Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghidupkan Ponsel Mati (Semua Metode)

Handphone atau HP adalah sesuatu yang saat ini sangat penting dan bisa dikatakan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. HP sangat penting karena alat ini merupakan tempat atau tempat untuk berkomunikasi dan menjadi sumber informasi.

Perkembangan dunia teknologi, juga membuat HP tumbuh lebih cepat. Contohnya HP versi terbaru atau biasa disebut smartphone (ponsel pintar) kini lebih canggih dan memiliki fitur sliding lebih banyak.

Namun selain itu, terkadang ada masalah yang sering dihadapi pengguna HP. Misal, HP mati total dan sulit dipulihkan. Ketika Anda mengalami masalah ini, tentu tidak akan mudah, apalagi jika ponsel mati berisi informasi penting tentang pekerjaan atau bisnis.

Penyebab HP Mematikan

Penyebab penyakit HP sebenarnya berbeda-beda, tetapi sebenarnya terjadi karena masalah hardware atau masalah sistem (software) HP. Kedua masalah ini bisa terjadi di semua jenis panggilan dan di semua jenis panggilan lho.

Untuk mengetahui beberapa penyebab penyakit HP complete adalah sebagai berikut :

  1. Ada masalah dengan sistem.
  2. HP-nya sudah sangat tua.
  3. Telepon terlalu panas.
  4. HP mengandung virus.
  5. Perangkat atau perangkat lunak yang diinstal dengan benar.
  6. Baterai hilang atau rusak.
  7. Konektor baterai bermasalah.
  8. IC Daya HP rusak.
  9. Biaya yang salah.
  10. Perbaikan yang salah (jika Anda telah melakukan servis).
  11. Ada kerusakan fisik (bagian).
  12. Dan seterusnya.

Cara Mengkonversi HP Paling Mati

Membuka kunci HP yang mati secara tuntas tentunya ada banyak pilihan yang bisa kamu coba. Karena tentunya beda masalah dan beda solusi. Namun, Anda dapat mencoba metode yang telah kami cantumkan di bawah ini untuk membuka kunci HP yang mati total.

Anda harus mencoba ini sebelum Anda membawa ponsel mati ke pusat layanan. Karena terkadang HP mati total, hanya bisa diatasi dengan memperbaiki sistem atau menggunakan saja peretasan hidup mudah. Sekarang, Anda ingin tahu bagaimana melakukannya? Yuk, baca review ini sampai habis!

Coba isi daya Baterai

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan ponsel Anda aktif. Jadi, bukan berarti mati total karena daya baterainya, kan? Karena baterai kosong ini, ponsel tidak akan hidup meskipun Anda menekan tombol daya berulang kali.

Terkadang di suatu tempat Anda tahu, baterai lama cenderung memiliki kekurangan seperti HP tiba-tiba mati. Untuk mengatasi masalah ini, tolong mengenakan biaya Baterai HP Anda terlebih dahulu dan tunggu sampai terisi penuh. Jika sudah, silahkan coba upgrade HP Anda.

Namun, jika HP terlalu panas (extreme heat) tidak mengenakan biaya, segera cabut ponsel Anda dan jangan lanjutkan pengisiannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah yang lebih serius.

Menggunakan Pengisi Daya Desktop (Lainnya)

Anda juga dapat mengisi daya baterai menggunakan pengisi daya komputer. Pengisi daya ini dapat digunakan untuk mengisi daya selain casing ponsel. Pengisi daya jenis ini dirancang untuk ponsel yang baterainya habis. Ini bisa menjadi pilihan lain jika ponsel Anda bermasalah dengan port konektor pengisi daya.

Kemudian, untuk menanam baterai, Anda bisa menggunakan cara ini. Tetapi Anda harus melepas casing dan melepas baterai yang dimasukkan ke ponsel Anda terlebih dahulu, dan untuk mengisi baterai yang dimasukkan Anda memerlukan pengisi daya komputer jenis khusus.

Berikut cara mengisi baterai HP menggunakan charger komputer:

  1. Pertama, silakan keluarkan baterai dari ponsel Anda terlebih dahulu.
  2. Jika demikian, silakan pasang baterai ke pengisi daya komputer.
  3. Selanjutnya, pastikan terhubung dengan benar, sehingga daya masuk ke baterai.
  4. Tunggu hingga baterai terisi penuh.
  5. Selanjutnya, coba sambungkan kembali di ponsel Anda, lalu coba hidupkan sel mati.

Coba tes baterai lain

Jika ponsel Anda benar-benar hilang karena kerusakan baterai, biasanya akibat daya baterai yang sangat rendah (Anda dapat memeriksa dengan multimeter). Tentu saja untuk sinyal baterai, seringkali sebelum mati total, sinyal seperti HP langsung mati, tapi bisa dibuka kembali.

Sebelum mengganti baterai, Anda disarankan untuk memeriksa telepon Anda dengan baterai HP lain yang kompatibel. Nah, jika sudah mencoba menggunakan baterai lain, dan sudah terbukti penyebab hp mati total karena baterai rusak, maka solusinya adalah mengganti baterai HP dengan yang baru.

