Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Fungsional untuk Memperbaiki Kesalahan Printer 5B00 Saat Mencetak

Penggunaan printer kini semakin meningkat di berbagai rumah. Mesin press sering digunakan untuk kebutuhan percetakan, terutama untuk mencetak dokumen dan foto. Proses penggunaan printer sendiri relatif sederhana, karena begitu press sudah terpasang dan driver sudah terpasang biasanya bisa langsung digunakan.

Namun, ini tidak berarti bahwa printer tidak memiliki masalah, yang pada gilirannya menyebabkan proses pencetakan memburuk. Masalah yang muncul bisa bermacam-macam, misalnya printer tidak merespon perintah print, printer error 5B00, printer tidak ditemukan, printer tidak berfungsi dan lain sebagainya.

Nah, bagi yang bermasalah dengan printer 5B00 yang Anda gunakan, jangan khawatir dan jangan buru-buru membawa printer ke service center, karena disini kami akan memberikan tutorial koreksi error 5B00. Jadi kamu baca artikel ini sampai habis ya.

Penyebab Printer Error 5B00

Secara umum penyebab munculnya pesan error 5B00 adalah karena: menyerap tinta le tinta kotor bantalan hampir penuh. Nah, itulah yang menyebabkan proses pencetakan menjadi terganggu, dan terkadang menyebabkan printer membeku saat digunakan untuk mencetak.

Ketika terjadi kesalahan 5B00 biasanya disertai dengan pesan “Terjadi kesalahan pencetakan. Lihat brosur dan hubungi pusat layanan ”. Nah, pesan error tersebut memberikan sinyal kepada kita untuk segera memperbaikinya, dengan membaca buku petunjuk atau dengan membawanya ke service center.

Masalah ini dapat terjadi pada berbagai jenis pencetakan tanpa kecuali, seperti model standar Canon MP287, Canon IP2770, Canon MG2870, Canon G2000, Epson G3100, Epson L3110, Epson L360, dan sebagainya.

Ada fitur khusus ketika Anda memiliki kesalahan 5B00 ini, yang biasanya lampu LED printer akan menyala. Tidak hanya itu, pada layar komputer atau laptop yang terhubung dengan printer akan muncul pop up dengan pesan error seperti pada gambar di atas.

Cara Memperbaiki Printer Error 5B00

Jadi, bagaimana cara memperbaiki kesalahan pencetakan 5B00 ini? Tentu untuk mengatasinya atau memperbaikinya, ada beberapa prosedur khusus yang bisa Anda lakukan, mulai dari memperbaiki printer itu sendiri dan dengan peralatan khusus.

Lebih lengkapnya akan kami jelaskan pada ulasan di bawah ini. Jadi pastikan Anda membaca tes sampai akhir, oke?

Nyalakan Ulang Pencetak

Langkah pertama yang perlu Anda coba adalah me-restart printer. Cara ini paling sederhana dan sebaiknya anda mencobanya sebelum ke cara selanjutnya, karena terkadang muncul pesan error pada printer 5B00 karena ada masalah pada printer.

Untuk melakukan ini, Anda harus mencoba memulai printer terlebih dahulu agar pengaturan dapat dikembalikan ke normal, dan metode ini biasanya berfungsi dengan baik untuk mengatasi kesalahan pencetakan 5B00. Nah, langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama silahkan cabut kabel USB printer terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, lepaskan dan lepaskan kabel daya.
  3. Selanjutnya silahkan buka print bag, lalu tekan dan tahan tombol power.
  4. Sambil menekan tombol daya, lanjutkan menyambungkan kabel printer.
  5. Jangan lepaskan tombol daya sampai printer LED hijau menyala.
  6. Nanti setelah lampu LED mati, silahkan tekan tombol power dua kali.
  7. Terakhir, tutup kantong pencetakan.

Setelah melakukan semua langkah di atas, Anda sekarang telah berhasil memulai printer, lalu sambungkan ke komputer untuk memindai.

Membersihkan Tablet Tinta Kotor

Selanjutnya coba bersihkan tinta printer 5B00 yang rusak tintanya dulu, sebelum lanjut ke langkah selanjutnya. Untuk membersihkan tinta tablet, Anda bisa menggunakan kain untuk menghilangkan noda tinta.

Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama silahkan siapkan peralatan untuk membuka printer.
  2. Jika sudah, silahkan buka stempel tinta yang biasanya tersedia di bagian belakang.
  3. Setelah itu, silahkan hapus tinta kotor dari gambar tersebut.
  4. Keluarkan tinta dengan hati-hati agar tidak menyebar.
  5. Setelah itu, silahkan bersihkan tempat pembuangan tinta. Jika ada busa untuk menyerap tinta, harap cuci atau keringkan busa tersebut.
  6. Jika demikian, silakan instal lagi.
  7. Saya juga menyarankan untuk mengganti tinta cetak, mengganti tinta lama dengan yang baru.

Setelah membersihkan kertas tinta yang kotor, silakan coba sambungkan printer ke komputer Anda dan periksa apakah ada kesalahan 5B00 atau tidak. Jika masih ada, maka Anda harus melakukan hal berikut.

