Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mendapatkan tipe NET Framework di Laptop/PC Windows

.NET Framework atau lebih dikenal dengan Dot NET adalah software yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa pemrograman lain yang ditulis ke dalam program yang dikelola. Jadi, .NET Framework sangat penting ketika kita ingin menjalankan game atau game berbasis Windows.

.NET Framework saat ini memiliki versi Windows yang berbeda. Seringkali versi baru Dot NET, adalah kompatibilitas tertinggi. Untuk itu perlu diketahui jenis NET Framework agar perangkat dapat bekerja dan tidak terjadi error seperti : aplikasi tidak dapat dimulai dengan benar.

Perangkat dengan fitur unik terkadang mengharuskan kita untuk menginstal NET Framework terbaru dan akurat. Selain itu, NET Framework juga terus diperbarui dari waktu ke waktu, yang mengharuskan kami untuk memutakhirkan program.

Cara Mendapatkan Versi .NET Framework

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa mengetahui versi NET Framework sangat penting, terutama untuk memastikan bahwa komputer atau laptop telah menginstal perangkat lunak ini atau tidak. Untuk memperbarui program NET Framework Anda juga perlu mengetahui versi Dot NET yang saat ini diinstal pada Windows.

Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengecek tipe NET Framework. Nah dari sini kami akan memberikan tutorial cara mendapatkan tipe NET Framework. Yuk, intip ciri-cirinya di bawah ini!

Masuk ke Panel Kontrol

Ada beberapa versi .NET Framework yang bisa dilihat di Control Penel. Dot NET yang paling sering terlihat adalah versi yang lebih lama (4.5 dan di bawah). Nah, proses scanning juga sangat sederhana dan mudah dilakukan, karena Anda hanya perlu membuka bagian kontrolnya saja.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposisi Windows + R.
  2. Selanjutnya, ketik panel kendali lalu tekan Enter.
  3. Jika halaman “Control Panel” sudah terbuka, silakan masuk ke menu Hapus Program.
  4. Di halaman berikutnya, silakan klik di bawah ini dan lihat aplikasinya .NET Framework.
  5. Nah, akan sering ada detail tentang jenis NET framework di sana.
  6. Tetapi jika aplikasi tidak muncul di halaman, mungkin versi aplikasi di atas 4.5, jadi tidak muncul di sana. Untuk itu silahkan lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Prompt Perintah Ka

Jika Anda telah mencoba menggunakan Control Panel untuk tidak memeriksa jenis NET Framework, tetapi tidak ada dalam daftar, Anda perlu memeriksanya dengan Command Prompt. Dengan CMD ini saya pastikan hasilnya akurat bahkan untuk semua jenis Dot NET.

Proses untuk mengevaluasi NET Framework di CMD adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan buka Run dengan menekan tombol Composite Windows + R.
  2. Selanjutnya, ketik cmd di bagian Buka lalu klik OK.
  3. Jika demikian, Command Prompt akan terbuka, masukkan perintah reg pertanyaan “HKLM SOFTWARE Microsoft Net Framework Setup NDP v4” / s lalu tekan Enter.
  4. Tunggu sebentar, dan Anda dapat melihat bahwa dalam Versi di bawah versi NET Framework akan muncul di komputer Anda.
  5. Ini sudah berakhir.

Dengan File Explorer

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tipe NET Framework adalah melalui File Explorer. Tentu saja, biasanya ada folder instalasi untuk Dot .NET, dan Anda dapat membuka kemungkinan untuk mengetahui jenis .NET Framework apa yang diinstal pada perangkat Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan buka Run dengan menekan tombol Composite Windows + R.
  2. Selanjutnya, ketik C:WindowsMicrosoft.NETFramework.
  3. Nah, untuk “C:” silahkan, ubah saja dengan nama partisi perangkat Anda. Jika demikian, silakan klik Memasuki.
  4. Setelah itu, halaman lokasi akan terbuka, dan akan muncul jendela Framework. saya mohon padamu klik dua kali dalam folder yang menunjukkan nomor tipe tertinggi.
  5. Di halaman selanjutnya, silahkan cari filenya Aksesibilitas.dll. Setelah tersedia, silakan klik kanan dan pilih Barang-barang.
  6. Jika sudah, akan terbuka halaman baru, silakan buka tab Catatan di bagian atas halaman.
  7. Setelah dibuka, halaman tersebut akan menampilkan berbagai detail tentang .NET Framework yang terinstal di PC Anda.
  8. Anda dapat memeriksa jenis Produk untuk versi yang diinstal Dot NET.

