Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Upload GIF ke WhatsApp, Anti Rumit!

Gambar WhatsApp. (Unsplash / Mika Baumeister)

Kelasmekanik.com – Pelajari cara mengunggah GIF ke WhatsApp dengan mudah. Ikuti saja tutorial WhatsApp yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

GIF atau biasa disebut gambar bergerak adalah salah satu gambar tanpa suara. Tampaknya GIF ini juga sering muncul dalam proses percakapan yang akan membuat suasana percakapan lebih menarik dan hidup karena dapat lebih mengekspresikan pikiran pengguna alat obrolan teks.

Graphics Interchange Format atau disingkat GIF adalah salah satu format gambar yang paling sering digunakan untuk keperluan desain web.

Tetapi jelas bahwa gif memiliki campuran warna yang lebih sedikit daripada metode JPEG, tetapi keuntungan dari GIF adalah dapat menyimpan gambar yang jelas dalam bentuk grafik sederhana.

Ternyata cara membuat dan menambahkan GIF ke WhatsApp sangat sederhana. Tim HiTekno.com telah menyelenggarakan tutorial WhatsApp untuk melakukan ini di bawah ini.

Gambar WhatsApp.  (Pixabay / antonbe)
Gambar WhatsApp. (Pixabay / antonbe)

Berikut cara membuat dan menambahkan GIF ke WhatsApp:

Cara membuat GIF WhatsApp

  1. Buka perangkat WhatsApp Anda
  2. Kemudian cari nama atau area obrolan yang ingin Anda kirimi GIF
  3. Kemudian pilih dan tekan tombol “kamera”.
  4. Cari dan pilih video yang ingin Anda buat sebagai GIF
  5. Setelah Anda memilih salah satu video, maka waktu akan muncul
  6. Kemudian drag waktu video menjadi 6 detik agar bisa dijadikan GIF, nama anda bisa mempersingkat waktu video sesuai keinginan anda sebesar 1 sampai 6 detik.
  7. Anda juga dapat memasukkan teks dengan memilih tanda “T” di sudut kanan atas
  8. Selain itu, Anda dapat menambahkan stik dan emoji ke GIF Anda dengan memilih dan mengklik ikon “emoji senyum” dan berbagai stiker dan emoji akan muncul.
  9. Kemudian sesuaikan posisi dan ukuran teks, emoji atau stik yang Anda sisipkan dengan menekan dan menggeser.
  10. Setelah penyiapan selesai, kirim gif dengan mengklik ikon “panah hijau” di sudut kanan bawah

Cara mengunggah GIF ke WhatsApp

  1. Anda dapat membintangi atau membuat GIF favorit yang diposting oleh teman Anda dari obrolan pribadi atau diskusi grup
  2. Anda dapat memilih keluar dari GIF yang disediakan langsung oleh aplikasi WhatsApp, Anda hanya perlu membuka area obrolan yang ingin Anda kirim ke GIF dengan mengklik tombol “emoji senyum”> di bawah teks dan kemudian klik “GIF”> di pojok kiri bawah terdapat icon “kaca pembesar” dan masukkan kata kunci sesuai dengan judul GIF yang ingin anda kirim, misalnya “sedih” menangis ” maka akan muncul garis GIF berdasarkan kata kunci yang anda masukkan.

Nah itulah beberapa cara memasukkan GIF ke dalam WhatsApp yang mudah dipahami bagi pemula. Bagaimana Anda tertarik untuk membuat GIF Anda sendiri? Semoga berhasil dengan tutorial WhatsApp lanjutan.

Model: Sofia Ainun Nisa



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/09/163446/tutorial-cara-menambahkan-gif-di-whatsapp-anti-ribet


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news