Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengetahui Duplikat Data / Data yang sama di Excel.

Microsoft Excel. (Microsoft)

Kelasmekanik.com – Temukan cara untuk menemukan konten yang disalin di Excel dengan mudah dan efisien.

Seperti yang kita ketahui bersama, sebagai program numerik dasar dari Microsoft, program Microsoft Excel benar-benar memiliki berbagai fitur canggih yang dapat memudahkan Anda, terutama dalam hal pencarian dan analisis data dengan melihat.

Penggabungan dapat mengurangi kemungkinan memiliki data atau data serupa yang disalin ke dokumen yang Anda buat. Salah satu cara termudah untuk mendapatkan salinan data ke Excel adalah dengan menggunakan format standar.

Conditional Formatting sendiri merupakan salah satu komponen dari program Microsoft Excel yang digunakan untuk memodifikasi sel atau format Excel itu sendiri jika memenuhi syarat atau standar tertentu.

Jadi dengan penggunaan format yang terstandardisasi, Anda tidak perlu lagi repot menganalisa data secara manual sehingga pasti akan memakan banyak waktu dan tenaga Anda.

lembar kerja Microsoft Excel.  (Pixabay)
lembar kerja Microsoft Excel. (Pixabay)

Sekarang mengenai cara mendapatkan salinan data ke Excel menggunakan format Bersyarat, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini:

  1. Blok data dalam dokumen Excel Anda yang ingin di analisa apakah ada yang data yang kembar/sama
  2. Kemudian pilih menu Beranda dan klik opsi condition formating
  3. Di menu condition formatting, klik menu atur Sel dan pilih value Duplikat.
  4. Kemudian akan muncul Option Box Duplicates Values, pilih opsi Duplicate dari menu drop-down lalu di Kolom pilih warna apa saja yang ingin digunakan untuk menandai nilai yang kembar/sama ke data yang sebelumnya Anda blok .
  5. Kemudian klik OK dan setelah itu program Microsoft Excel akan memberikan penanda warna pada sel dengan nilai yang sama atau dengan informasi yang sama.

Ini adalah cara untuk mengetahui data yang sama atau kembar di Excel sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola data dan melihat apakah ada data serupa di dokumen yang Anda buat. Semoga berhasil dengan tutorial Microsoft Excel.


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news