Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat, Jenis, dan Tip dari Software Performance Management

Perangkat Lunak Manajemen Kinerja. (Bakat)

Kelasmekanik.com – Sekali sebulan atau setahun sekali, sebagai pemilik bisnis, Anda pasti akan meninjau atau mengevaluasi kinerja karyawan Anda. Secara komersial, kegiatan ini sering disebut sebagai perangkat lunak manajemen kinerja atau penilaian kinerja. Ini adalah rapat perusahaan untuk membahas kinerja karyawan. Namun, menilai setiap pekerja satu per satu bisa jadi sulit. Untuk mengatasi masalah ini, perangkat lunak manajemen kinerja secara otomatis mengembangkan tugas peninjauan karyawan. Anda dapat menggunakan manajemen kinerja perangkat lunak manajemen bakat terbaik dari Talent Advisor.

Menggunakan perangkat lunak berbasis cloud terbaik untuk semua jenis bisnis dari industri yang berbeda, Anda dapat dengan mudah dan efisien mengelola semua aktivitas dan kinerja karyawan. Selain itu, dengan berkonsultasi Anda dapat memantau penilaian kinerja staf dan meningkatkan efisiensi. Inilah salah satu keunggulan Talent Management Software Performance Management dari Talent Advisor.

Pada artikel ini, kita akan membahas software performance management, manfaatnya, tujuan, jenis, metode pengumpulan data, cara kerjanya, dan program biaya untuk mengetahui gambaran ketika Anda ingin menerapkannya dalam bisnis Anda.

Apa itu perangkat lunak manajemen kinerja?

Perangkat lunak manajemen kinerja adalah salah satu alat yang digunakan perusahaan untuk membuat bisnis mereka lebih mudah untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Biasanya manajer melakukan dokumen dan evaluasi kinerja karyawan. Selain itu, manajer sering memberikan umpan balik dan pelatihan yang berkelanjutan. Manajer ini memberikan tinjauan kinerja tahunan, dan bahkan menawarkan peluang promosi kepada staf senior.

Menurut Investedia, tinjauan ini dapat memberikan umpan balik kepada karyawan, menentukan kenaikan upah dan bonus, serta mempertimbangkan keputusan pemutusan hubungan kerja. Metode ini merupakan bagian dari pengembangan profesional dan mencakup tinjauan berkala terhadap kinerja karyawan perusahaan. Perusahaan melakukan review atau evaluasi secara berkala setiap enam bulan sekali hingga empat bulan.

Manfaat Perangkat Lunak Manajemen Kinerja

Ada alasan untuk perangkat lunak manajemen kinerja. Salah satunya karena banyaknya manfaat yang dirasakan manajer dan karyawan. Manfaat perangkat lunak manajemen kinerja adalah sebagai berikut.

1. Identifikasi, lacak, dan pertahankan tujuan

Manfaat yang Anda dapatkan dari perangkat lunak manajemen kinerja adalah dapat mengidentifikasi hal-hal paling sederhana untuk diketahui karyawan mereka, dan apa tujuan mereka harus secara teratur dan efisien.

Dalam kegiatan ini Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang akan dimulai oleh karyawan mereka dalam waktu singkat dalam hal kekuatan dan kelemahan mereka, kinerja mereka, pertumbuhan mereka. Menggunakan sistem HRM berbasis cloud memudahkan untuk melihat seluruh dasbor.

2. Pencegahan kesalahpahaman dalam komunikasi

Perangkat lunak manajemen kinerja memudahkan manajer untuk mengevaluasi staf dan manajer secara teratur. Manajer melakukan evaluasi itu dengan membandingkan catatan dan memastikan bahwa setiap karyawan memahami apa yang harus dilakukan di perusahaan.

