Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan waktu terbaik untuk membeli HP dengan harga termurah? Bukan untuk Dua Hari!

Perbandingan pengguna HP. (Pixabay)

Kelasmekanik.com – Hari-hari baik seperti kembar dengan diskon besar. Apakah saat yang tepat untuk membeli HP dengan harga lebih murah? Sepertinya tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga HP murah tidak dalam waktu dua hari.

Anda mungkin juga tergiur dengan diskon besar-besaran di e-commerce dalam dua hari. Karena platform belanja yang berbeda menawarkan diskon gila-gilaan.

Misalnya, kampanye dua hari, masa diskon untuk hari kembar (8,8, 9,9, 10,10, dan 11,11) yang mencapai puncaknya pada 12 Desember, selalu menawarkan ribuan iklan menarik untuk membeli produk tersebut. lama.

Berdasarkan hasil Kajian NielsenIQ, nilai transaksi selama Harbolnas (12.12) hanya berhasil meningkat 56% menjadi Rp. 18,1 Triliun pada tahun 2021 kemarin. Tak heran, beberapa jung teknologi pun memanfaatkan musim ini untuk mendapatkan seri smartphone terbaru dengan harga lebih murah.

Tapi, benarkah membeli ponsel baru saat obral justru lebih murah dari biasanya?

Berdasarkan hasil pencarian iPrice berjudul “Ingin Beli Smartphone dengan Harga Termurah? Tidak harus selama dua hari, ini adalah studi“Mencari jawaban untuk menemukan waktu yang tepat untuk mendapatkan smartphone dengan harga yang sangat murah.

Kajian ini dilakukan dengan menganalisis harga lama lebih dari 60.000 produk smartphone yang tersedia di daftar iPrice Indonesia selama penjualan online teraktif, 16 Juli hingga 31 Desember 2021.

Hasil survei iPrice ini cukup mengejutkan. Pesta belanja online bukanlah waktu yang tepat untuk membeli HP dengan harga yang sangat murah.

Kapan waktu terbaik untuk membeli HP dengan harga lebih murah.  (iPrice)
Kapan waktu terbaik untuk membeli HP dengan harga lebih murah. (iPrice)

Juli adalah bulan terbaik untuk membeli ponsel baru

Data menunjukkan bahwa 23 Juli adalah saat harga smartphone mencapai harga mid-range terendah, sekitar Rp. 3,3 juta. Bulan ketujuh ini juga merupakan bulan terbaik untuk mendapatkan impian impian Anda dengan harga bulanan terendah, Rp. 3,45 juta saja.

Oktober adalah bulan yang harus dihindari saat berencana mengganti ponsel. Sejak awal September, harga rata-rata smartphone telah meningkat.

Peningkatan ini memuncak pada 2 Mei dengan rata-rata Rp 3,9 juta. Hal ini pula yang membuat harga rata-rata smartphone pada Oktober 9% lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan lainnya, mencapai Rp3,79 juta.

Kapan waktu terbaik untuk membeli HP dengan harga lebih murah.  (iPrice)
Kapan waktu terbaik untuk membeli HP dengan harga lebih murah. (iPrice)

Jadi, Kapan waktu diskon atau diskon, kapan Harga HP tersedia?

Dari lima diskon bulanan yang selalu Anda nantikan, periode diskon mana yang memberi Anda hadiah terbaik untuk membeli smartphone? Puncak festival belanja online, Harbolnas, mungkin yang terlintas di benak kita.

Namun data mengungkapkan, One Day atau 11.11 adalah yang menawarkan harga terendah untuk smartphone, yakni sekitar Rp. 3,55 juta. Harbolnas berada di urutan kedua dengan harga RP. 3,61 juta. Disusul dengan periode diskon 8,8, 9,9, dan 10,10 dengan rata-rata harga masing-masing hingga 3,67 juta, Rp3,74 dan 3,88 juta.

Dengan ribuan diskon, voucher pembelian dan pengembalian dana yang ditawarkan selama kampanye dua hari, tampaknya mudah untuk percaya bahwa harga terendah untuk smartphone kelas menengah berada dalam lima kali diskon.

Bahkan, rata-rata harga smartphone justru mempengaruhi angka terendah pada 23 Juli yang termasuk sebagai hari non-jualan.

Tak hanya itu, setiap bulannya harga smartphone mid-range termurah pun tak turun saat diskon lho! Hanya September lalu, kamu bisa hemat hingga Rp250 ribu atau 8,08% jika membeli smartphone tanpa diskon (weekdays).

Kapan waktu terbaik untuk membeli HP dengan harga lebih murah.  (iPrice)
Kapan waktu terbaik untuk membeli HP dengan harga lebih murah. (iPrice)

Jadi, apakah periode penjualan dua hari merupakan strategi untuk mendorong penjualan dan lebih banyak lalu lintas?

Seperti biasa, masa diskon untuk hari kembar ini tidak jauh berbeda dengan diskon yang dilakukan toko-toko biasa. Menyusul penurunan harga selama periode diskon ini, telah terjadi kenaikan harga yang signifikan selama 2 hingga 7 hari sebelum dimulainya periode perdagangan.

Misalnya, pada September tahun lalu, harga HP terus naik sekitar 10% atau Rp. 279 ribu, selama satu minggu sebelum masa diskon 9.9 dimulai dan telah terjadi penurunan harga satu hari setelah masa diskon berakhir.

Pola ini juga bisa dilihat saat penjualan hari kembar lainnya. Pada bulan Agustus, harga naik menjadi 6,2% atau setara dengan Rp229 ribu pada tanggal 6 Agustus dan hanya turun 0,06% menjadi positif 8,8. Pola yang sama juga terlihat saat diskon pada bulan Oktober, November dan Desember.

Jadi jangan terburu-buru untuk membeli sesuatu untuk diskon!

Itulah hasil survei dari iPrice yang menemukan waktu terbaik untuk membeli HP dengan harga lebih murah. Tidak selama di pusat kota kembar.



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/14/162218/kapan-waktu-terbaik-beli-hp-dengan-harga-termurah-bukan-di-tanggal-kembar


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news