Kami merekomendasikan mengganti baterai asli, tentu saja. Untuk membuat masa pakai baterai lebih tahan lama.

Flashing Ulang Sistem HP

Shine adalah metode yang digunakan untuk memodifikasi atau memulihkan sistem Android yang rusak atau rusak. Seringkali ponsel yang mati total karena masalah sistemik akan menyala kembali dengan mengganti sistem standar yang baru.

Untuk melakukan flashing, Anda memerlukan bantuan perangkat komputer atau laptop. Selain itu, Anda juga membutuhkan file sistem yang akan digunakan untuk menggantikan sistem HP yang mati total. Nah, cara melakukannya sendiri berbeda-beda tergantung jenis dan tipe ponsel Anda.

Jadi disini kami tidak menjelaskan secara detail proses menyalakan sistem HP karena sebenarnya HP yang bermasalah atau mati total itu berbeda, dan cara mengkilatnya juga berbeda. Bahkan, Anda dapat menemukannya secara online.

Anda dapat menemukannya dengan mencari menggunakan kata kunci “Cara Flash ponsel Anda (sumber ponsel Anda)” di Google atau Youtube. Jadi dengan ini Anda akan dapat menemukan cara paling nyaman untuk menggunakan ponsel yang akan Anda nyalakan.

Lakukan Reset Pabrik

Langkah selanjutnya adalah melakukan restart pada HP yang mati total. Anda bisa mencoba cara ini jika ponsel Anda masih bisa digunakan untuk mengakses menu Bagaimana memulihkan kamu lakukan Proses boot berulang dalam menu. Karena Anda Proses boot berulang maka Anda masih memiliki kesempatan untuk memulihkan ponsel Anda tanpa kehilangan data.

Ya, untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, pastikan ponsel Anda dalam keadaan baik. Jika tidak, silahkan charge terlebih dahulu sampai penuh.
  2. Jika demikian, silakan masuk ke menu Bagaimana memulihkan ke HP-mu.
  3. Cara mencari cara recovery tiap tipe berbeda-beda, anda bisa mengetahui jika online sesuai dengan tipe HP anda.
  4. Anda dapat mencoba menekan tombol campuran Tombol power + Baris secara bersamaan dan tahan beberapa saat hingga masuk ke menu “Recovery”. Kunci kombinasi ini adalah yang paling banyak digunakan.
  5. Jika Anda telah menginstal mode pemulihan, silakan pilih opsi Kembalikan pabrik.
  6. Lalu pilih Yasekarang Hapus Semua Detail Pengguna.
  7. Tunggu hingga proses selesai. Jika demikian, silakan pilih opsi Reboot Sistem Sekarang.

Hapus file dan data cache (pemulihan)

Tanpa melakukan pabrik bocha Di atas, Anda dapat memilih metode lain, yaitu dengan menghapus file data dan cache dalam mode pemulihan. Cara ini digunakan untuk menghapus data dan file cache dari ponsel yang mati total agar bisa dipulihkan kembali.

Nah, berikut cara membuatnya:

  1. Silakan masukkan metode pemulihan menggunakan metode yang saya jelaskan di atas.
  2. Jika sudah menginstal Recovery Mode, silahkan pilih menu Menghapus.
  3. Selanjutnya, pilih Hapus data le Hapus Cache.
  4. Tunggu hingga proses pembersihan data dan cache selesai.
  5. Setelah itu, silakan matikan ponsel Anda dalam mode Recovery.
  6. Jika sudah, silahkan coba restart HP Anda.
  7. Semoga beruntung.

Proses ini biasanya memakan waktu lama, jadi Anda harus bersabar untuk berhenti dan berusaha untuk tidak menyentuh tombol sembarangan agar tidak gagal saat proses.

Bawa ke Service Center

Jika Anda sudah mencoba semua cara yang tertera di atas, namun belum juga bisa memasang ponsel mati total, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada perangkat HP Anda. Jadi, Anda harus memperbaikinya di pusat layanan.

Selalu pertimbangkan untuk memperbaiki ponsel Anda di Service Center resmi, karena service center resmi akan menyediakan peralatan dasar untuk mengganti perangkat keras yang rusak. Waktu perbaikan bervariasi, tergantung pada sifat masalah dan jenis kerusakan.

Biaya layanan juga bervariasi, tetapi jika ponsel Anda masih dalam masa garansi, Anda sebenarnya bisa mendapatkan layanan gratis. Tentunya jika tidak dalam masa garansi dan biaya perbaikannya mahal dan tidak jauh berbeda dengan membeli ponsel baru, sebaiknya kembalikan ponsel baru tersebut.

Kata terakhir

Itu tadi tips yang bisa kami bagikan tentang cara unlock hp mati total. Memperbaikinya mudah dan sulit, tergantung titik kerusakannya. Biasanya jika kerusakan sistem mudah diatasi dengan flash atau perbaikan sistem seperti yang disebutkan di atas.

Tetapi ketika datang ke perangkat keras, Anda benar-benar harus mengerjakan dan mengganti bagian yang rusak. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-menghidupkan-handphone-yang-mati-total/


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news