Menggunakan Powershell

Windows Powershell adalah salah satu perangkat bawaan Microsoft yang fungsinya hampir sama dengan Command Prompt. Kemudian, di sini Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa jenis NET Framework yang diinstal pada perangkat Anda dengan perintah khusus di Powershell.

Berikut beberapa faktanya:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Selanjutnya, ketik Powershell lalu tekan Enter.
  3. Jika sudah, maka halaman Powershell akan terbuka. Silakan masukkan perintah Get-ChildItem ‘HKLM: SOFTWARE Microsoft NET Framework Setup NDP’ -Recurse | Get-ItemProperty -Nama versi -EA 0 | Moo {$ _. PSChildName -Match ‘^ (?! S) p {L}’} | Pilih PSChildName, ketik.
  4. Pastikan Anda memasukkan perintah dengan benar ya, Jika sudah, silakan tekan Enter.
  5. Tunggu hingga Windows Powershell meluncurkan daftar versi .NET Framework yang diinstal di laptop atau komputer Anda.
  6. Tidak, angka tertinggi pada daftar yang muncul adalah versi terbaru dari program Dot NET yang tersedia di perangkat Anda.
  7. Setelah selesai, silakan tutup jendela Powershell.

Dengan Editor Registri

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tipe NET Framework adalah melalui Registry Editor (Regedit). Di Regedit ada registrasi NET Framework yang diinstal pada perangkat Anda, dan di sana Anda dapat melihat versi Dot NET secara singkat.

Prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan buka Run dengan menekan tombol Composite Windows + R.
  2. Selanjutnya, ketik Regedit lalu klik OK.
  3. Jika demikian, halaman Registry Editor akan terbuka. Silakan pergi ke paket HKEY_LOCAL_MACHINE> PERANGKAT LUNAK> Microsoft> NET Framework Setup.
  4. Setelah itu silahkan buka foldernya NDP di bagian itu.
  5. Di sana Anda dapat melihat folder .NET Framework kecil yang menunjukkan jenis perangkat lunak.

Anda hanya dapat melakukan langkah-langkah yang telah kami sebutkan di atas untuk memeriksa .NET Framework versi 1 hingga versi 4. Namun, jika Anda ingin memeriksa .NET Framework versi 4.5 ke atas, Anda memerlukan beberapa langkah tambahan sebagai berikut:

  1. Buka Registry Editor dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  2. Kalau sudah buka, silahkan buka bukunya HKEY_LOCAL_MACHINE> PERANGKAT LUNAK> Microsoft> NET Framework Setup> NDP> v4.
  3. Setelah itu silahkan buka foldernya penuh.
  4. Di sana Anda akan melihat jenis Kerangka yang diinstal pada perangkat Anda.
  5. Namun jika tidak ada folder Complete di dalamnya, berarti laptop atau PC Anda belum terinstall versi .NET Framework versi 4.5 atau versi terbaru.

Selain itu, Anda dapat memeriksa file rilis seperti yang ditunjukkan di atas, karena ada nilai DWORD, di mana nilainya mewakili angka yang menunjukkan jenis NET Framework. Untuk memastikan jenis program memiliki standar yang dapat Anda baca “.NET Framework versi dan janji” pada halaman Microsoft.

Contoh Kualitas:

nilai DWORD Terjemahan Program
394802 .NET Framework 4.6.2
460798 .NET Framework 4.7
528372 .NET Framework 4.8

Gunakan Detektor Versi Asoft NET

Namun semua cara di atas merupakan cara manual untuk mengetahui jenis .NET Framework apa yang terinstall di laptop atau PC Windows 10. Selain itu, ada cara lain yang sederhana dan mudah, yaitu dengan menggunakan tool ASoft NET Version Detector.

Ya, bisa dikatakan mudah untuk menentukan jenis NET Framework yang terinstal, namun bukan berarti kita tahu apakah Dot NET yang terinstal sudah lengkap atau belum, dan apakah kita sudah menggunakan yang terbaru atau belum. terjemahan.

Untuk itu kami juga menyarankan Anda menggunakan alat ASoft NET Version Detector untuk menentukan jenis Framework yang diinstal atau tidak. Tidak, perangkat akan muncul lagi Dot NET yang perlu diperbarui.

Cara menggunakan tool ini juga mudah, karena bersifat portable, jadi anda hanya perlu mendownload ASoft NET Version Detector kemudian tinggal menjalankan programnya.

Kata terakhir

Mungkin cukup sekian pembahasan kita tentang cara mendapatkan versi NET Framework di Windows 10. Semoga semua cara yang kami uraikan diatas dapat membantu dan mempermudah anda jika perlu mengetahui versi mesin Dot NET milik anda.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengetahui-versi-net-framework/


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news