Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Menyesuaikan Layar Flash Laptop di Windows

10 Cara Memperbaiki Flash Screen Laptop di Windows – Seperti yang kita ketahui bersama, Windows merupakan sistem operasi laptop yang paling banyak digunakan di dunia.

Bahkan di negara kita sendiri. Karena itu, terkadang ada beberapa pengguna yang mungkin mengalami berbagai jenis masalah.

Misalnya, untuk pengguna Windows, layar laptop mereka berkedip. Harap dicatat bahwa alasan mengapa layar laptop berkedip mungkin disebabkan oleh driver tampilan.

Driver tampilan sedang mengalami masalah. Ketika ini terjadi, beberapa pengguna Windows tidak khawatir.

Sebenarnya, ada 10 cara mengatasi layar laptop yang hanya berkedip di Windows. Nah, buat kamu yang penasaran dengan rute-rutenya, berikut beberapa penjelasannya.

Cara menyesuaikan layar flash pada Windows

Cara membobol laptop sering disebut dengan flurrying. Dengan metode ini, Anda tidak perlu lagi berurusan dengan teknisi servis yang mahal.

Nah, sebelum Anda mencoba memperbaiki layar laptop yang benar-benar berkedip, Anda perlu mengetahui penyebab layar laptop yang benar-benar berkedip.

Karena dengan mengetahui penyebab flash pada laptop anda akan memudahkan anda untuk mengatasinya. Dan ada beberapa alasan mengapa layar laptop umumnya berkedip.

Seperti program yang tidak kompatibel. Program apa yang tidak kompatibel adalah aplikasi yang tidak didukung oleh laptop Anda.

Jadi, sebelum Anda menginstal program, coba baca dulu deskripsi detailnya.

Jika tidak kompatibel dengan laptop Anda, jangan paksa dan unduh. Ini akan berdampak negatif pada laptop yang Anda gunakan.

Alasan kedua adalah buku atau kesalahan. Jadi, harap dicatat bahwa Windows sangat rentan terhadap masalah dengan kesalahan ini.

Apalagi untuk Windows 10. Wajar bagi mereka untuk mencoba mengupgrade Windows mereka untuk menyelesaikan masalah sisi Windows.

Bug terkadang mengganggu kita saat menggunakan laptop. Jadi, misalnya Anda tidak menggunakan Windows 10 terbaru, coba perbarui.

Masalah terakhir adalah driver tampilan bermasalah. Nah, untuk mengatasi beberapa masalah tersebut, kamu bisa mengikuti 10 cara flashing layar laptop kamu di Windows di bawah ini.

Periksa Pengelola Tugas

Langkah pertama dalam memperbaiki layar laptop yang berkedip di Windows adalah dengan melakukan tes tugas.

Hal ini untuk mengetahui apakah ada program yang tidak kompatibel dengan laptop yang Anda gunakan.

Seperti disebutkan sebelumnya, program yang tidak kompatibel dengan laptop yang digunakan dapat berdampak buruk pada laptop.

Cara memeriksa Task Manager sangat sederhana. Anda hanya perlu menekan tombol control + shift + esc secara bersamaan. Ini akan menampilkan jendela Task Manager.

Jika jendela hanya berkedip, kami dapat mengatakan ada masalah dengan driver Anda. Jadi cara untuk memperbaikinya adalah dengan segera uninstall atau update.

Jadi, jika flash hanya di luar jendela, Anda hanya perlu menginstal program yang tidak kompatibel.

Periksa kabel kontrol

Seringkali, kabel kontrol yang rusak juga memengaruhi layar. Dan terkadang bahkan membuat layar bersinar.

Bahkan jika ada sesuatu yang kecil, itu bisa sangat buruk. Jika kabel kontrol sedikit kendor, ini mungkin karena kualitasnya yang buruk.

Jadi, coba periksa kabel kontrol. Jika demikian, cabut kabel dari soket pengontrol. Terus sambungkan kembali kabel dan pastikan tidak kendor lagi.

Terakhir silahkan hidupkan kembali dan pastikan layar sudah tidak berkedip lagi.

Perbarui Windows ke versi terbaru

Ini mungkin karena layar flash digunakan di versi Windows yang lebih lama. Jadi tidak ada aktivitas selain mengupdate Windows ke versi terbaru.

Anda hanya perlu membuka aplikasi Pengaturan di komputer atau PC Anda untuk memperbarui Windows ke versi terbaru. Klik Perbarui dan Keamanan dan pilih Pembaruan Windows.

Kemudian klik Konfirmasi untuk memperbarui dan memperbarui jika sudah ada atau versi terbaru.

Tunggu hingga proses pembaruan selesai. Jika Anda baru saja memulai laptop. Dengan cara ini layar Anda akan kembali normal.

Ganti kabel kontrol

Ketika Anda tahu bahwa kabel monitor laptop kendor, sekarang saatnya untuk membeli yang baru. Kontrol token harus diganti sesuai kebutuhan.

Jika Anda tidak mengubahnya, layar akan terus berkedip.

Ketika Anda pergi untuk mengganti dan membeli kabel, jangan lupa untuk membawa kabel monitor yang lama. Untuk memudahkan penabung atau penjual mendapatkan kabel yang sama.

Dan cobalah untuk membeli kabel berkualitas tinggi. Harganya agak mahal tapi akan jauh lebih baik daripada kabel murah dengan kualitas rendah.