Jika koneksi yang salah dibuat dari awal dan perusahaan tidak mengadakan pertemuan rutin, kesalahpahaman akan terus berlanjut. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, Anda dapat melakukan aktivitas perangkat lunak manajemen kinerja berupa pertemuan rutin untuk bertanya atau mendiskusikan pengembangan staf.

3. Membantu semua pihak yang terlibat langsung

Peran penting dalam sebuah perusahaan tidak terbatas pada pejabat senior atau pemangku kepentingan perusahaan. Bagaimanapun, karyawan adalah aset yang berharga bagi perusahaan dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. Dengan melakukan performance management software akan memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk mengevaluasi employee engagement di perusahaan.

4. Hindari tekanan

Aktivitas perangkat lunak manajemen kinerja setiap tahun menakutkan dan membuat stres bagi karyawan. Namun, mereka tidak boleh menggunakan ini sebagai tekanan. Untuk mengatasi tekanan, Anda dapat membuat pertanyaan mingguan sebagai manajer, yang membuat ujian akhir menjadi sulit dan menakutkan bagi karyawan. Biarkan setiap tim manajemen dan karyawan mengetahui apa yang diharapkan dari perusahaan.

Tujuan Perangkat Lunak Manajemen Kinerja

Perangkat Lunak Manajemen Kinerja.  (Bakat)
Perangkat Lunak Manajemen Kinerja. (Bakat)

Selain memberikan manfaat, software performance management memiliki tujuan bagi perusahaan. Dari Inc. Dilaporkan. Ada lima tujuan untuk melakukan tugas ini.

  • Meningkatkan produktivitas perusahaan.
  • Sangat mudah untuk membuat keputusan dengan karyawan tentang kemajuan karir, perubahan pekerjaan, pekerjaan dan pemutusan hubungan kerja.
  • Identifikasi apa yang diinginkan karyawan untuk pekerjaan atau meja karyawan.
  • Sangat mudah untuk mengevaluasi kinerja karyawan dalam hal tujuan dan posisi.
  • Adanya motivasi pegawai untuk meningkatkan kinerja pegawai.

Jenis perangkat lunak manajemen kinerja

Ada banyak jenis perangkat lunak manajemen kinerja yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda. Berikut adalah beberapa perangkat lunak manajemen kinerja yang biasanya digunakan perusahaan untuk mengevaluasi karyawan mereka.

Ulasan Budaya

Dalam proses evaluasi tradisional, manajer bertemu dengan staf secara langsung atau secara langsung untuk membahas kinerja masa lalu. Jangka waktu peninjauan biasanya satu tahun, tetapi tergantung pada kebijakan perusahaan.

Pembahasan berdasarkan pengamatan manajer terhadap kompetensi dan kinerja pegawai dalam menyelesaikan tugas atau tugasnya. Otoritas kemudian mengevaluasi kinerja dan hasilnya mempengaruhi kenaikan upah.

Penilaian diri

Penilaian diri dalam proses perangkat lunak manajemen kinerja bertujuan untuk mendorong karyawan untuk melakukan penilaian kinerja sendiri. Ini mengevaluasi keberhasilan atau kegagalan dan mendorong manajemen diri setiap karyawan.

Perusahaan menggunakan teknik ini untuk mempersiapkan karyawan ketika mereka mendiskusikan poin review dengan atasan mereka. Penggunaan metode ini dapat digunakan bersamaan dengan metode evaluasi lainnya, tetapi tidak dapat digantikan oleh penilaian kinerja atasan.

Evaluasi Motivasi Karyawan

Mereka menggunakan metode ini untuk memberi tahu perusahaan bahwa mereka dapat meminta karyawan mereka untuk mengevaluasi mereka. Metode ini bukan pengganti proses perangkat lunak manajemen kinerja tradisional. Di sisi lain, dengan menggunakan metode ini Anda dapat mendorong manajemen diri pada karyawan Anda.

