Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Manual dan Manual

Indeks sering diperlukan untuk dokumen yang sangat panjang atau kompleks, seperti komentar, saran, makalah, karya ilmiah, publikasi, dan jenis dokumen lainnya.

Dengan checklist, pembaca akan lebih mudah membaca bagian tertentu dari teks. Karena pada umumnya sebuah berita memiliki judul atau subjudul dan nomor halaman.

Bagi anda yang ingin membuat daftar, dibawah ini kami telah menyiapkan 2 cara membuat daftar di Word sendiri dan secara manual. Metode di bawah ini berlaku untuk semua versi Microsoft Office, mulai dari tahun 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, dan Office 365.

Cara Membuat Daftar Kata Independen di Word

Daftar otomatis ini sangat penting jika Anda memiliki dokumen Word dengan banyak halaman. Apalagi jika dokumen tersebut juga memuat pembahasan yang terbagi dalam beberapa topik dan subjudul.

Tentunya bagi anda yang ingin membuat daftar sendiri di dalam Word, berikut ini sudah kami siapkan lengkap langkah-langkahnya. Pastikan Anda membaca setiap langkah dengan seksama, agar nantinya tidak ada kesalahan dalam melakukannya.

1. Buat Subjek dan Subtitle Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat tabel konten otomatis di Word adalah membuat tema dan subtitle terlebih dahulu. Karena tanpa judul atau subjudul, daftar otomatis tidak dapat dibuat.

Untuk cara melakukannya, silahkan batasi teks yang akan Anda buat sebagai judul atau subjudul. Selanjutnya, pilih level tema di tab Beranda. Di situlah Anda dapat memilih Pasal 1 (Subjek), Pasal 2 (subjudul), le Pasal 3 (catatan kaki).

Ulangi di atas untuk judul dan subjudul di dokumen Word Anda! Pastikan juga untuk mengatur judul judul dan subtitle dengan benar, agar nantinya daftar terlihat rapi dan mudah dibaca.

2. Buat Halaman Kustom untuk Daftar Isi

Setelah Anda selesai mengatur judul dan subjudul, silakan buat halaman kosong yang nantinya akan digunakan untuk melengkapi daftar. Pada umumnya daftar isi di bagian atas halaman sebelum memasuki pembahasan dokumen.

Untuk menambahkan halaman baru, letakkan kotak pengetikan Anda di bagian atas halaman atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Buka tab Kenyalalu klik Opsi Halaman kosonghalaman baru yang kosong akan muncul.

3. Buatlah Daftar Isi

Sekarang judul dan halaman kustom untuk daftar sudah siap, saatnya membuat daftar isi di Word Anda. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur-fiturnya Daftar isi ka tab Referensi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Letakkan kotak pengetikan pada halaman kosong tadi.
  2. Buka tab Referensi.
  3. Klik opsi Daftar isi.
  4. memilih Tabel 1 Otomatis atau Tablet Otomatis 2 untuk membuat daftar isi secara otomatis.

Setelah itu, daftar isi akan segera muncul pada halaman yang menunjukkan setiap judul, subjudul dan nomor halaman judul. Jadi Anda tidak perlu menyerahkannya lagi.

4. Perbarui Daftar Isi

Jika Anda melakukan perubahan setelah buletin diatur, baik itu tunduk pada judul, mengubah teks, menambahkan konten, menambahkan topik baru, dll., maka Anda harus memperbarui daftar topik yang Anda buat.

Memperbarui buletin, sangat mudah! Pertama, silakan klik tiga titik di sudut kiri atas daftar untuk memilihnya. Selanjutnya, tekan tombol Perbarui daftar yang muncul di dekat tiga titik.

Selanjutnya, Anda akan menemukan jendela pop-up dengan 2 opsi berbeda, yaitu tingkatkan nomor halaman saja le perbarui seluruh tabel. Apa perbedaan antara kedua opsi tersebut?

  • Perbarui nomor halaman saja: Ini hanya akan memperbarui nomor halaman sesuai dengan perubahan yang ada.
  • Tingkatkan seluruh tabel: Ini akan memperbarui semua yang terkait dengan daftar isi, baik itu subtitle, subtitle dan nomor halaman.

Tips!
Kami selalu menyarankan untuk memilih opsi perbarui seluruh tabel agar judul, sub judul, dan nomor halaman dalam daftar tetap konsisten.

5. Mengatur Daftar Isi dalam Bentuk Tulisan

Setelah Anda menyelesaikan daftar, Anda dapat mengubah ukuran font dan ukuran font dari daftar ke tipe teks yang digunakan dalam konten dokumen Word Anda.

Untuk menggantinya, harap nonaktifkan semua item di dalam kotak atau klik tiga titik saja. Selanjutnya pilih jenisnya fonte di tab Rumahjangan lupa untuk mengatur ukuran font lagi!

Cara Membuat Daftar Isi Word

Anda juga dapat membuat daftar konten dalam dokumen Word secara manual, langkah ini biasanya dipilih ketika konten dokumen Anda tidak terlalu besar dan hanya berisi beberapa judul atau subjudul.

  1. Buka tab Referensi lalu pilih Daftar isi.
  2. Pilih opsi Tabel Manual.
  3. Ubah setiap topik dan subjudul daftar dengan memilihnya dan kemudian menyesuaikan teks sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Ubah juga nomor halaman dengan memilih dan menyesuaikannya dengan nomor halaman yang benar.

Demikian pembahasan cara membuat daftar di Word itu sendiri dan manual, silahkan pilih sesuai kebutuhan anda! Tapi kami lebih suka membuat daftar otomatis!

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-membuat-daftar-isi-di-word/


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news