Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran gambar 4R dan cara mengaturnya di Microsoft Word

Anda yang ingin mencetak foto, termasuk foto ukuran 4R, maka itu bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Anda hanya memiliki PC / laptop dan printer, dan Anda dapat mencetaknya.

Cara lain untuk mencetak foto di PC/laptop dan printer adalah dengan menggunakan Microsoft Word. Untuk informasi selengkapnya mengenai langkah-langkah mencetak foto menggunakan Microsoft Word, Anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Ukuran 4R dengan MM, CM dan Inci

ukuran 4R

Sebelum Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara mencetak foto menggunakan Microsoft Word, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu tentang ukuran 4R di bagian lain dari skala, yaitu mm, cm dan inci.

Mengetahui perubahan ukuran 4R di beberapa dimensi akan membantu Anda mengatur ukuran foto yang dicetak di Microsoft Word.

1. Dimensi 4R dalam mm (milimeter)

Ukuran foto 4R per mm akan menjadi 102 x 152 mm, yang berarti panjang foto adalah 152 mm dan lebar 102 mm.

2. Ukuran 4R cm (sentimeter)

Gambar 4R dengan cm akan menjadi 10,2 x 15,2 cm, yang berarti bahwa panjang gambar 15,2 cm dan lebar 10,2 cm.

3. Ukuran Foto 4R dalam inci

Ukuran foto 4R dalam inci akan menjadi 4 x 6 inci, yang berarti foto tersebut berukuran panjang 6 inci dan lebar 4 inci.

Mengubah ukuran 4R ini akan lebih mudah dipahami jika Anda melihatnya secara tabel, seperti di bawah ini.

Ukuran Kertas Foto mm cm inci
4R 102×152 10.2×15.2 4×6

Cara mencetak foto ukuran 4R dengan Microsoft Word

ukuran 4R
Sumber gambar: tokopedia.com

Kebanyakan orang mencetak foto menggunakan PC/laptop dengan Photoshop. Namun ada sebagian orang yang kurang memahami penggunaan photoshop, atau ada juga yang deskripsi laptopnya tidak cukup untuk menjalankan aplikasi photoshop.

Jadi, salah satu cara Anda bisa mencetak foto dengan Microsoft Word. Berikut langkah-langkah penggunaannya.

1. Siapkan Peralatan dan Perlengkapan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan perlengkapan dan alat yang diperlukan yaitu: PC/laptop, printer, kertas untuk mencetak foto dan foto yang akan anda cetak. Setelah semua alat dan alat telah diperbaiki, lanjutkan untuk membuka lembar kerja baru di MS Word.

2. Unggah foto ke MS Word

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah foto ke MS Word. Caranya dengan menyalin foto yang ingin Anda cetak, dan menempelkannya ke lembar kerja MS Word. Biarkan ukuran kertas yang digunakan untuk mencetak foto pada ukuran biasa.

3. Atur Ukuran Gambar

Pada titik ini akan ada beberapa langkah untuk mengatur ukuran foto, langkah pertama adalah klik pada foto dan pilih menu bentuk. Kemudian lihat menu size dan klik icon centang, letak icon ini di pojok kanan bawah menu size.

Setelah jendela baru muncul, cari “kunci rasio aspek” dan “sesuai dengan ukuran gambar asli”, dan hapus centang pada kotak dua opsi. Kemudian, ubah ukuran “Wide” dan “Height” menjadi 10,2 x 15,2 cm, lalu klik “Ok”.

4. Cetak foto

Setelah semua pengeditan foto selesai, saatnya untuk mencetak foto dengan printer. Langkah pertama klik menu file dan pilih printer, kemudian dilanjutkan dengan klik opsi printer yang sedang berjalan, jadi pastikan PC/laptop anda sudah terkoneksi dengan printer.

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah klik menu page setup dan pilih height, sehingga kamu bisa mengatur kualitas foto yang akan kamu cetak.

Setelah Anda melakukan semua pengaturan pencetakan, lanjutkan dengan mengklik “Ok”, dan Anda hanya perlu mengklik tombol cetak untuk mulai mencetak foto.

Teknologi terkini benar-benar memudahkan orang untuk bekerja, bahkan untuk mencetak foto, jadi bisa dilakukan di rumah.

Untuk mempermudah proses penyiapan, pastikan Anda mengetahui cara mengonversi ukuran 4R dalam satuan pengukuran lain seperti mm, cm atau inci.

Baca juga:

Sumber Artikel: blogpress


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news