Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Menggunakan Tugas HLOOKUP di Excel, Berhasil!

Microsoft Excel. (Microsoft)

Kelasmekanik.com – Pelajari cara menggunakan fungsi HLOOKUP yang sangat berguna ini di Excel. Berikut adalah tutorial Microsoft Excel yang dicakup oleh tim HiTekno.com untuk Anda.

Faktanya, form HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dalam tabel horizontal, sehingga dengan menggunakan form Excel Anda akan dapat memindahkan berbagai jenis data tanpa harus khawatir melakukannya secara manual.

Cara menggunakan aplikasi HLOOKUP di Excel bisa dengan mudah, dalam dunia kerja menggunakan form HLOOKUP untuk menghitung gaji pokok, menghitung penghasilan, menghitung gaji penuh.

Fungsi HLOOKUP terdiri dari 4 argumen yaitu nilai yang akan dicari pada baris pertama tabel. ReferenceTable adalah tabel data tempat ValueSearch akan ditemukan di baris pertama. RowNumber pada ReferenceTable akan mengembalikan nilai yang sama.

RangeLookup memiliki nilai TRUE atau FALSE yang valid jika nilai valid dengan TRUE akan menghasilkan hal yang sama persis tetapi jika nilai valid memiliki FALSE maka hasil permainan akan sama persis.

Maka pengetikan pekerjaan HLOOKUP adalah = HLOOKUP (Kualitas Pencarian, Tabel Referensi, Nomor Baris, [RangeLookup])

lembar kerja Microsoft Excel.  (Pixabay)
lembar kerja Microsoft Excel. (Pixabay)

Nah tentang cara menggunakan aplikasi HLOOKUP di Excel bisa anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah tutorial Microsoft Excel :

  1. Saat menggunakan fungsi Hlookup / rumus untuk mencari informasi yang akurat, pastikan untuk mengisi RangeLookup dengan nilai FALSE. Hal ini untuk meningkatkan akurasi pencarian kata pada form HLOOKUP yang akan kita gunakan nantinya.
  2. Karena menggunakan RangeLookup “FALSE” yang berarti bahwa proses HLOOKUP harus memerlukan nilai yang wajar, formulir HLOOKUP menghasilkan pesan kesalahan #NA, karena nilai dengan teks yang sama tidak tersedia.
  3. Misalnya, Anda dapat menggunakan formulir = HLOOKUP (A12; A2: E6; 3; FALSE) yang dapat Anda tulis di sel excel Anda. Ingat, setiap formulir di Excel harus dimulai dengan tanda = (sama dengan).
  4. Formulir Hlookup di atas digunakan untuk menentukan level teks yang merupakan nilai sel A12 pada baris pertama tabel referensi A2: E6 yang Anda buat sebelumnya.
  5. Form HLOOKUP ini nantinya akan membutuhkan nilai cellA12 di beberapa cell. Jika nilai sel A12 ada di kolom 3 pada tabel, maka fungsi Hlookup akan menghasilkan baris ke-3 yang berdekatan/kolom dengan nilai teks sama dengan nilai sel A12.

Ini adalah cara menggunakan fungsi HLOOKUP di Excel yang memungkinkan semua pekerjaan Anda selesai dengan cepat. Semoga berhasil dengan tutorial Microsoft Excel!

Donatur: Jeffry francisco



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/24/111355/tutorial-cara-menggunakan-fungsi-hlookup-di-excel-berguna