Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan antara TV digital dan streaming video, deskripsi lengkap

Jangan salah, inilah perbedaan antara TV digital dan video streaming.

Kelasmekanik.com – Cari tahu perbedaan antara TV digital dan streaming video, karena jangan salah pilih.

TV digital tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. TV Digital adalah perangkat televisi yang dapat menangani transmisi sinyal digital dengan cara yang sama seperti yang dialirkan di YouTube.

Nantinya, gambar yang terukir sebenarnya jauh lebih jelas dan tidak ada gangguan dari ‘semut’ ketika tanda tersebut sulit untuk direkam.

Sebutan digital bukan berarti siaran bisa diakses secara online seperti smart TV. Namun dalam praktiknya siaran TV digital ini menawarkan kompleksitas yang tidak ditemukan pada siaran televisi analog.

Pemerintah telah mengeluarkan Communications and Communications (IOM) Level I Analog Switch Off (ASO) tentang masalah ini.

Transisi dari TV analog ke digital akan dilaksanakan di 166 kota/kota pada April 2022. Namun, selama ini banyak orang menyamakan siaran televisi digital dengan layanan video streaming saat ini. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda.

Berikut perbedaan TV digital dan video streaming pada Kamis (16/6/2022) dikutip HiTekno.com dari laman Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika @Mencomominfo.

Perbedaan antara TV digital dan streaming video

Perbedaan antara TV digital dan streaming video.  (Komfo)
Perbedaan antara TV digital dan streaming video. (Komfo)

Perbedaan paling mendasar antara TV digital dan streaming video adalah pada sistem berlangganannya. Layanan streaming umumnya mengenakan biaya berlangganan, tetapi tidak untuk TV digital. Selain itu, perbedaannya terletak pada penggunaan internet yang dibutuhkan untuk layanan streaming.

TV digital tidak akan pernah membutuhkan akses Internet atau harus menggunakan TV pintar yang terhubung ke Internet. Siaran televisi digital adalah siaran harian yang menggunakan frekuensi digital. TV model lama masih dapat digunakan untuk merekam siaran TV digital jika tersambung ke dekoder.

Sebuah kotak besar dipasang untuk menghubungkan TV ke antena UHF. Ini adalah kotak besar yang bertanggung jawab untuk mengubah siaran dari siaran analog ke digital.

Siaran TV digital membingungkan publik dengan kualitas gambar yang murni, suara yang jernih dan tentunya. Selain itu, terdapat fitur seperti letusan gunung berapi, tsunami, gempa bumi, tanah longsor dan kebakaran hutan yang akan mengingatkan masyarakat akan informasi segera tentang bencana (EWS).

Fitur lainnya adalah siaran TV digital, berupa sinyal siaran yang stabil untuk teknologi DVB-T2, TV digital yang ramah keluarga. Ini berarti bahwa pemirsa dapat membatasi program untuk kategori usia dengan teknologi penguncian orang tua dan kategori fitur pemrograman elektronik (EPG), program, dan deskripsi acara.

Itulah penjelasan singkat tentang perbedaan TV digital dan video streaming. Kini tak perlu bingung lagi mengenai perbedaan keduanya. Saya harap informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news