Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab mobil kepanasan dan cara menang yang tepat

autoilenia.com – Peristiwa overheating terjadi ketika mesin mobil terlalu panas. Hal ini akan menyebabkan mobil tiba-tiba mati atau pecah. Penyebab mobil panas adalah saat pengemudi menempuh jarak yang jauh.

Perjalanan panjang tanpa jeda ini ditengarai merupakan proses berkelanjutan bagi mesin. Jadi itu menghangatkan mesin. Namun, hal ini tetap bisa dihindari, lho!

Pemeliharaan berkala aktif Mesin mobil Hal ini juga dapat dilakukan karena termasuk cara untuk menjaga mesin dalam kondisi baik. Untuk pertama kalinya dalam hidup Anda, Anda mungkin bingung dan terkejut. Nah, daripada tahu, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa penyebab dan ciri-ciri mobil overheat?

Mesin mobil

Mobil sering memanas saat mesin mobil sedang memanas. Apalagi saat melakukan perjalanan jauh tanpa istirahat. Seperti manusia, mesin memiliki kemampuan untuk mengakomodasi latihan yang lebih nyaman.

Berikut adalah beberapa fitur dari mobil yang terlalu panas

  1. Tenaga mesin mobil tiba-tiba terasa saat suhu mesin mencapai titik yang sangat panas
  2. Ini menunjukkan suhu maksimum hingga suhu pada meteran mencapai garis merah
  3. AC tiba-tiba tidak berfungsi dengan baik
  4. Terjadinya pengurangan mesin mobil
  5. Warna olinya coklat karena bercampur dengan air (dari radiator).

Penyebab dan Sarah mobil yang terlalu panas menang

Mesin berpengalaman terlalu panas Itu juga dapat dibedakan dari alasan berikut. Jika Anda mengalami peristiwa ini untuk pertama kalinya, Anda harus tetap tenang dan fokus. Nah, inilah alasan mengapa mobil memanas.

1. Gunakan minyak berkualitas buruk

Meski oli ini ringan, nyatanya komponen ini sangat mempengaruhi performa mesin mobil Anda. Oli berkualitas rendah tidak dapat menurunkan suhu mesin yang berlebihan.

Jadi pastikan Anda membeli dan menggunakan oli yang tepat dan berkualitas. Juga, periksa secara teratur untuk menghindari tumpahan minyak.

Baca juga penyebab mobil mogok dan cara mengatasinya

2. Radiator dan selang tersumbat

Penyebab mobil panas Kedua hal ini sering terjadi. Yaitu kondisi aliran pipa dan radiator. Atau bisa jadi kondisi pipa dan radiator tersumbat.

Jika hal ini terjadi, segera bawa mobil ke spesialis radiator untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Dalam kasus yang lebih serius, solusinya adalah mengganti radiator dengan yang baru.

3. Kecerobohan penggunaan air radiator cair

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun akan sangat berpengaruh pada mesin Anda nantinya. Banyak orang menggunakan air biasa atau sumur sebagai air radiator. Hal ini tentu tidak benar karena air bisa menjadi kotor.

Jadi akan ada mineral, logam, dan elemen lain yang membentuk cangkang radiator. Jadi jika tidak ingin mesin menjadi lambat, Anda perlu menggunakan cairan radiator khusus.

Namun, jika Anda pernah menggunakan cara ini sebelumnya, ada baiknya Anda membersihkan radiator terlebih dahulu sebelum menggantinya dengan cairan radiator khusus.

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda perlu mengatasinya dengan cara berikut;

1. Istirahatkan kendaraan Anda

Saat mobil memanas, langkah pertama yang paling realistis adalah mengistirahatkan mesin. Matikan segera dan jangan paksa mesin beroperasi dalam kondisi ini. Sebab jika performa mesin terus berlanjut, komponen lain bisa rusak.

Segera setelah pendinginan, buka penutup mesin untuk memungkinkan suhu menjadi dingin dengan cepat.

Baca lebih lanjut: Penyebab mobil Brett dan cara menang

2. Jangan membuka tutup radiator saat mesin sedang pemanasan

Penyebab mesin memanas Seringkali membuat Anda takut pada mesin dan membuka penutup radiator dengan cepat. Tapi tahukah Anda, cara ini sebenarnya tidak disarankan. Air di radiator memanas dan bocor saat tutupnya dibuka.

Ini sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa bukan?

3. Periksa air radiator secara teratur

Saat Anda membuka penutup radiator, pastikan mesin dalam keadaan stabil. Anda bisa mengecek keberadaan cairan radiator di dalamnya. Ingat, meskipun mesin menjadi dingin setelah kepanasan, Anda tetap harus berhati-hati.

Buka tutupnya perlahan dan tunggu sampai udara keluar dari radiator.

4. Tambahkan air radiator sesuai ukuran

Jika Anda mendapatkan jumlah air yang berkurang setelah penyaringan. Segera tambahkan cairan secara perlahan. Ingat, hanya gunakan cairan radiator khusus, yaitu Coulant. Dalam keadaan darurat, Anda bisa menggunakan air biasa namun tetap harus memperhatikan kebersihan.

Nah, merawat mesin mobil itu sangat penting. Ini terus-menerus mempengaruhi komponen mesin lainnya. Bengkel perawatan berkala juga diperlukan untuk mempertahankan performa motor yang prima.

Bagaimana menurut anda? Semoga Penyebab mobil panas Dan itu akan membantu Anda memecahkan masalah dengan tepat bagaimana menanganinya. Ingatlah untuk tetap tenang dan tenang saat mengalami kejadian ini. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news