Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 cara menghemat kuota zoom, sangat mudah

Gunakan empat cara berikut untuk menghemat kuota zoom.

Contoh aplikasi zoom. (Perbesar)

Kelasmekanik.com – Cara menghemat kuota zoom bisa membantu anda jika paket internet anda terbatas. Ikuti tutorial zoom yang disusun oleh tim HiTekno.com di bawah ini.

Di masa pandemi, Zoom menjadi sarana komunikasi yang sering digunakan untuk belajar dan bekerja. Meski sangat efektif, namun menggunakan aplikasi video conference ini seringkali memakan banyak kuota.

Apalagi jika Anda menginginkan layanan yang lebih baik, misalnya dalam audio atau video HD (high definition). Menurut Makeuseof, Anda memerlukan antara 540MB dan 1,62GB data untuk konferensi video Zoom selama satu jam. Ini berarti layanan mengkonsumsi antara 9MB dan 27MB per menit untuk panggilan video.

Tak perlu khawatir, Anda bisa mengatur kuota zoom dengan berbagai cara di bawah ini. HiTekno.com merangkum cara mengatur kuota zoom.

Cara mengatur kuota zoom

Contoh aplikasi zoom.  (Unsplash/Chris Montgomery)
Contoh aplikasi zoom. (Unsplash/Chris Montgomery)

1. Gunakan kamera dengan hemat

Anda dapat mematikan kamera jika tidak membutuhkannya. Karena jika terus-menerus mengaktifkan kamera, kuota akan bertambah, apalagi jika tidak menggunakan jaringan WiFi.

2. Matikan kualitas video HD

Anda dapat mencoba mematikan kualitas HD selama konferensi video atau panggilan video. Resolusi HD tentu membuat gambar lebih jernih, namun hal ini terbayar dengan kuota yang sangat besar.

Untuk mematikan HD, klik Pengaturan dan pilih opsi Video. Setelah itu, cukup hapus centang pada kotak “Aktifkan HD”.

3. Matikan mikrofon

Mematikan microphone bisa menjadi salah satu solusi yang bisa Anda lakukan untuk menghemat kuota internet. Fitur ini memakan banyak ruang, terutama jika Anda hanya ingin mendengarkan kelas online atau rapat online.

Mungkin mematikan mikrofon adalah solusi karena tidak begitu penting.

4. Gunakan rekaman awan

Anda dapat menggunakan ruang penyimpanan di cloud untuk menyimpan video secara langsung.

Yang bisa dicoba adalah cara mengatur kuota zoom. Kini Anda tidak perlu khawatir kuota akan habis secara tiba-tiba. Selamat mencoba tutorial zoom di atas.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news