Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Fotografi (Standar Cetak & Paspor)

Masih dalam pembahasan seri ukuran pada timbangan kertas. Tentu bukan hanya ukuran fotonya saja. Ukurannya juga sama dengan ukuran kertas. Karena hanya medianya saja yang berbeda yaitu kertas dan foto.

Namun untuk ukuran seri R sama dengan di foto. Dan karena fotografi merupakan salah satu cara untuk mengabadikan momen spesial yang banyak digunakan oleh masyarakat modern.

Dengan foto, acara jangka panjang bisa dinikmati sekaligus kenangan. Nah, menurut edisi nilai momen, foto juga tersedia untuk memberikan kesan berbeda.

Berbagai ukuran cetak foto dan paspor

Ukuran gambar normal

Seperti diketahui, sebagian besar foto digunakan untuk berbagai tujuan. Adapun untuk pembuatan buku pernikahan misalnya menggunakan ukuran 3×4. Sedangkan untuk pembuatan CV menggunakan ukuran 4×6.

Alternatifnya, ukuran standar biasanya menggunakan satuan R, seperti 2R, 3R, 4R dan seterusnya. Tidak, huruf R adalah referensi resmi untuk memahami berbagai ukuran dalam foto.

Artinya, dengan huruf R, sebagian besar wilayah Indonesia akan sama dengan negara lain. Padahal, untuk dimensi R hingga cm dan inci adalah sebagai berikut:

Ukuran R Dalam CM Ka Inchi
Maksimum 2R 6×9 2×3.5
Maksimum 3R 8×12 3,5 x 5
ukuran 4R 10X15 4×6
Maksimum 5R 12 X 17 5×7
Maksimum 6R 15 X 20 6×8
Ukuran 8R 20 X 25 8×10
Ukuran 8R Plus 20 X 30 8×12
Maksimum 10R 25X38 10×12
Ukuran 12R 30X39 12×15.5
Ukuran 16R 40 X 50 16×20
Maksimum 20R 50 X 60 20×24
Maksimum 24R 60X80 24 x 31.5
Maksimum 30R 75 X 100 30×40

Fungsi Berbasis Ukuran Foto

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa ada banyak ukuran yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak hanya foto, beberapa media juga memiliki aturan penggunaan ukuran ini.

Misalnya, kartu nama dan spanduk sebagai media. Kedua media tersebut juga perlu menggunakan ukuran yang tepat. Lihat aturan dan pesanan untuk ukuran kartu nama dan x ukuran spanduk.

Untuk membantu Anda memilih ukuran yang tepat untuk kebutuhan Anda, berikut beberapa tipsnya.

3 × 4 ukuran

Ukuran 3×4 ini sering digunakan untuk keperluan dokumentasi hukum, seperti ijazah, CV dan masih banyak jenis surat menyurat lainnya.

Selain itu, gambar yang direkam lebih formal daripada jenis lainnya. Tidak, karena ketertarikan ini, orang biasanya akan menyimpan foto ini dalam jumlah banyak jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Biasanya foto ukuran 3×4 menggunakan permukaan berwarna merah atau biru sesuai dengan aturan yang telah ditentukan sebelumnya.

Maksimum 3R

Ukuran selanjutnya adalah 3R. 3R adalah salah satu ukuran yang paling banyak digunakan. Tidak, 3R ini seukuran kartu pos.

Dilihat dalam inci, ukuran 3R adalah 8,9 x 12,7 cm dan 3,5 x 5 jika dilihat dalam inci. Untuk mencetak foto dengan ukuran ini, ukuran gambar dalam piksel harus dipertimbangkan.

Ukuran gambar 3R adalah 1051 x 1500 piksel. Ukuran ini perlu diperhatikan agar foto tidak pecah saat dipublikasikan nanti.

ukuran 4R

4R memiliki status poin lebih besar dari ukuran 3R. Ukuran ini sering digunakan untuk mencetak foto-foto yang biasa digunakan seperti hiasan dinding ruangan.

