atas, Anda bisa memilih gadget dengan layar AMOLED atau OLED.

Keduanya hebat, menawarkan kinerja yang baik, dan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Layar AMOLED memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada OLED karena memiliki lapisan yang lebih banyak dan menggunakan teknologi backplane. Dibandingkan dengan layar OLED, layar AMOLED lebih fleksibel. Akibatnya, harganya lebih mahal daripada layar OLED.

Itulah perbedaan AMOLED dan OLED, dua jenis panel yang biasa digunakan di smartphone.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news