Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini adalah penyebab utama sekring mesin yang sering putus padahal baru saja diganti

Sekering normal (kiri) dan sekering inspirasi (kiri) dideteksi dengan melihat cahaya di tempat yang terang.

Nurul

Sekering normal (kiri) dan sekering inspirasi (kiri) dideteksi dengan melihat cahaya di tempat yang terang.

Kelasmekanik.com – Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama sekring motor sering putus padahal baru saja diganti.

Sekering mesin inspirasi harus segera diganti oleh pemiliknya agar sistem kelistrikan mesin kembali normal.

Bagi yang belum tahu, sekring atau fuse berguna sebagai pelindung komponen kelistrikan di dalam mobil jika terjadi korsleting.

Namun ada kalanya sekring putus dan diganti dan tidak butuh waktu lama untuk menelpon kembali.

Baca Juga : Bisa Pecah Cakram Motor Saat Dipakai, Ini Penyebabnya

Menurut Agung Prayitno, produsen mesin mekanik bengkel sepeda motor JGP di kawasan Cidodol Jakarta Selatan, ada beberapa faktor yang menyebabkan sekring yang baru diganti bisa dibuka kembali.

“Pertama, periksa dulu bagian sekring mana yang sering proteksi. Misalnya sekring sering dikaitkan dengan klakson atau lampu sein, sering ada masalah di sirkuitnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, sebaiknya sekring di dalam mesin meledak, sebelum mengganti sekring yang putus dengan yang baru, pastikan tidak ada gangguan listrik pada sekring yang mati.

“Seringnya sekring putus karena ada sambungan kabel yang rusak dan terjadi korsleting. Hal ini bisa terjadi jika pemilik sepeda motor melakukan penyesuaian pada power supply,” tambah Agung.

Baca Juga: Ini Beberapa Kerusakan Biasa Pada Cakram Sepeda Motor



Sumber Artikel: https://www.gridoto.com/read/223176744/ini-penyebab-utama-sekring-motor-sering-putus-padahal-baru-diganti