Umpan balik 360 derajat

Metode dalam perangkat lunak manajemen kinerja ini mengacu pada umpan balik dari eksekutif, rekan kerja, klien eksternal, dan karyawan itu sendiri. Dengan kata lain, metode ini merupakan evaluasi umum dari semua pihak. Metode ini menciptakan umpan balik dari staf tentang kinerja manajemen, yang juga dikenal sebagai up-review. Alhasil, perusahaan mampu melakukan kajian mendalam mulai dari manajemen hingga kinerja karyawan.

Metode pengumpulan data

Banyak metode yang biasanya digunakan untuk mengumpulkan data perangkat lunak manajemen kinerja. Metode ini dibagi menjadi dua pendekatan: metode berorientasi masa lalu dan metode berorientasi masa depan. Berikut ini dijelaskan kedua pendekatan tersebut.

Metode berorientasi masa lalu

Pendekatan berorientasi masa lalu adalah metode yang berfokus pada produktivitas. Cara ini biasanya menggunakan cara-cara berikut.

  • Skala penilaian mencakup sejumlah skala numerik yang mewakili kriteria kinerja terkait pekerjaan seperti ketergantungan, motivasi, hasil, ketersediaan, sikap, dan banyak lagi. Setiap skala biasanya memiliki rentang yang sangat baik dari buruk hingga buruk. Selanjutnya, hitung hasil numerik total sehingga Anda dapat mencapai kesimpulan akhir.
  • Checklist, cara ini biasanya digunakan pada form review ‘Ya’ atau ‘Tidak’. Metode ini digunakan untuk menguji kinerja karyawan yang dievaluasi oleh HRD.
  • Metode Seleksi Paksa adalah kuesioner dua bagian dalam formulir tinjauan staf. Seperti metode checklist, metode ini hanya untuk pengujian dan evaluasi dan analisis dilakukan oleh HRD.
  • Metode kejadian kritis adalah metode pemeriksaan sikap dan perilaku yang mempengaruhi kinerja atau kinerja karyawan. Bos yang selalu berhubungan dengan karyawan ini menggunakan metode ini secara langsung.
  • Peringkat perilaku adalah skala yang digunakan untuk menentukan apakah perilaku karyawan efektif dalam kinerja mereka.
  • Metode Evaluasi Lapangan adalah metode evaluasi yang biasa digunakan untuk mengevaluasi kinerja komponen lain. sebagian besar waktu. HRD menggunakan metode ini untuk mengevaluasi kinerja karyawan departemen lain.

Pendekatan berorientasi masa depan

Pendekatan berwawasan ke depan adalah pendekatan yang berorientasi pada tujuan. Sering menggunakan metode ini untuk menganalisis kebutuhan karyawan dan menentukan tujuan perusahaan. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan metode ini.

  • Penilaian psikologis adalah evaluasi dengan menggunakan pendekatan psikologis. Metode ini sering menggunakan observasi, wawancara, tes psikologi, emosional, mental, motivasi, dan evaluasi lainnya yang berfokus pada kinerja karyawan.
  • Umpan balik 360 derajat adalah salah satu perangkat lunak manajemen kinerja yang paling banyak digunakan untuk perusahaan. Dengan metode ini, perusahaan dapat mengevaluasi kinerja manajemen dan staf secara keseluruhan.

Ringkasan

Software Performance Management merupakan bagian penting dari perusahaan karena memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda mencapai tujuan atau sasarannya dengan cepat. Jika Anda memiliki banyak staf untuk meninjau, itu pasti akan memakan waktu lama dan Anda akan rentan terhadap kesalahan. Sehingga Anda dapat mempermudah proses evaluasi karyawan dengan menggunakan software performance management terbaik dari Talent Advisor.

Dengan software ini Anda dapat dengan mudah dan efisien mengelola semua aktivitas dan kinerja karyawan. Ini akan memudahkan Anda untuk melacak promosi, promosi, pertumbuhan staf dan promosi dengan pelacakan KPI dan pelatihan staf.