Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Mesin Panas dan Cara Mengatasinya yang Tepat

.com – Terjadinya panas yang ekstrim adalah kondisi saat mesin mobil berada pada temperatur tinggi. Hal ini akan menyebabkan mobil mati atau tiba-tiba mogok. Penyebab mobil memanas terjadi saat pengemudi melakukan perjalanan jarak jauh.

Perjalanan panjang tanpa jeda inilah yang ditengarai menjadi penyebab mesin terus beroperasi. Sehingga membuat mesin terbakar. Namun, hal ini tetap bisa diatasi, lho!

Pemeliharaan rutin sedang berlangsung mesin mobil bisa juga dilakukan karena ini termasuk cara menjaga kondisi mesin tetap baik. Bagi Anda yang baru mengenalnya, Anda mungkin bingung dan takut. Daripada ngidam penasaran, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Penyebab Kendaraan Berlebihan dan Fiturnya

mesin mobil

Mobil biasanya sangat panas saat mesin mobil panas. Apalagi saat melakukan perjalanan jauh tanpa istirahat. Seperti manusia, mesin juga memiliki kemampuan untuk beristirahat agar komponen berfungsi secara efisien.

Berikut adalah beberapa fitur dari mobil superheated:

  1. Tenaga mesin mobil terasa turun secara tiba-tiba saat suhu mesin mencapai permukaan yang sangat panas
  2. Suhu di pengukur menunjukkan suhu tinggi hingga mencapai garis merah
  3. Tiba-tiba AC tidak berfungsi dengan baik
  4. Terjadi penurunan performa mesin mobil
  5. Warna olinya coklat karena tercampur air (dari radiator).

Penyebab Mobil Berlebihan dan Sarah Mengatasinya

Mesin berpengalaman sangat panas juga tidak dapat dipisahkan dari sebab-sebab yang menyertainya. Bagi anda yang baru pertama kali mengalami pengalaman ini diharapkan tetap tenang dan fokus. Berikut penyebab panas berlebih pada mobil.

1. Konsumsi minyak rendah

Walaupun oli ini tidak seberapa, namun sebenarnya komponen ini berpengaruh besar terhadap performa mesin mobil Anda. Oli berkualitas rendah tidak akan mampu mengurangi panas berlebih pada mesin.

Jadi pastikan Anda membeli dan menggunakan oli dengan kualitas yang tepat. Periksa juga secara berkala untuk menghindari kebocoran oli.

Baca juga: Penyebab Kematian Mobil dan Cara Mengatasinya

2. Penyumbatan Radiator dan Selang

Penyebab mobil terbakar keduanya sering terjadi. Artinya, posisi selang dan kebocoran radiator. Atau bisa juga karena posisi selang dan radiator tertutup.

Jika hal ini terjadi, segera rujuk mobil ke spesialis radiator untuk perawatan yang tepat. Untuk kasus yang lebih serius, solusi yang mungkin dilakukan adalah mengganti radiator dengan yang baru.

3. Memanfaatkan Air untuk Semua Air Radiator

Ini mungkin tampak sepele, tetapi akan sangat mempengaruhi mesin Anda nantinya. Banyak orang menggunakan air bersih atau sumur sebagai air radiator. Ini benar-benar tidak memiliki alasan untuk berpikir bahwa air bisa menjadi kotor.

Sehingga akan ada mineral, logam dan unsur lain yang akan membuat radiator menjadi rangkaian. Jadi sebaiknya gunakan cairan radiator khusus jika tidak ingin performa mesin berkurang.

Namun, jika Anda pernah menggunakan cara ini, ada baiknya Anda membersihkan radiator sebelum menggantinya dengan cairan radiator khusus.

Nah, setelah Anda mengetahui penyebabnya, Anda perlu mengatasinya dengan benar dengan cara-cara berikut ini;

1. Istirahatkan mobil Anda

Saat mobil sangat panas, langkah pertama yang terbaik adalah mengistirahatkan mesin. Matikan segera dan jangan paksa mesin bekerja di area ini. Karena kerusakan bisa terjadi di beberapa bagian jika mesin terus dibersihkan.

Begitu terasa dingin, segera buka penutup mesin agar suhu cepat stabil.

Baca juga: Penyebab Kendaraan Brebet dan Cara Mengatasinya

2. Jangan membuka tutup radiator saat mesin panas

Alasan mesin terlalu panas seringkali mesin membuat anda panik dan dengan cepat membuka tutup radiator. Tapi tahukah Anda, pendekatan ini sebenarnya tidak disarankan. Karena air panas radiator akan keluar saat cover dibuka.

Ini akan sangat berbahaya bagi keselamatan udara, bukan?

3. Periksa Air Radiator Secara Rutin

Pastikan kondisi mesin stabil saat Anda membuka penutup radiator. Anda bisa mengecek keberadaan cairan radiator di dalamnya. Ingat, meskipun mesin dingin setelah kepanasan, Anda tetap harus berhati-hati.

Buka tutupnya perlahan dan tunggu sampai suara angin bertiup dari dalam radiator berhenti.

4. Pasang Air Radiator sesuai dosis yang mematikan

Jika setelah dicek ternyata airnya berkurang. Segera tambahkan cairan secara perlahan. Ingat, gunakan hanya cairan radiator khusus, Coulant. Untuk kasus darurat bisa menggunakan air jernih namun tetap perlu memperhatikan kebersihan.

Sangat penting untuk menjaga agar mesin mobil tetap berjalan dengan lancar. Ini akan selalu mempengaruhi bagian lain dari mesin. Perawatan rutin di bengkel resmi juga diperlukan, untuk menjaga performa mesin tetap baik.

Bagaimana menurutmu? Semoga penyebab kendaraan terlalu panas dan cara mengatasinya dengan baik dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut. Ingatlah untuk tetap fokus dan tenang saat Anda sedang dalam proses. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda.

Sumber Artikel: automilenia


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news