Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua chipset Qualcomm baru, Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1

Snapdragon 8 Plus Gen 1. (Qualcomm)

Kelasmekanik.com – Qualcomm telah secara resmi mengumumkan peluncuran dua chipset baru di seluruh dunia. Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1 memiliki keunggulan masing-masing.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 adalah chipset baru yang berfokus pada smartphone premium yang akan meningkatkan daya dan kinerja. Sementara itu, Snapdragon 7 Gen 1 menawarkan berbagai fitur yang diharapkan dan teknologi canggih, dan memperluas akses ke pengguna di seluruh dunia.

Christopher Patrick, Senior Vice President dan General Manager Mobile Handsets Qualum Technologies, berfokus pada inovasi fitur dan teknologi baru di sektor seluler, baik di industri maupun di perangkat inti.

Kami pertama kali menerapkan fitur ini di seri Snapdragon 8 dan kemudian memperluasnya ke peta jalan seluler kami. Snapdragon 8+ dan 7 Gen 1 terbaru menawarkan pengalaman pengguna yang unggul di segmennya masing-masingPatrick Jumat (20/5/2022) mengatakan dalam sebuah pernyataan resmi.

Fitur Snapdragon 8 Plus Gen 1

Snapdragon 8 Plus Gen 1. (Qualcomm)
Snapdragon 8 Plus Gen 1. (Qualcomm)

Snapdragon 8 Plus Gen 1 dikatakan sebagai insentif yang sangat baik untuk meningkatkan pengalaman pengguna di semua perangkat dan meningkatkan kemampuan untuk bermain game sepanjang hari.

Prosesor ini telah terbukti digunakan oleh pabrikan asli dan merek internasional seperti ASUS, ROG, Black Shark, HONOR, iQOO, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, OPPO, OSOM, Realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi dan ZTE . Perangkat mana yang akan tersedia pada Q3 2022.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 menghadirkan Snapdragon Elite Gaming, yang memungkinkan perangkat mendapatkan respons cepat, layar HDR kaya warna dengan resolusi tinggi, kemampuan kelas desktop.

Dengan kemampuan GPU Qualcomm Adreno yang ditingkatkan, Snapdragon 8+ menawarkan pengalaman bermain game hingga 10% lebih cepat dan pengurangan daya hingga 30%. Dengan efisiensi daya tambahan dan peningkatan, pengguna bisa mendapatkan waktu bermain ekstra hingga 60 menit.

Snapdragon 8+ juga dilengkapi CPU Qualcomm Kryo dengan pemrosesan hingga 10 persen lebih cepat dan efisiensi energi hingga 30 persen.

Untuk kamera, Snapdragon 8 Plus Gen 1 mengusung teknologi Snapdragon Sight terbaru, seperti pengambilan video HDR 8K. Kemampuan ini dapat menangkap hingga 1 miliar warna menggunakan format premium HDR10+.

Lalu ada kemampuan Snapdragon Smart yang ditenagai oleh mesin Qualcomm AI Generasi ke-7. AI canggih ini menghasilkan hingga 20 persen lebih baik per watt, memungkinkan Anda menggunakannya sebagai produk bola lampu populer.

Ada fitur dalam koneksi seperti Snapdragon Connect dan Snapdragon X65 Modem-RF System. Memberikan kecepatan dan efisiensi sehingga pengguna dapat mengobrol dengan teman dan keluarga hingga 5,5 jam lebih lama.

Qualcomm FastConnect 6900 mendukung kinerja yang lebih baik melalui Wi-Fi dan Bluetooth. Ada dukungan Snapdragon Sound untuk kualitas audio CD Lossless, pemutaran tanpa kerumitan dan koneksi yang solid.

Fitur Snapdragon 7 Gen 1

Snapdragon 7 Gen 1. (Qualcomm)
Snapdragon 7 Gen 1. (Qualcomm)

Snapdragon 7 Gen 1 menghadirkan manfaat seperti pengalaman bermain game seluler yang luar biasa, konektivitas berkecepatan tinggi, hiburan cerdas, dan pengambilan video yang luar biasa.

Perangkat Snapdragon 7 Gen 1 akan tersedia pada Q2 2022 dengan merek internasional seperti HONOR, OPPO dan Xiaomi.

Snapdragon 7 Gen 1 menghadirkan fitur game Snapdragon Elite seperti Adreno Frame Motion Engine. Ini dapat menggandakan bingkai untuk meningkatkan kualitas konten sambil mempertahankan konsumsi daya yang sama.

GPU Adreno yang ditingkatkan memberikan kinerja grafis 20% lebih cepat. Platform ini mendukung tampilan quad HD + yang imersif dan zoom untuk fitur game multipemain.

Untuk fotografi, Snapdragon 7 Gen 1 dilengkapi dengan Qualcomm Spectra triple ISP dan pengguna dapat mengambil hingga tiga kamera sekaligus atau hingga 200 MP piksel. Ini pertama kali diimplementasikan di seri Snapdragon 7.

Pengguna dapat memanfaatkan 4K HDR, yang menghasilkan foto yang memukau, tajam, dan realistis dengan kecerahan tinggi dan hitam pekat.

Untuk kemampuan AI, Snapdragon 7 menggunakan mesin Qualcomm AI Generasi ke-7 berbasis 300 pengenalan wajah. Masker ini memungkinkan fokus diri yang lebih akurat bahkan saat dipakai. Snapdragon 7 Gen 1 meningkatkan kinerja AI hingga 30 persen.

Dalam hal keamanan, Snapdragon 7 Gen 1 menyertakan mesin manajemen kepercayaan independen dan SE yang mendukung Android, menjadikannya yang pertama di seri Snapdragon 7.

Terakhir, Sistem Modem-RF Snapdragon 7 Gen 1 generasi ke-4 Snapdragon X62 5G dan FastConnect 6900 menawarkan Wi-Fi dan Bluetooth yang superior. Snapdragon Sound tersedia untuk mencegah getaran dan menciptakan pengalaman yang imersif.

Yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1 yang keduanya telah resmi diperkenalkan oleh chipset baru besutan Qualcomm. (Suara.com/ Dicky Prastya).


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news