Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download Game PS2/PS3 ke PC/Laptop dengan mudah

Panduan Download Game PS2/PS3 ke PC/Laptop dengan cepat dan mudah. Unduh Game PS2 / PS3 Favorit Anda dan Mainkan sesuka Anda.


PS memang menjadi primadona sebagai vendor game luar negeri. Daftar game yang dimilikinya sangat beragam dan bervariasi. Banyak game dari PS yang kemudian diterima di komputer atau laptop.

Tak hanya itu, game PS lainnya juga turut dihadirkan ke layar kaca. Game untuk resepsi acara dunia nyata seperti Moto GP, Soccer, dll. juga tersedia.

Jadi, bagaimana Anda bisa mengunduh game PS2 / PS3 ke PC? Berikut cara melakukannya:

Cara mendownload game PS3

Cara mendownload game PS3 ke laptop

Anda dapat memainkan beberapa game dari konsol Play Station (PS) di laptop atau PC. Salah satu konsol yang paling populer saat ini adalah PS 3.

Bagi Anda yang belum sempat membeli game konsol ini karena masalah biaya, atau tidak sempat memilikinya karena sudah tamat (karena PS4 sudah muncul), Anda bisa memainkan game PS 3 jika Anda memiliki PC. atau laptop mampu.

Sebelum Anda dapat mengunduh game PS 3, Anda memerlukan alat bantu yang disebut emulator. Emulator adalah alat yang memungkinkan Anda untuk mensimulasikan game di konsol seperti Play Station.

Emulator yang digunakan oleh Emulator PS 3 disebut RPCS3 – Playstation 3.

Langkah-langkah download game PS3 ke Laptop/PC

Berikut cara mendownload dan memainkan game PS 3 di laptop atau komputer Anda.

  1. Langkah pertama adalah uninstall perangkat RPCS3. Setelah diunduh, instal RPCS3 di laptop atau PC Anda. Anda juga memerlukan Modul LLE yang dapat Anda googling terlebih dahulu (biasanya dalam petunjuk instalasi RPCS3).
  2. Jika Anda sudah memiliki Modul RPCS3 dan LLE, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menyalin folder “dev_flash” ke Modul LLE ke folder RPSC3.
  3. Kemudian buka RPCS3 Anda, pilih menu Config, dan atur pengaturannya. Lihat 4 file di jendela yaitu libresc.prx, librtc.prx, libsre.prx, dan libspurs_jq.prx.
  4. Gulir ke tab Grafik, dan pilih kartu VGA yang akan digunakan. Kemudian klik OK.
  5. Langkah selanjutnya adalah memperbaiki game PS3 yang ingin Anda mainkan di laptop Anda. Anda harus memiliki file game unik di PS3. Ada berbagai situs yang menawarkan file game PS3 dan bisa diunduh secara gratis.
  6. Jika emulator dan game sudah siap, kita dapat membuka kunci perangkat RPCS3 lagi. Biasanya saat pertama kali membuka perangkat, Anda akan diminta untuk mendownload BIOS terlebih dahulu. Silahkan langsung saja klik “Yes”, karena nantinya Anda akan diarahkan ke konektor BIOS yang sama dengan PC atau laptop Anda.
  7. BIOS terdeteksi saat menginstal dan memastikan lokasi BIOS sama dengan folder tempat file PSCS3 disimpan.

Jika BIOS sudah terpasang, tutup perangkat PSCS3 dan buka kembali. Anda dapat memainkan game yang Anda unduh sebelumnya dengan membuka file dan memilih “Load out”. Dapatkan game ROM yang diunduh, klik, dan Anda dapat menikmati permainannya.

Cara mendownload game PS2

Cara mengunduh game PS2

Selain PS3, Anda bisa bermain dengan game-game sebelumnya dari Play Station, yaitu Play Station 2 (PS2). Meski sudah tamat, ternyata masih banyak penggemar dan game PS 2 di dalamnya.

Tentunya setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Hal yang sama berlaku dengan bermain game. Ada beberapa yang sudah memadai dan nyaman dengan PS2.

Mereka memilih PS2 karena merasa cocok dan tidak perlu lagi beradaptasi dengan mode game PS3/PS4 yang versi terbaru ke atas.

Langkah-langkah download game PS2 ke Laptop/PC

Buat kamu yang ingin mengingatkan diri sendiri untuk bermain game PS2 di laptop atau PC, berikut langkah-langkahnya:

  1. Seperti PS3, di PS 2 Anda juga membutuhkan emulator. Emulator yang digunakan oleh PCSX2 -Play Station 2. Pertama, unduh dan instal PCSX2 di laptop Anda. Atur juga PAD (jika bermain menggunakan keyboard), jika bermain menggunakan controller atau stick PS2 tidak perlu diatur.
  2. Jika Anda sudah menginstal PCSX2, maka jangan lupa untuk mengatur BIOS. Ekstrak file BIOS yang disalin sebelumnya. Di menu opsi Bios, klik telusuri dan temukan file BIOS. Pilih daftar refresh dan gunakan BIOS yang ingin Anda gunakan.
  3. Langkah ketiga adalah mempersiapkan permainan. Pastikan Anda mengunduh ISO Game PS 2.
  4. Ada banyak situs web yang menawarkan file game ISO PS 2, termasuk CoolROM, RomsMania, dan PortalRoms. Anda dapat mengunduhnya secara gratis dengan situs-situs ini.
  5. Setelah mendownload ISO game PS 2 yang tadi anda sebutkan, buka kembali PCSX2, pilih menu CDVD, lalu pilih Iso dan cari file ISO game tersebut.

Jika ISO game sudah siap, langkah selanjutnya adalah menjalankan game tersebut. Pilih menu System, lalu mulai CDVD (lengkap) atau Reboot CDVD (cepat). Setelah itu, game akan berjalan.

Baca juga:

Sumber Artikel: blogpress


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news