Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melihat Bit Laptop (32-bit / 64-bit) di OS Windows

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak menyadari bahwa dapat melihat potongan laptop sangat penting. Pasalnya, suatu saat Anda sendiri akan membutuhkan informasi mengenai potongan laptop.

Biasanya, Anda memerlukan informasi ini ketika Anda akan menginstal Windows atau Anda perlu mengunduh sebuah program. Sistem bit sendiri sudah ada sejak lama, jadi baik laptop baru atau lama akan dibagi menjadi dua jenis, 32-bit dan 64-bit.

Lantas, bagaimana cara mengetahui apakah laptop yang Anda gunakan saat ini memiliki sistem 32-bit atau 64-bit? Anda bisa menemukan jawabannya dengan membaca ulasan di bawah ini. Mohon dibaca sampai akhir ya?

Inilah 7 Cara Melihat Bit Laptop

Sebelum memeriksa apakah laptop Anda memiliki sistem 32-bit atau 64-bit, ada baiknya Anda mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan keduanya.

Secara umum, kedua angka ini menjelaskan perbedaan kemampuan prosesor yang terpasang di laptop Anda. Jika Anda menggunakan sistem 64-bit, Anda dapat yakin bahwa laptop memiliki kemampuan yang hebat untuk memproses informasi.

Sistem operasi dan program khusus yang dapat ditambahkan ke prosesor juga akan bervariasi. Jika prosesor laptop 64-bit, Anda harus menginstal sistem kerja yang dirancang untuk sistem 64-bit.

Ketika datang untuk menambahkan bagian laptop, Anda juga harus memperbaikinya pada sistem kecil. Misalnya, laptop dengan RAM 4GB ke atas umumnya disarankan untuk menggunakan sistem 64-bit.

Untuk mengetahui sistem mana yang terpasang di perangkat Anda, coba beberapa metode dengan melihat potongan laptop berikut.

Melihat potongan laptop di komputer saya

cara mendapatkan laptop

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, Anda dapat dengan mudah melihat bagian laptop dengan My Computer atau Windows Explorer.

Berikut adalah metodenya:

  1. Tekan tombol dengan logo Windows di keyboard, ketik Penjelajah Windows lalu buka programnya.
  2. Setelah menginstal Windows Explorer, klik kanan “PC ini” atau “Komputer”. Dari sekian banyak opsi yang muncul, klik Opsi “Thepa”.
  3. Sebuah jendela baru akan muncul dan menampilkan informasi tentang jenis Windows yang diinstal pada laptop Anda.
  4. Perhatikan bagian Sistem – Jenis Sistem untuk mengetahui apakah laptop Anda menggunakan sistem 32-bit atau 64-bit.

Selain Windows Explorer, Anda juga dapat mengakses jendela informasi ini melalui Control Panel. Untuk melakukannya, buka “Panel Control” dari Start Menu, lalu pilih “System and Security”. Selanjutnya, klik kata kunci “Sistem” untuk melihat informasi sistem sistem Anda.

Perlu diingat bahwa cara ini bekerja di Windows 7. Jika Anda ingin mencoba mendapatkan laptop Windows 10, langkahnya tidak jauh berbeda. Namun, ada beberapa kata yang berbeda.

Memeriksa Bit Laptop untuk Informasi Sistem

cara melihat 10 laptop windows

Proses melihat bagian laptop selanjutnya bisa dilakukan dengan membuka Pusat Informasi di Windows Anda. Jendela ini biasanya menampilkan informasi yang lebih lengkap daripada Properties System.

Silakan ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pertama, tulis saja “Sistem Informasi” di bidang pencarian di Menu Mulai Windows Anda.
  2. tekan tombolnya memasuki langsung buka jendela System Information.
  3. Kecuali jika Anda menunggu lama, Anda dapat langsung melihat bagiannya Tipe sistem di menu “Sistem Umum”.

Jika itu tertulis di sana pc berbasis x86berarti prosesor yang digunakan adalah 32-bit. Saat Anda adalah prosesor yang menjalankan sistem 64-bit akan ditulis PC berbasis x64 “.

Cek dengan DXDIAG

cara melihat bit di laptop

Juga, dua metode di atas sangat sederhana jika Anda hanya ingin mengetahui bagian-bagian laptop. Namun, jika ingin melihat detail perangkat secara lengkap, tidak ada salahnya untuk mengeceknya di DXDIAG.

