Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki sistem yang tidak tersedia di OS Windows

Apakah komputer atau laptop tidak sengaja salah? meskipun itu masih berjalan dengan baik? Ya, kesalahan komputer atau laptop sering terjadi atau sering dilihat oleh pengguna Windows. Error tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena masalah OS, virus atau malware, masalah hard disk, dan lain sebagainya.

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna Windows adalah pesan error “Operating system not available. Press Ctrl+Alt+Delete to restart”. Nah, pesan kesalahan ini sering muncul dan membuat komputer tidak dapat menginstal sistem Windows, dan itu selalu terjadi.

Kesalahan Sistem operasi tidak menemukan dirinya dalam situasi di mana komputer atau laptop gagal mengembalikan sistem operasi ke hard disk. Ini, baik karena perangkat keras yang rusak, atau masalah BIOS juga dapat menyebabkan masalah ini.

Cara Mengatasi Sistem Operasi yang Tak Tertandingi

Masalah sistem operasi yang tidak teridentifikasi dapat diselesaikan selama tidak ada kerusakan serius pada perangkat keras. Bagaimana? Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan BIOS, dengan CMD, atau dapat dilakukan lagi dengan memperbaiki sistem. Untuk mengetahui caranya, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Lihat Pengaturan BIOS

Basic Input System atau yang lebih umum dikenal dengan BIOS adalah sebuah antarmuka pemrograman yang memiliki fungsi untuk mengatur fungsi perangkat keras atau hardware pada laptop atau komputer Anda. Alternatifnya, BIOS juga bisa mengatasi sistem operasi yang tidak tersedia, lho.

Ada dua pengaturan BIOS yang perlu Anda atur di sini, boot pertama dan boot. Keduanya memiliki fungsinya masing-masing dan sebenarnya bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah sistem operasi yang tidak tersedia. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur posisi boot dan boot:

# 1. Tetapkan Nilai Boot

Boot Priority adalah menu konfigurasi yang tersedia di BIOS dan dapat mengatur penyimpanan perangkat yang akan dimuat dan dijalankan sebelumnya. Misalnya, ada beberapa hard drive di laptop atau komputer dan salah satunya memiliki sistem dan perangkat lunak.

Jadi dengan Boot Priority anda bisa mengatur booting pertama harddisk dengan system dan software ke nomor 1. Berikut cara setting Boot Priority :

  1. Restart komputer atau laptop Anda.
  2. Kemudian masuk ke BIOS dengan menekan F1/F2/DEL/F12 berulang kali (centang layar).
  3. Lihat Pengaturan boot.
  4. Tempatkan posisi boot pertama (urutan disk) dengan sistem di atas.

# 2. Letakkan Boot di Boot Legacy

Terkadang masalah sistem operasi tidak terdeteksi karena beberapa sistem Windows tidak bekerja secara normal dengan mode UEFI. Jadi, menetapkan standar untuk Legacy sering kali memecahkan masalah. Berikut cara menyetel boot pada boot Legacy:

  1. Pertama, restart komputer atau laptop Anda
  2. Kemudian masuk ke BIOS dengan menekan F1/F2/DEL/F12 (lihat screenshot)
  3. Lihat pengaturan UEFI atau yang serupa
  4. Silakan beralih ke Legacy
  5. Silakan simpan pengaturan dan mengulang kembali

Perbaiki Boot dengan CMD

CMD adalah singkatan dari Command Prompt. Istilah “Command Prompt” dapat didefinisikan sebagai perintah DOS yang diberikan secara tertulis. Dengan CMD, Anda dapat mengakses komputer seperti yang Anda lakukan dengan penjelajah Windows.

  1. Konfigurasi media instalasi Windows (DVD atau USB).
  2. Mulai media instalasi dan pilih opsi Perbaiki Komputer Anda.
  3. Kemudian, akses Pemilu Pertama dan pembukaan Prompt Perintah.
  4. Ketuk perintah bootrec / rekondisibcd lalu tekan Enter.
  5. Tunggu prosesnya sampai MBR Windows terdeteksi.
  6. Ketuk Y untuk memasukkan MBR dalam daftar boot.
  7. Jika sudah, silahkan restart komputer atau laptop anda.

Bagaimana memperbaikinya

Sistem perbaikan pada komputer atau komputer Anda memiliki peran dalam proses pemulihan.Jika komputer atau komputer Anda gagal untuk memulai, dengan perbaikan Anda dapat memperbaiki dan memulihkan sistem yang memiliki masalah umum juga.

  1. Silakan mulai media instalasi Windows (DVD atau USB).
  2. Jika Anda sudah berada di jendela instalasi, silakan pilih Bahasa dan pilih Opsi lanjutan.
  3. Pemilihan akan muncul Perbaikan otomatissilahkan pilih dan jalankan seleksinya.
  4. Tunggu prosesnya, karena memperbaiki sistem bisa cepat atau lambat.
  5. Ini sudah berakhir.

Virus murni

Masalah umum dan umum pada laptop atau komputer sedang diserang oleh virus berbahaya. Hal ini mengakibatkan laptop beroperasi, file hilang atau hilang, hard disk dan RAM rusak, dan banyak lagi. Masalah yang terkait dengan sistem operasi yang tidak dapat diakses juga dapat disebabkan oleh virus.

Langkah-langkah membersihkan virus

  1. Copot dan pasang pembersih virus. Di sini kami merekomendasikan menggunakan Malwarebytes. Anda dapat mengunduhnya di sini.
  2. Setelah itu silahkan install virus cleaner seperti halnya proses instalasi secara umum.
  3. Jika demikian, silakan buka perangkat.
  4. Kemudian scan dan tunggu sampai daftar virus terdeteksi.
  5. Anda kemudian dapat membongkar virus atau menghapusnya segera.
  6. Ini sudah berakhir.

Periksa status Hard Disk

Langkah selanjutnya adalah mengecek kondisi hardisk yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan hard drive sebagai penyimpanan sistem, periksa masalah atau bagian yang rusak dari hard drive Anda. Anda bisa mengeceknya hanya dengan menggunakan software, misalnya menggunakan HDD Sentinel atau HD Tune.

Namun, bagaimana jika hard drive tampak rusak? Kami menyarankan untuk mengganti hard drive yang rusak dengan hard drive baru. Ya, meski terkadang harddisk lama masih bisa diperbaiki dan digunakan kembali. Namun kecepatan baca harddisk akan menurun, sehingga komputer atau laptop anda akan menjadi lambat.

Terkadang mudah dan terkadang tidak. Tetapi selama tidak ada kerusakan perangkat keras yang serius, mode pesan kesalahan default dapat diperbaiki. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang telah kami tulis. Sekian dari kami dan terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-operating-system-not-found/


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news