Nah, dalam hal ini ukuran 4R sama dengan 10,2 x 15,2 cm atau 4 x 6 jika dilihat dalam inci. Jadi, untuk mencetak foto dengan ukuran ini, ukuran gambar yang dibutuhkan adalah 1500 x 2102 piksel.

Maksimum 10R

10R adalah ukuran yang sangat bagus. Ukuran ini adalah 25,4 x 30,5 inci, dan 10 x 12 inci.

Biasanya 10R dipilih untuk mencetak foto yang biasanya spesial dan dipajang di ruang tamu. Agar tidak rusak saat mencetak foto dengan ukuran ini, sebaiknya foto atau gambar yang ingin dicetak berukuran 3000 x 3602 piksel.

Jika Anda tidak memiliki ukuran gambar, Anda dapat meminta bantuan printer untuk mengedit gambar.

Atau Anda bisa mengeditnya menggunakan alat edit foto PC atau alat edit foto Android terbaik. Silakan pilih yang Anda suka.

Jenis Kertas Cetak Fotografi

Selain mengetahui ukuran CM atau Inci, mengetahui jenis kertas yang digunakan untuk mencetak foto merupakan salah satu hal yang sangat penting.

Ya, banyak jenis kertas yang digunakan untuk berbagai ukuran. Dengan demikian, ada keterkaitan antara ukuran dan jenis kertas fotografi agar dapat menghasilkan kualitas fotografi yang tahan lama.

Lantas, jenis kertas apa yang paling sering digunakan untuk mencetak foto-foto tersebut? Lihat beberapa komentar di bawah ini.

1. Matte

Jenis kertas foto pertama yang paling umum digunakan adalah matte. Jenis kertas ini halus tetapi tidak berpendar di permukaannya.

Kertas ini memiliki beberapa keunggulan terutama dalam bentuk printing dan dapat digunakan untuk mencetak foto dengan hasil yang baik. Selain itu, yang menarik dari jenis kertas ini adalah jari-jarinya tidak akan terlihat.

Seringkali kertas ini digunakan untuk mencetak foto-foto lama dengan bagian berwarna hitam putih.

2. Mengkilap

Seperti namanya, glitter adalah jenis kertas fotografi dengan bahan yang mengkilat dan mengkilat. Kualitas foto yang dicetak menggunakan kertas ini akan terlihat lebih hidup dan memiliki warna yang cenderung lebih tajam.

Apalagi kertas ini memberikan tekstur berwarna cerah dan tidak menghasilkan tampilan seperti kertas.

Namun, setelah manfaatnya, ada batasan untuk jenis kertas ini. Salah satu kelemahan kertas glossy adalah sering diundang sehingga foto bisa rusak.

3. Kilau

Jenis kertas yang sering digunakan untuk mencetak foto adalah jenis kertas yang ringan. Kertas ini menawarkan skema warna yang lebih dalam dibandingkan dengan kertas matte.

Hasil kertas yang mengkilat ini akan sedikit mengkilat dan memiliki bentuk yang unik seperti mutiara. Salah satu kelebihan kertas ini adalah tidak lengket di jari.

Selain itu, jenis kertas ini juga tidak menghasilkan gambar yang cerah dan menghasilkan foto dengan kualitas terbaik, terutama untuk dipajang di dinding.

4. Besi

Pilihan lain untuk kertas yang dapat digunakan untuk mencetak foto dengan kualitas yang baik adalah logam.

Ini adalah salah satu kertas yang paling banyak digunakan karena akan menghasilkan gambar yang tahan lama dan tidak mudah dicetak.

Selain itu, foto yang dicetak menggunakan kertas jenis ini juga sering kali lebih cerah, lebih mengesankan, dan memiliki kesan seperti logam.

Nah, jika Anda ingin mencetak foto – terutama foto keluarga besar, maka kertas metal mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Baca juga:

Sumber Artikel: blogpress


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news