Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata merawat mesin diesel itu mudah

Mesin Diesel Toyota Kijang Innova 2016

Mobil bertenaga diesel benar-benar lemah dibandingkan dengan mesin bensin. Namun, mobil bertenaga diesel modern digabungkan dengan banyak fitur terbaru, yang membuat berkendara menjadi menyenangkan.

Salah satu teknologi mesin diesel yang paling banyak digunakan adalah standar rail dan turbo. Akibatnya, kemampuan mobil diesel modern sama kerasnya dengan mesin bensin.

Namun, seperti dilansir situs web Hyundai, untuk perawatan kendaraan diesel di titik ini anda harus ekstra hati-hati, karena tidak lagi kotor seperti mesin diesel lama.

Mau tahu faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan saat mempertimbangkan mobil bertenaga diesel, berikut ini uraian yang diberikan oleh Hyundai untuk mobil bertenaga diesel.

1. Peralatan

Kinerja mesin diesel sangat tinggi, yang penyebabnya adalah tingkat tekanan yang tinggi. Jika dipadukan dengan adanya turbocharger, maka menghasilkan temperatur dan tekanan yang tinggi pula. Akibatnya, bahan bakar mesin diesel modern memiliki viskositas yang lebih rendah.

Untuk memilih bahan bakar solar olahan, pilihannya adalah SAE 10W-30, SAE 5W-40 atau 5W-30.

2. Gemuk

Solar adalah bahan bakar untuk mobil bertenaga diesel. Hanya saja, untuk pemilihan tipe perlu menggunakan solar yang berkualitas.

Jika menggunakan solar yang berkualitas, maka dapat menunjang performa mesin, terutama dengan mesin turbodiesel. Selain itu, kinerja mesin diesel yang tepat akan dicapai dengan bahan bakar berkualitas dengan sulfur rendah.

Di sisi lain, jika mesin turbodiesel menggunakan bahan bakar berkualitas rendah (kadar sulfur tinggi), filter diesel akan mengalami masalah, seperti penyumbatan, dan gangguan fungsi injeksi.

Karena itu, mesin diesel mesin diesel modern pasti sangat sulit. Tujuannya agar tidak ada kotoran yang dapat menyumbat lubang-lubang pada mesin turbodiesel.

Mesin diesel juga memiliki catalytic converter. Komponen ini berguna untuk menyaring emisi, oleh karena itu umur catalytic converter tergantung pada kualitas bahan bakarnya.

Penggunaan bahan bakar berkualitas akan memperpanjang umur catalytic converter. Di sisi lain, jika tidak berkualitas tinggi, itu akan cepat rusak.

Perlu dicatat, harga solar berkualitas sebenarnya sangat mahal, tetapi akan menjadi penting untuk pengoperasian mobil yang baik.

Artikel ini dipublikasikan di liputan6.com

Sumber Artikel: automilenia


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news