Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari tahu apa itu E-Wallet dan Manfaatnya untuk Perubahan Web

Gambar dompet elektronik. (Pixabay)

Kelasmekanik.com – Kata E-Wallet pasti sudah sering terdengar. Sistem E-Wallet sedang naik daun di era digital seperti sekarang ini. Tapi tahukah Anda apa itu E-Wallet?

E-Wallet adalah layanan dompet digital untuk menerima uang, melakukan pembayaran secara elektronik, dan mencatat setiap transaksi yang dilakukan.

Dompet digital ini berbentuk aplikasi yang memungkinkan Anda bekerja cepat, offline dan online. Kehadiran E-Wallet sendiri dinilai mampu memberikan efek positif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan sistem E-wallet ini, Anda dapat menyetor sejumlah uang ke akun E-wallet Anda.

Uang tersebut nantinya bisa langsung digunakan untuk membeli dari merchant yang telah bermitra dengan pembuat E-wallet. Di Indonesia sendiri terdapat banyak penyedia layanan e-wallet, seperti Go-Pay, OVO, Dana, dan LinkAja.

Tanpa kita sadari, kita sering menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti membeli pulsa, membayar listrik, membeli makanan.

Gambar dompet elektronik.  (Pixabay)
Gambar dompet elektronik. (Pixabay)

Dengan kemudahan dan manfaatnya, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan lebih dari satu e-wallet.

Manfaat E-Wallet

  1. Tanpa uang tunai
    Pada tahun 2014, Bank Indonesia membentuk Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang bertujuan agar masyarakat lebih sadar akan transaksi non keuangan. Selain efisien dan nyaman, transaksi non finansial dapat mempermudah pengelolaan keuangan.
  2. Banyak promo
    Ada berbagai promo seperti diskon atau hadiah uang tunai yang bisa kamu manfaatkan. Beberapa alat menyediakan sistem data untuk setiap penjualan yang dapat Anda tukarkan dengan hadiah menarik.
  3. Permudah pencatatan transaksi
    Karena bersifat elektronik, Anda akan lebih mudah mengetahui pengeluaran Anda.
  4. Lebih aman
    E-wallet dianggap aman selama Anda menyimpan akun, kata sandi, dan tidak memberikan OTP kepada pihak lain. Tentunya Anda tidak perlu lagi panik saat dompet tertinggal, karena dompet digital masih bisa digunakan.
  5. Itu dapat melakukan interaksi yang berbeda
    Fitur dan layanan e-wallet semakin lengkap sehingga memudahkan dalam bertransaksi, baik untuk pembelian, investasi maupun pemberian hibah. Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat membelanjakan uang untuk e-wallet. Menurut berbagai penelitian yang salah satunya dijalankan oleh CNBC, interaksi jaringan seringkali berujung pada kerusakan yang lebih parah. Ini karena Anda tidak melihat atau mendengar uang yang dihabiskan.
  6. Hindari Uang Buatan
    Salah satu manfaat E-Wallet adalah dapat mengurangi peredaran uang palsu. Setiap transaksi digital, pembeli dan penjual juga tidak perlu mempertimbangkan perubahan karena E-wallet dapat mengurangi jumlah ke beberapa lokasi tergantung pada jumlah pembayaran.

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu e-wallet. Meskipun aman untuk menghemat uang, adalah ide yang baik untuk berhati-hati saat menggunakannya. Lindungi akun Anda dan jangan bagikan atau pinjamkan kepada siapa pun.

Asisten: Pasha Aiga Wilkins



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/03/02/112942/mengenal-apa-itu-e-wallet-dan-manfaatnya-untuk-transaksi-online