Instal Metode Layanan

Saat Anda memulai printer, Anda tidak dapat memperbaiki kesalahan 5B00, maka Anda harus menghidupkan printer. Nah, untuk menghidupkan printer, Anda harus terlebih dahulu menginstal mode layanan, dan kemudian Anda dapat menghidupkan printer dengan perangkat lunak khusus.

Tentu saja, flashing tidak mengharuskan Anda untuk menginstal layanan terlebih dahulu. Namun hal ini sangat kami sarankan agar nantinya proses bright bisa berjalan lancar tanpa error. Nah, dengan kata lain, prosesnya hampir seperti berikut:

  1. Pertama-tama silahkan hubungkan printer ke laptop atau PC anda, dan pastikan printer dalam mode Off dengan kabel power tersambung.
  2. Selanjutnya, silakan tekan dan tahan tombol melanjutkan sekitar 3 sampai 5 detik.
  3. Kemudian, tekan tombol Kekuatan serta tombol resume (jangan tinggalkan sampai sekarang). Selanjutnya, tunggu sampai lampu hijau menyala (lampu indikator menyala).
  4. Lepaskan tombol melanjutkan yang Anda tekan, tetapi jangan lepaskan tombol Power.
  5. Jika demikian, silakan tekan tombol melanjutkan 5 kali, sambil tetap menekan tombol Kekuatan. Nantinya lampu LED printer akan berkedip atau menyala dengan cara lain.
  6. Terakhir, lepaskan semua tombol yang Anda tekan.

Setelah selesai, periksa komputer Anda. sering di mana sistem akan mendeteksi perangkat baru, silakan sambungkan printer dan lanjutkan dengan mode pencetakan retter.

Gunakan Resetter

Reset ini adalah alat servis berbasis software yang berfungsi untuk mereset atau mem-flash printer. Menggunakan resetter adalah proses yang solid untuk menghilangkan kesalahan 5B00 di printer apa pun. Untuk aplikasi atau layanan perangkat lunak, setiap jenis pencetakan sangat berbeda.

Jadi, silahkan cari printer yang sesuai dengan tipe dan tipe printer yang bermasalah. Anda dapat mencari di Google dengan kata kunci “reset printer, merek printer & jenis spasi”. Tidak, penggunaannya sendiri tidak terlalu besar, biasanya tidak lebih dari 10 MB.

Berikut panduan penggunaan resetter untuk penerangan printer adalah sebagai berikut:

  1. Setelah menguninstall perangkat resetter, silahkan hapus dan install terlebih dahulu.
  2. Masukkan 3 halaman atau lebih ke dalam printer untuk tujuan reset, jangan lupa untuk membuka perangkat retter yang Anda instal.
  3. Pada halaman toolbar resetter yang terbuka, silakan klik Opsi BAPALA lalu tekan beha yang biasanya terdapat di bagian Clear Ink Counter.
  4. Tunggu printer berjalan dan cetak satu kertas dengan hasil tertulis D = 000 * 0.
  5. Lakukan hal yang sama dengan langkah 3 dan 4 pada Ink Absorber Counter dengan menekan tombol BAPALA lalu tekan beha.
  6. Jika berhasil akan muncul notifikasi Acara selesai silahkan klik saja oke.
  7. Jika demikian, tekan tombol Pembatalan EEPROM lalu putar Kertas ke Baki Belakang di jendela baru yang muncul.
  8. Klik oke kemudian tunggu hingga printer bekerja secara otomatis.
  9. Setelah printer selesai mencetak, Anda akan melihat banyak teks pada halaman yang dicetak. Biasanya terjadi TPAGE (TTL = 000000) atau TPAGE yang berisi kode apa pun yang menunjukkan bahwa brilliance atau reset berhasil.
  10. Terakhir silahkan matikan printer dan buka kembali.
  11. Ini sudah berakhir.

Jika nama menu dan tampilan perangkat layanan yang Anda gunakan berbeda, harap ubah dengan benar. Atau untuk lebih spesifik, silakan cari cara untuk menggunakan alat “printer” Anda.

Layanan Penerbit

Jika Anda telah menyelesaikan semua prosedur di atas, tetapi kesalahan pencetakan 5B00 masih tidak dapat diatasi, maka mungkin ada kerusakan fisik pada salah satu komponen pencetakan. Jika Anda memiliki printer lain, coba gunakan printer tersebut untuk memverifikasi.

Tentunya jika hasilnya printer bisa digunakan di komputer atau laptop, maka printer yang rusak 5B00 mengalami kerusakan sebagian. Oleh karena itu, harap bawa printer ke pusat layanan profesional.

Kemudian hanya mengeluhkan masalah yang Anda miliki agar pengujian lebih lanjut dapat dilakukan nanti dan perbaikan akan dilakukan pada printer Anda.

Kata terakhir

Itu tadi pembahasan kami tentang cara memperbaiki kesalahan pencetakan 5B00 saat mencetak. Terkadang masalah ini dapat diselesaikan hanya dengan menghidupkan printer, tetapi terkadang Anda perlu me-restart atau menghidupkan printer.

Mungkin itulah artikel pertama yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-memperbaiki-printer-error-5b00/


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news