Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kendaraan Brebet dan Cara Menang

kelasmekanik.com – Tabrakan mobil dengan bahan bakar merupakan salah satu masalah yang dapat menyebabkan masalah berkendara, baik bagi pengemudi maupun penumpang. Penyebab kecelakaan mobil sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah usia mobil yang sudah sangat tua atau sudah sangat tua.

Selain tidak nyaman digunakan, kendaraan berbahan bakar gas juga dikhawatirkan dapat menimbulkan kecelakaan lain, seperti mobil yang tidak sengaja mogok atau mati saat digunakan. Koloi Dengan masalah seperti ini tentunya harus mendapatkan perlakuan khusus, seperti membawanya ke tempat reparasi dan perbaikan, dan menggantinya dengan part lain yang mungkin rusak, agar mesin mobil bisa kembali normal. dan dalam kondisi baik.

Penyebab Kendaraan Brebet dan Cara Menang

mobil brebet

Berikut adalah beberapa di antaranya penyebab kecelakaan mobil Yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Busi rusak atau kotor

Salah satu penyebab mobil rusak adalah busi yang kotor atau rusak. Periksa busi mobil Anda secara berkala untuk mengecek tingkat kualitas busi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain adanya kotoran pada busi, perubahan pemantik busi atau celah busi juga menjadi penyebab brebet pada mobil. Beban yang sangat berat atau sangat sulit akan mempengaruhi kinerja kebakaran sehingga kendaraan tidak dapat beroperasi dengan baik.

2. Kebocoran kabel busi

Selain busi yang kotor atau rusak, kabel busi yang bocor juga dapat menyebabkan masalah pada mobil. Dalam keadaan darurat, perbaiki kebocoran dengan memasang penghalang panas pada kebocoran. Namun jangan lupa untuk menggantinya dengan yang baru agar mobil Anda tidak terlalu berat dan nyaman untuk dikendarai.

Baca juga: Penyebab Mobil Tidak Bisa Start Dengan Cara Mengatasinya

3. Masalah Koil Pengapian

Masalah dengan ulir lampu sering muncul karena kualitas resistansi mulai meningkat. Masalah koil ini biasanya terdapat pada mobil yang menggunakan kabel untuk setiap busi. Bahaya lain bagi kendaraan yang menggunakan koil yang sama untuk beberapa busi secara bersamaan, selain kebisingan akan mengganggu kenyamanan berkendara, tetapi juga dapat menyebabkan mobil mogok dan sulit untuk dihidupkan kembali.

4. Sensor EFI Salah

Electronic Fuel Injection atau EFI yang banyak digunakan pada mobil modern, jelas tidak selalu menguntungkan. Sensor EFI yang salah juga dapat menyebabkan mobil mogok saat dihidupkan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah masalah Coolant Temperature Sensor sehingga suhu dan kelembaban air radiator tidak terdeteksi sehingga menimbulkan masalah pada mobil.

Cara Menang Mobil Brebet

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab macet, kini saatnya mengetahui juga cara mengatasi mobil macet agar perjalanan bisa mengantar Anda dengan selamat sampai tujuan. .

1. Lihat selang tangki

Periksa selang tangki mobil Anda yang mengarah ke pompa bensin. Periksa apakah ada kerak dan kotoran yang terkumpul di dalam tangki. Jika tangki penuh dengan sisik dan serpihan, inilah yang bisa menyebabkan mobil bertabrakan dengan gas. Segera bersihkan tangki mobil Anda sebelum kotoran dan permukaan terisi sehingga menyebabkan pompa bensin kehilangan fungsinya dan mati.

2. Periksa Kebersihan Filter Bahan Bakar

Penyebab umum lainnya dari kecelakaan mobil adalah puing-puing yang tersangkut di tangki bahan bakar. Tangki bahan bakar sendiri memiliki dua katup terpisah yang merupakan selang antara pompa bensin dan karburator. Kotoran yang menumpuk pada filter bahan bakar akan menyebabkan mobil mati dan sulit untuk dihidupkan.

Baca juga: Penyebab Kematian Mobil dan Cara Mengatasinya

3. Lihat Fungsi Busi

Busi merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil. Lakukan pengecekan tentang pengoperasian busi pada mobil agar mobil tidak lengket saat dibuka. Untuk memeriksa busi berfungsi atau tidak, pasang busi ke poros mesin. Jika busi tidak terbakar, berarti busi sudah aus dan sudah saatnya diganti. Karena busi yang rusak dapat menyebabkan mobil pecah saat dihidupkan. Jangan lupa untuk mengganti busi, pastikan busi yang baru memiliki tipe yang sama dengan busi sebelumnya. Sebaiknya pilih busi yang direkomendasikan oleh pelatih profesional untuk mengembalikan performa mobil Anda agar tidak mogok.

4. Gunakan Lemak Berkualitas

Untuk menghindari menabrak mobil Anda, pilihlah bahan bakar berkualitas tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Plus agar mobil Anda tidak rusak. Bahan bakar yang berkualitas akan membuat mobil Anda lebih aman dan nyaman untuk digunakan, dan sebenarnya dapat mencegah tabrakan saat Anda mulai.

5. Periksa Kabel Busi

Selain cara di atas, coba periksa kabel busi saat mobil Anda terpasang. Kabel busi juga dapat menyebabkan mobil putus jika mengalami keretakan atau klep pecah. Jika kabel busi rusak dengan cara ini, segera kembalikan ke bengkel resmi terdekat.

Itu aku banget penyebab mobil mogok dan cara memperbaikinya yang dapat Anda gunakan sebagai informasi dan pengetahuan lebih untuk menjaga kualitas kendaraan yang aman. Selamat mengemudi!

Sumber Artikel: automilenia


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news