Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil lelah dan cara terbaik untuk mengatasinya

autoilenia.com – Setelah mesin mobil pertama kali di pagi hari atau setelah tidak digunakan selama beberapa waktu, mesin atau mobil bergetar tidak normal. Inilah yang dikenal sebagai mobil pengembara. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera cari tahu penyebab mobil bocor yang Anda alami.

Mengapa penting untuk mengetahui penyebab mobil rusak? Pincang yang terjadi berarti ada masalah pada mesin. Meskipun getaran abnormal hanya berlangsung sebentar, namun dapat menyebar ke organ lain jika masalahnya tidak terdeteksi dan segera ditangani. Pada tahap terakhir, kecepatan mobil mungkin tidak stabil.

Meskipun mobil tidur bisa jadi mudah pada awalnya. Jika diketahui sejak dini, Anda bisa memperbaikinya tanpa harus segera ke bengkel.

5 penyebab mobil lumpuh yang perlu kamu ketahui

Piston mobil

Telah disebutkan di atas bahwa Anda tidak boleh meremehkan mobil yang lelah meskipun terasa lelah untuk sementara waktu. ayo cepat Untuk mengetahui penyebab mobil bergetar Memeriksa bagian yang berbeda. Simak beberapa faktor di bawah ini untuk membantu dan mempermudah mendiagnosis masalah mobil lumpuh.

1. Masalah dengan Busi Pengapian

Saat Anda merasa ada masalah dengan mesin mobil yang bergetar tidak normal, busi adalah bagian pertama yang harus diperiksa. Busi yang rusak dapat menyebabkan mesin tidak berfungsi dan tidak dapat dihidupkan.

Periksa lilin dan perhatikan kondisinya. Jika ujung busi terlihat basah, Anda mungkin perlu menggantinya untuk luka bakar.

2. Masalah kumparan

Kumparan biasanya terletak di dalam silinder dekat busi. Jika Anda mengganti busi dan tidak melihat hasil, ini bisa menjadi masalah. Bagian ini mungkin bermasalah dengan koil atau silinder, jika Anda ingin mengetahui hasilnya, Anda harus mencoba mengganti atau mengubah letak koil.

3. Kerusakan atau penyumbatan injektor bahan bakar.

Getaran halus yang menyebabkan mobil bergetar tidak selalu menjadi masalah pada busi. Ini bisa menjadi bagian lain yang terkait dengan pembakaran.

Salah satunya adalah injeksi bahan bakar yang tersumbat atau rusak. Injektor dapat tersumbat karena akumulasi kotoran.

Baca juga: Penyebab Kecelakaan Mobil dan Cara Mengatasinya

4. Cincin piston rusak dan silinder aus

Masalah lain yang dapat menyebabkan mobil Anda berjalan tidak menentu adalah kompresi rendah. Jika melihat kompresi mengalami hal ini, berarti fungsi ring piston berkurang atau silinder aus.

Di sini penting untuk merawat dan mengganti oli mesin secara teratur. Mencegah mesin dari kehabisan karena gesekan internal.

5. Filter udara, filter bahan bakar dan/atau kontrol pedal idle tersumbat.

Bukan hanya kerusakan atau sumbatan pada fuel injector yang membuat pembakaran mesin tidak sempurna. Filter udara, filter bahan bakar, dan kontrol kecepatan idle juga dapat tersumbat kotoran.

Cara terbaik untuk mengalahkan mobil lumpuh

Apa yang harus Anda lakukan ketika mobil tiba-tiba bergetar dan tidak mau hidup? Hal ini dapat terjadi pada pagi atau sore hari sebelum workshop dibuka.

Jangan panik dulu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahuinya. Penyebab mobil lelah dan cara mengatasinya Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke bengkel.

1. Jangan panik dan siapkan sarung tangan karet

Jangan langsung panik saat mobil yang Anda kendarai mengalami perilaku lamban, terutama sampai mesin menyala. Cari sarung tangan karet, yang biasanya ditemukan di suku cadang mobil ringan. Sarung tangan ini sangat penting karena merupakan isolator yang melindungi dari panas mesin mobil dan listrik yang dihasilkan.

2. Periksa bagian Busi

Seperti disebutkan di atas, mobil berdecit sering kali disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna. Busi yang rusak bisa menjadi penyebab pertama, jadi sebaiknya Anda memeriksa dan menggantinya terlebih dahulu.

Baca juga: Penyebab Power Mobil Lenyap dan Cara Mengatasinya

3. Periksa silinder dan koil

Saat mengganti busi tidak berfungsi, sebaiknya periksa silinder dan koil. Bagian ini sebenarnya adalah percikan menuju lilin. Oleh karena itu, rotor yang dipasang di dalam silinder dapat rusak.

Pisahkan silinder dan coba ganti gulungan di dalam silinder sampai Anda menemukan kesalahan yang tepat. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan saat memeriksa silinder dan kumparan! Karena harus coba nyalakan mesin untuk mencobanya sekali.

4. Periksa tekanan

Tekanan kompresi biasanya ditampilkan pada termometer. Anda harus memeriksa silinder dan ring piston. Jika sudah terlihat tua, ganti dengan yang baru.

5. Bersihkan semua filter pada mesin

Langkah terakhir dalam mengatasi mobil yang lemot adalah dengan memeriksa dan membersihkan semua filter pada mesin. Filter yang kotor dapat menyumbat mesin.

Itu dia. 5 penyebab kecelakaan mobil dan cara terbaik untuk mengatasinya Apa yang perlu Anda ketahui. Hal yang sederhana namun sangat penting karena dapat membantu anda ketika kesulitan mencari bengkel. Selain itu, dengan mengetahui sendiri penyebabnya dan menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih baik, anda dapat menghemat biaya bengkel bukan?


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news