Nonaktifkan layanan konfigurasi sistem

Cara mengatasi layar laptop yang berkedip selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem konfigurasi yang biasa disebut dengan MS config.

Sebagai pengguna laptop, kita mungkin tahu sesuatu tentang menu atau sistem. Karena pada dasarnya fitur-fitur ini adalah solusi terbaik untuk banyak masalah.

Anda dapat melakukannya hanya dengan menekan tombol Windows + R sekaligus untuk mengakses menu yang sedang berjalan di laptop Anda. Kemudian ketikkan perintah tersebut pada kotak yang tersedia.

Ini akan membawa Anda ke jendela Konfigurasi Sistem. Kemudian klik tab Service dan cari Service Problem Reporting and Solution Control Panel dan Windows Error Reporting Service.

Harap hapus centang pada kedua fitur tersebut. Langkah terakhir klik OK dan jangan lupa untuk melanjutkan proses dengan cara restart laptop anda.

Cara sederhana ini sangat ampuh mengatasi masalah flashing layar laptop.

Mengubah driver tampilan

Cara lain untuk mem-flash layar laptop adalah dengan mengganti driver tampilan. Sekarang driver tampilan itu sendiri adalah masalah terpenting yang membuat layar Anda berkedip.

Oleh karena itu, agar layar kembali normal, silakan gunakan driver tampilan yang kompatibel dengan laptop Anda. Caranya masuk ke bagian Setting atau menu Setting.

Atau Anda bisa menekan kombinasi tombol antara Windows + L. Kemudian pilih menu Update and Security, klik Recovery, lalu Restart Now di bagian Preliminary.

Pilih Pemecahan Masalah dan pilih opsi Prioritas. Klik Luncurkan Pengaturan lalu Mulai Ulang dan kemudian klik Mode Pemulihan Jaringan. Jika Anda diarahkan ke Safe Mode, klik Windows + X dan pilih Device Manager.

Perluas adaptor tampilan menu dan klik kanan pada kartu grafis yang Anda gunakan. Selanjutnya, klik Uninstall Device, Hapus Driver Untuk Bagian Perangkat Ini Atau Tandai.

Dan klik Copot pemasangan. Anda dapat menginstal driver demo terbaru segera setelah proses uninstall selesai. Dalam hal ini, silakan unduh driver demo terbaru melalui situs web demo resmi yang digunakan.

Jika dimuat atau dibongkar, Anda dapat segera me-restart laptop.

Menghapus instalasi program yang tidak kompatibel

Seperti yang saya jelaskan di atas, ada banyak alasan mengapa layar laptop bisa berkedip.

Salah satu penyebabnya adalah ada aplikasi yang tidak kompatibel dengan laptop yang Anda gunakan.

Jika masalahnya ada pada aplikasi ini, Anda tidak dapat melakukan apa pun selain menginstal program yang tidak kompatibel.

Dalam hal ini, Anda bahkan dapat melakukan pembersihan sistem dari program yang ditemukan di laptop yang tidak kompatibel.

Metode ini sangat sederhana dan dapat dilakukan dalam beberapa menit. Dan hasilnya bisa langsung dinikmati. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah pergi ke menu Start dan pilih Settings.

Di jendela yang muncul, klik Aplikasi dan pilih Aplikasi dan Masa Depan. Kemudian pilih program yang tidak kompatibel, klik program dan klik Uninstall. Ketika ada layar konfirmasi, pastikan Anda menghapus aplikasi.

Tunggu hingga proses selesai. Jika hal ini terjadi maka mungkin laptop Anda perlu dihapus.

Setelah proses penghapusan selesai, Anda sekarang harus me-restart laptop Anda.

Buat profil pengguna baru

Membuat profil pengguna terbaru juga telah terbukti menjadi solusi untuk menghubungkan ke layar flash. Dan cara ini sangat sederhana.

Menariknya, membuat profil pengguna baru bukan satu-satunya solusi untuk masalah kedipan. Tapi itu juga bisa memecahkan banyak masalah lain.

Cara membuat profil adalah dengan cara klik Windows+I atau bisa masuk ke menu Setting. Pilih akun ketika beberapa menu muncul.

Klik menu Keluarga & Lainnya. Klik lagi untuk menambahkan orang lain ke situs.

Setelah itu, perbaiki saja dengan instruksi. Restart laptop Anda segera setelah Anda selesai membuat profil pengguna baru. Dan ketika Anda masuk, silakan masukkan pengguna yang baru dibuat.

Buat pengguna baru di Windows 10

Bagi yang menggunakan Windows 10 bisa langsung masuk ke menu Control Panel dan klik User Account. Pilih Manajer Akun. Klik Tambah Baru.

Selanjutnya tinggal perbaiki sesuai petunjuk dan jika sudah selesai silahkan restart laptop anda. Anda dapat masuk nanti menggunakan profil pengguna baru.

Lakukan pemulihan driver

Cara terakhir adalah dengan menghidupkan kembali driver kontrol. Seringkali penyebab layar mengkilat disebabkan oleh berbagai faktor.

Jika cara-cara di atas sudah Anda coba, namun tetap tidak berhasil, langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah menyalakan kembali driver controller.

Caranya adalah dengan mendownload versi driver sebelum versi yang sedang Anda gunakan. Kemudian klik sesuai petunjuk. Dan restart laptopnya.

Jika semuanya gagal, dapatkan ide dari orang lain.

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menangani layar laptop yang berkedip. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news