Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kendaraan Mobil Keras dan Cara Mengatasinya, Ampuh!

kelasmekanik.com – Pernahkah Anda menyalakan mobil tetapi mobil tidak mau hidup? Tentu hal ini menimbulkan permasalahan tersendiri bagi pemilik mobil, apalagi jika harus segera berkendara karena kebutuhan yang mendesak dan mendesak saat itu. Ternyata banyak faktor yang membuat mobil sulit bertahan. Salah satunya adalah baterai.

Aki mobil yang sudah tua dan rusak akan memperburuk performa mobil dan menyulitkan mobil untuk distarter. Namun, selain aki merupakan penyebab terbesar mobil sulit distarter, beberapa faktor lain juga bisa membuat mobil sulit distarter.

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa mobil susah di starter, sangat pagi. Simak dan baca baik-baik, yuk guys!

Penyebab Mobil Sulit Hidup

Mobil itu sulit untuk ditinggali

Mobil yang sulit untuk dihidupkan tentunya akan menimbulkan banyak ketakutan, apalagi jika Anda berada dalam situasi yang sulit seperti di jalanan yang sepi atau di malam hari. Meski ada yang bisa mengatasi hal seperti ini dengan mudah, namun seringkali ditemukan pengemudi yang kesulitan mencari solusi untuk masalah ini.

Berikut beberapa penyebab kendaraan sulit bertahan, antara lain:

1. Busi keras

Busi yang rusak atau kotor dapat mengganggu proses startup sistem. Periksa kebersihan busi dengan cara melepasnya dan membersihkannya dengan kain bersih. Selain kotoran, busi yang rusak juga perlu diganti agar performa mobil tetap mulus dan mudah distarter.

2. Dinamo Ampere

Dinamo ampere, atau kata lain alternator, adalah salah satu bagian terpenting dari mobil yang berfungsi sebagai cara mengalirkan dari motor listrik ke baterai. Alternator yang rusak akan membuat mobil sulit distarter, padahal aki dalam kondisi baik dan tidak rusak. Lakukan penyetelan rutin untuk mendeteksi adanya kerusakan pada alternator sebelum terlambat.

Baca juga: Penyebab Kematian Mobil dan Cara Mengatasinya

3. Kehilangan Lemak

Alasan lama mobil susah distarter adalah karena bensin kosong. Jangan lupa untuk rutin mengecek level bahan bakar mobil dan segera menyemprotkan bahan bakar jika habis, agar mobil bisa start dengan baik dan perjalanan bisa lancar.

4. Saluran Bahan Bakar Bocor

Kesulitan lain dalam menstarter mobil adalah kebocoran bahan bakar yang dapat membuat bahan bakar tidak bocor keluar dari injeksi karena bahan bakar berada di bawah tekanan tinggi. Kebocoran saluran bahan bakar akan mencegah tekanan oli tinggi untuk memenuhi tekanan normal secara umum.

Jika mobil berhenti mendadak dan sulit untuk dihidupkan, periksa bagian bawah mobil dan lihat apakah ada bensin yang menetes. Jika ada, kemungkinan besar saluran bahan bakarnya bocor, dan Anda segera membutuhkan bantuan untuk memperbaiki kebocoran tersebut.

5. Terjadi kesalahan Kunci Emobilizer

Kunci emobilizer adalah perangkat kunci mobil yang menggunakan frekuensi radio. Jika arus yang terdeteksi tidak sesuai, maka hal ini akan menyebabkan mobil tidak dapat distarter.

Baca Juga : Penyebab Mobil Terguling / Terguling Beserta Cara Mengatasinya

Cara Memenangkan Mobil yang Sulit untuk Bertahan

Setelah mengetahui beberapa membuat mobil sulit untuk bertahan hidupberikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda memulai.

  • Pastikan mobil terisi penuh bahan bakar. Bahan bakar yang lengkap akan mengurangi kemungkinan mobil berhenti mendadak, terutama saat berada dalam situasi yang tidak memungkinkan. Lakukan pengisian bahan bakar sesering mungkin tanpa menunggu tangki bahan bakar kosong karena dapat membuat mobil sulit untuk dihidupkan.
  • Periksa sistem aliran bahan bakar sebelum menyalakan mobil. Pastikan tidak ada kebocoran dari beberapa sisi. Kebocoran bahan bakar sangat berbahaya dan dapat membuat mobil tidak bisa distarter. Jika terjadi kebocoran, segera parkirkan kebocoran tersebut agar kendaraan dapat digunakan kembali.
  • Lakukan perbaikan dan perawatan mobil secara teratur di pusat pelatihan yang disetujui untuk setiap kerusakan pada komponen mesin, dan gantilah sebelum terlambat. Periksa secara berkala kualitas komponen mesin yang dapat menyulitkan kendaraan untuk distarter, seperti busi, aki, dan alternator atau dinamo ampere.
  • Jika pompa bensin berhenti bekerja, coba buat kabel-kabel kecil agar pompa bensin bekerja kembali. Namun jika tidak ada hasil, segera ganti agar pompa bensin bisa kembali beroperasi normal dan mobil bisa berjalan semulus yang diharapkan.

Mobil yang susah distarter akan membuat kita panik. Tapi setelah tahu penyebab mobil susah hidup dan cara mengatasinya, Anda sudah tahu kan, apa yang harus dilakukan jika mobil Anda tiba-tiba sulit untuk dihidupkan? Apapun penyebabnya, perawatan kendaraan yang tepat akan membantu Anda menjaga kendaraan tetap dingin dan mencegah kerusakan.

Jangan lupa selalu cek kondisi mesin sebelum berangkat ya guys. Semoga beruntung.

Sumber Artikel: automilenia


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news