Untuk mencoba melihat bagian laptop ini, lakukan ini:

  1. Cukup tekan tombol logo Windows + R bersama.
  2. Di jendela Jalankan yang muncul, ketuk “DXDIAG”.
  3. Tunggu hingga sistem merespons perintah.
  4. Jika jendela Alat Diagnostik DirectX muncul, Anda mungkin perlu memperhatikan “Sistem operasi” untuk melihat “sistem bit” berjalan di laptop.

Menonton Bits Laptop dengan Command Prompt

cara melihat berapa banyak buah laptop

Mau coba cara keren cek sistem operasi di laptop? Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk melakukan ini.

Langsung saja berikut caranya :

  1. Buka Command Prompt atau CMD di menu Start.
  2. Selanjutnya, tulis perintah berikut: echo% PROCESSOR_ARCHITECTURE%.
  3. Setelah selesai mengetik, tekan memasuki dan itu akan menghasilkan prosesor sistem yang diinstal pada laptop Anda di bawah urutan perintah.
  4. Ini sudah berakhir.

Strategi ini dapat diuji untuk semua jenis Windows. Jadi, Anda juga dapat menggunakannya sebagai cara untuk melihat potongan laptop untuk Windows 8.

Memeriksa Bit Laptop dengan Registry Editor

cara melihat laptop 32 bit atau 64 bit

Fitur reguler Windows ini tidak hanya membantu Anda mengatur daftar dalam sistem operasi. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengecek tipe atau tipe prosesor yang terpasang di laptop.

Jika Anda ingin mencobanya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol dengan logo Windows + R keyboard pada saat yang sama untuk membuka program “Mata”.
  2. Di balik jendela “Mata” buka, ketik regedit lalu tekan tombol memasuki pada keyboard untuk menyisipkan bagian Registry Editor.
  3. Buka paketnya HKEY_LOCAL_MACHINE dengan mengklik salah satu.
  4. Di menu turun yang muncul, pilih KERJALanjut DEFINISIsekarang Pengelolaansekarang Prosesor Pusat dalam urutan.
  5. Selanjutnya, klik pada folder “0” dan perhatikan bagiannya “Pengidentifikasi” yang terbuka di sebelah daftar folder. Sesampai di sana, Anda dapat melihat bagian-bagian dari laptop yang Anda miliki.

Cara melihat potongan laptop dengan Aplikasi Aplikasi CPU-Z

cara melihat potongan di laptop

Cara lain untuk melihat potongan laptop yang juga bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z. Alat CPU-Z dapat digunakan untuk memeriksa detail lengkap laptop Anda dengan fokus pada prosesor yang terpasang pada perangkat.

Meskipun berfokus terutama pada informasi terkait prosesor, Anda juga dapat menemukan item terkait sistem lainnya dan sebagainya. Untuk memeriksa apakah laptop Anda menggunakan sistem 32-bit atau 64-bit dengan CPU-Z, Anda harus mencabut perangkat CPU-Z terlebih dahulu.

Jika Anda mengunduh versi portabel dari CPU-Z, seringkali Anda hanya perlu membuka perangkat tanpa perlu menginstalnya sebelum pengujian. Setelah perangkat CPU-Z dibuka kuncinya, lihat bagian Sistem sebagai cara untuk melihat pecahan laptop Anda.

Lihat Bit Laptop dengan Aplikasi yang Aman

cara melihat berapa banyak buah di laptop

Berbicara tentang cara mendapatkan prosesor 32-bit atau 64-bit, memang tidak bisa dipisahkan dari hal lainnya. perangkat lunak yang dapat melakukan pemeriksaan ini.

Selain CPU-Z yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda juga dapat mencoba tool SecurAble untuk mengetahui apakah laptop yang Anda gunakan memiliki sistem 32-bit atau 64-bit.

CurAble adalah perangkat dengan ukuran terbatas. Anda juga tidak perlu menginstalnya di laptop karena perangkat ini bersifat portable.

Cukup buka perangkat SecuRable dan informasi yang Anda butuhkan tentang sistem laptop akan muncul di jendela perangkat lunak.

Terakhir, jika Anda membutuhkan cara lain untuk melihat perangkat laptop lain, aplikasi seperti Astra32, Speecy, HWINfo, dan Free PC Audit mungkin bisa menjadi solusinya.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-melihat-bit-laptop/