Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Printer Fungsional Tidak Tersedia di Windows


Printer tidak menemukan masalah di Windows 10 seperti yang saya tahu sangat berbeda. Ada berbagai alasan untuk ini, di antaranya sebagai berikut:

  • Kabelnya putus
  • Driver printer tidak diinstal
  • Pengemudi tidak selaras
  • Printer belum termasuk
  • Masalah koneksi
  • Masalah dengan layanan printer
  • Bagian printer yang rusak

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa secara umum penyebab masalah berasal dari sistem dan komponen cetak itu sendiri. Jika masalah ini terjadi, tentunya printer tidak akan bisa membaca atau mendeteksi perangkat dan menyebabkan printer tidak merespon perintah pencetakan.

Solusi Pemecahan Masalah Tidak Ditemukan

Printer tidak dikenal ini bisa muncul di semua tipe, tipe dan tipe printer yang terhubung ke laptop atau PC Windows. Seringkali ketika Anda mengalami masalah ini, di Windows akan sering muncul pop-up dengan pesan kesalahan. Selain itu, lampu indikator cetak juga berkedip dengan cara yang tidak biasa.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah printer? Tentu saja, ada berbagai cara untuk menyelesaikannya, dan itu semua tergantung pada mengapa printer tidak tersedia di Windows. Jadi, silakan lihat ulasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Lihat Pencetak USB

Penyebab paling umum printer Windows tidak terlihat di Windows biasanya adalah printer USB. Untuk itu, hal pertama yang Anda lakukan adalah memeriksa USB printer untuk memastikan tidak ada kerusakan pada kabelnya.

Printer nirkabel sering mengalami masalah dengan kabel printer USB, seperti kabel terpelintir, kabel putus, tali, port USB longgar, kotoran pada konektor, dan sebagainya. Akibatnya, printer tidak dapat terhubung atau tidak tersedia di Windows.

Untuk mengatasi hal di atas, silakan coba langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama silahkan cek kabel USB printer, pastikan tidak ada masalah.
  2. Periksa juga port USB printer, lalu coba bersihkan.
  3. Bersihkan juga port USB pada laptop atau PC anda jika kotor.
  4. Pastikan kabel listrik juga tidak bermasalah.
  5. Terakhir, coba lepaskan dan sambungkan kembali kabel USB ke printer beberapa kali. Teknik sederhana ini seringkali berdampak besar.

Mulai ulang Print Spooler

Print spooler adalah layanan Windows yang berfungsi untuk mengelola dan mengelola berbagai tugas dan respons di OS Windows. Jika layanan ini bermasalah, printer juga tidak akan dapat bekerja dengan baik, dan tidak akan terlihat bahkan di Windows.

Untuk mengatasinya silahkan coba restart (restart) print spooler ini sebagai berikut:

  1. Pertama, buka Run dengan menekan tombol mix Windows + R.
  2. Di bagian Buka, silakan ketik Layanan.msc lalu tekan Enter.
  3. Setelah itu, pada halaman layanan yang muncul, silakan klik tautan dan cari tahu Pencetak Spooler.
  4. Pilih spooler cetak, lalu klik kanan dan pilih opsi Berhenti.
  5. Jika demikian, hapus log printer yang tersimpan di sistem. Triknya adalah dengan membuka Penjelajah Berkas dengan menekan tombol Windows + E.
  6. Setelah masuk, silakan masuk ke direktori C: Windows System32 spool PRINTERS, lalu hapus file yang tersimpan di folder tersebut. Contoh gambar ada di bawah folder PRINTERS yang sudah saya clear (kosong).
  7. Setelah itu, masuk lagi Layanan.msc. Kemudian pada menu print spooler silahkan klik kanan lagi dan pilih Memulai.
  8. Selanjutnya silahkan klik kanan lagi pada print spooler dan pilih Barang-barang lalu di Startup Type pastikan opsi yang dipilih adalah Secara default.
  9. Jika Anda mengklik oke ebe Nyatakan sebuah harapankemudian restart komputer atau komputer Anda dan coba printer lagi.
  10. Semoga beruntung.

Pastikan Alat Printer diinstal

Seperti yang saya sebutkan di atas salah satu alasan mengapa printer tidak tersedia adalah karena printer itu sendiri tidak diinstal pada Windows. Hal ini justru membuat printer tidak dapat bekerja dengan Windows yang terhubung ke printer.

Untuk itu, pastikan device printer sudah terinstall di Windows dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, masuk ke menu Pengaturan Windows dengan menekan tombol mix Windows + saya.
  2. Jika demikian, silakan pilih Peralatan lalu masuk ke menu Bluetooth dan perangkat lainnya.
  3. Setelah itu, pastikan printer yang Anda gunakan sudah tersedia Printer dan pemindai.
  4. Jika tidak, silakan masukkan terlebih dahulu dengan mengklik opsi Masukkan printer atau pemindaikemudian tunggu hingga printer ditemukan.
  5. Jika nama cetak yang Anda gunakan muncul, silakan klik nama printer dan kemudian klik Menghubung untuk menghubungkannya.
  6. Ini sudah berakhir.

Lihat Pengandar Pencetak

Jika sudah melakukan langkah-langkah sebelumnya, printer yang tidak terlihat biasanya akan diperbaiki. Selain itu, sebelum mencoba mencetak printer, pastikan printer sudah terinstal di Device Manager, mis.

Prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Jalankan dengan mengklik Windows + Rlalu ketik devmgmt.msc lalu Masuk.
  2. Jika demikian, Pengelola Perangkat akan terbuka, silakan lihat bagian Mencetak Garis. Pastikan nama printer yang Anda gunakan muncul di sana.
  3. Selanjutnya, pastikan tidak ada add-on (!) kuning atas nama printer. Jika muncul sinyal berarti driver printer bermasalah.
  4. Jika Anda mengalami hal ini, silakan masukkan kembali printer yang dapat Anda temukan di CD driver printer. Atau jika tidak ada CD driver, Anda dapat mengunduhnya dari situs web resmi driver tergantung pada jenis printer Anda.
  5. Selesai, pastikan Anda menginstal driver yang benar.

Mengatasi Masalah Printer

Cara memperbaiki printer yang tidak terlihat di Windows selanjutnya adalah dengan memperbaiki printer. Dengan cara ini, Windows akan memantau dan mendeteksi masalah yang muncul pada printer dan akan memberikan solusi atau rekomendasi perbaikan.

Nah, langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, masuk ke menu Pengaturan jendela. Bisa dilakukan dengan menekan tombol mix Windows + saya.
  2. Jika demikian, silakan pergi ke menu Peralatan yang ada pada pilihan menu Setting.
  3. Selanjutnya, silakan buka Printer dan pemindai.
  4. Kemudian pilih printer yang bermasalah, lalu klik opsi Laola di bawah nama pencetak.
  5. Pada halaman berikutnya yang muncul, silahkan klik Masukkan solusi untuk masalah.
  6. Tunggu hingga proses pemecahan masalah selesai, dan ikuti saran koreksi yang disarankan.

Setel Ulang Pencetak

Printer yang hilang mungkin juga karena kesalahan pencetakan itu sendiri. Apalagi pada sistem di dalamnya, untuk itu anda harus susah payah me-reset printer untuk me-refresh printer agar error di dalamnya juga hilang.

Kami sangat merekomendasikan metode ini setelah Anda mencoba metode yang kami jelaskan sebelumnya. Selain itu, merestore printer juga bisa menjadi salah satu upaya agar printer tetap stabil dan normal. Cara menyetel printer untuk setiap tipe dan tipe memang berbeda-beda.

Tetapi secara umum, prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama silahkan hubungkan printer ke laptop atau PC anda, dan pastikan printer dalam mode Off dengan kabel power tersambung.
  2. Selanjutnya, silakan tekan dan tahan tombol melanjutkan sekitar 3 sampai 5 detik.
  3. Kemudian, tekan tombol Kekuatan serta tombol resume (jangan tinggalkan sampai sekarang). Selanjutnya, tunggu sampai lampu hijau menyala (lampu indikator menyala).
  4. Lepaskan tombol melanjutkan yang Anda tekan, tetapi jangan lepaskan tombol Power.
  5. Jika demikian, silakan tekan tombol melanjutkan 5 kali, sambil tetap menekan tombol Kekuatan. Nantinya lampu LED printer akan berkedip atau menyala dengan cara lain.
  6. Lepaskan semua tombol yang Anda tekan, lalu browse ke laptop atau komputer Anda.
  7. Biasanya ada sistem yang akan mendeteksi perangkat baru, silakan hubungkan ke printer dan coba gunakan untuk mencetak sesuatu.
  8. Semoga beruntung.

Anda dapat mencoba langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas untuk semua jenis pencetakan, tetapi jika tidak berhasil, silakan baca buku cetak. Seringkali ada cara untuk mereset atau hard reset printer yang Anda gunakan.

Layanan Penerbit

Jika Anda telah menjalankan semua proses di atas, tetapi printer masih tidak tersedia di Windows, mungkin printer yang Anda gunakan mengalami kerusakan fisik pada salah satu komponen printer.

Coba verifikasi ini dengan terlebih dahulu menghubungkan printer ke laptop atau PC lain. Jika dapat dideteksi dan digunakan maka masalahnya ada pada sistem Windows Anda. Namun jika tidak terdeteksi, berarti printer yang Anda gunakan rusak.

Jadi, silahkan bawa printer ke service center profesional, dan hanya mengeluh tentang masalah yang Anda miliki agar pengujian lebih lanjut dapat dilakukan nanti dan printer Anda diperbaiki.

Instal ulang Windows

Nah, jika di laptop atau PC lain printer bisa digunakan dan ternyata benar-benar ditemukan, kemungkinan besar penyebabnya adalah OS Windows Anda yang bermasalah atau error. Untuk mengatasi masalah ini Anda harus menginstal ulang Windows atau mengatur ulang Windows ke pengaturan pabrik (secara permanen).

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal ulang Windows dengan mengatur ke pengaturan pabrik:

  1. Buka menu Pengaturan dengan menekan tombol Komposit WINDOWS + saya.
  2. Selanjutnya pilih menu Pembaruan & Keamanan.
  3. Jika demikian, silakan masuk ke menu Pemulihan lalu tekan Memulai Setel ulang komponen PC ini.
  4. Di sebelah Pilih halaman pilihan, simpan data disk Anda dengan memilih Simpan file saya.
  5. Kemudian, pilih Unduhan Awan untuk mengunduh dan menginstal Windows.
  6. Proses download dan instalasi membutuhkan koneksi internet. Jadi, pastikan Anda terhubung ke internet.
  7. Langkah selanjutnya ketuk Lanjut dan lanjutkan prosesnya sampai selesai.



Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news