Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Cara Mudah Memperbaiki Layanan Google Play Stop It

Anda perlu tahu Google Play dengan baik? Ya, Google Play memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari smartphone Android. Pasalnya, perangkat Google Play adalah android biasa, dan sering digunakan untuk mendownload aplikasi Android dan game Android.

Saat Layanan Google Play ini bermasalah, sering muncul pesan error “Sayangnya layanan Google Play telah ditangguhkan” atau “Sayangnya Google Toolbar telah berhenti“Jika ini terjadi, akan membuat Anda lebih sulit untuk mengunduh, atau meningkatkan kinerja.

Apalagi jika aplikasi tersebut benar-benar dibutuhkan, pasti akan menghalangi Anda untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan aplikasi tertentu. Tentu saja, sehubungan dengan masalah penghentian layanan Google Play, jauh lebih mudah untuk menyelesaikannya. Untuk itu pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis ya?

Mengapa Layanan Google Play Berhenti di Android

Alasan mengapa layanan Google Play berhenti bisa karena hal yang berbeda, dan terkadang setiap ponsel Android berbeda. Nah, alasannya “Sayangnya layanan Google Play telah ditangguhkan” tentang berikut ini:

  • File cache Google Play dikumpulkan
  • Penyimpanan Android penuh
  • RAM lengkap
  • Layanan Google Play Kedaluwarsa
  • Tanggal dan waktu panggilan tidak cocok
  • Kesalahan aplikasi Google Play
  • gangguan sistem Android
  • Dan seterusnya

Apakah ada cukup penyebab, bukan? Tapi berdasarkan apa yang saya lihat, layanan Google Play di Android berhenti, ini terjadi ketika RAM ponsel saya penuh. Ini menyebabkan perangkat tidak berfungsi, dan beberapa proses terkadang berhenti.

Cara memperbaiki layanan Google Play telah berhenti

Lalu bagaimana cara menang “Sayangnya layanan Google Play telah ditangguhkan” di Android? Proses penyelesaian Layanan Google Play sangat berbeda, tergantung pada penyebabnya. Untuk itu, berikut ini kami akan menawarkan berbagai cara yang bisa Anda coba.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan di bawah ini sampai habis!

Mulai ulang Android

Restart Android, menjadi opsi pertama yang kami sarankan untuk menyelesaikan layanan Google Play telah berhenti. Hal ini tidak masuk akal, karena banyak pengguna Android telah mampu mengatasi berbagai kesalahan pada ponsel mereka, termasuk kesalahan Google Play crash.

Saat Android dipulihkan, memori sistem akan dipulihkan, sehingga semuanya akan dikembalikan ke normal, dan kesalahan kecil apa pun juga akan hilang. Banyak orang yang enggan memulai HP, padahal bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah kecil di Android.

Sekarang, cara memulai ponsel Android hampir seperti ini:

  1. Tekan tombol daya HP selama beberapa detik.
  2. Setelah menu muncul di layar, silahkan pilih Mengulang kembali
  3. Jika sudah maka Android restart akan dimulai, jadi silahkan tunggu saja sampai selesai.
  4. Jika sudah Android akan restart, dan silahkan cek apakah terjadi error “sayangnya layanan google play telah berhenti” atau tidak.
  5. Ini sudah berakhir.

Hapus Cache Aplikasi

Cache pada aplikasi Google Play Store yang terkumpul juga menjadi salah satu penyebab layanan Play Store error berhenti. Untuk mengatasi ini, yang Anda butuhkan hanyalah menghapus file cache dari alat Google Play Store.

Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Pertama-tama, silahkan buka Kembali Setelah ponsel Android Anda.
  2. Jika demikian, silakan pergi ke menu Kopo.
  3. Selanjutnya, silakan, cari Layanan Google Play (Layanan Google Play).
  4. Lalu pergi ke penyimpanan (penyimpanan peralatan).
  5. Pada akhirnya, Anda cukup mengetuk opsi Hapus Cache di halaman itu.
  6. Ini sudah berakhir.

Langkah-langkah di atas bersifat umum untuk pengguna Android. Karena mungkin beberapa atau lebih jenis ponsel Android, nama, opsi, dan lokasi terkadang sedikit berbeda.

Hapus layanan data

Jika membersihkan cache penggunaan Layanan Google Play di atas tidak berhasil menghapus kesalahan layanan default Google Play, maka Anda perlu menghapus data layanan di perangkat Google Play Store. Tujuannya adalah untuk menghapus file yang tidak berguna, pengaturan aplikasi dan pengaturan penggunaan.

Langkah-langkah untuk melakukannya kurang lebih sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, silakan dapatkan akses ke Layanan Google Play dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  2. Setelah itu, silakan pergi ke Penyimpanan lalu pilih Kelola penyimpanan (Kelola lokasi).
  3. Di halaman berikutnya, gulir ke bawah dan ketuk Hapus data (Hapus semua detail).
  4. Setelah itu biasanya akan muncul peringatan, silahkan pilih saja oke.
  5. Ini sudah berakhir.

Minimalkan Penyimpanan

Seperti yang saya katakan sebelumnya, itu adalah penyebab umum dari pesan kesalahan “Sayangnya layanan Google Play telah ditangguhkan” itu karena tidak ada cukup ruang untuk memproses aplikasi.

Sistem operasi perangkat ini sebagian besar tersedia dalam RAM, jadi jika RAM ponsel Android Anda penuh, Google Play tidak akan berfungsi, dan bahkan beberapa aplikasi akan berdiri sendiri. Untuk itu silahkan kurangi penggunaan RAM dengan cara menguninstall aplikasi yang tidak terpakai.

Selain RAM, penyimpanan internal yang lengkap juga membuat aplikasi mobile tidak bisa diakses. Apalagi jika penyimpanan internalnya sudah mencapai 95% ke atas, kemungkinan akan terjadi sejumlah error pada sistem atau aplikasi mobile. Mengatasi hal ini tentu saja dengan mengurangi konten di dalam memori yang tidak perlu.

Bersihkan Sampah & Cache Sistem

Juga dengan sampah dan cache. Ya, tentu saja kesalahan Google Play store selalu berkaitan erat dengan cache dan file sampah. Bukan tanpa alasan, karena cache sistem sebenarnya mempengaruhi proses aplikasi.

Apalagi jika Anda tidak pernah membersihkan cache & file yang tidak perlu di sistem secara keseluruhan, akan ada file berbahaya yang membuat Android Anda mudah menemukan kesalahan dalam sistem dan proses. Untuk itu, selain membersihkan cache Play Store, Anda juga perlu membersihkan cache dan sampah sistem Android.

Cara melakukannya adalah dengan memindai cache dan file yang tidak aktif menggunakan alat pembersihan biasa yang biasanya diinstal pada ponsel Android Anda.

Berhenti Mencopot Pembaruan

Android terus memperbarui Layanan Google Play. Ya, tujuannya memang untuk memperbaiki sistem operasi, menghilangkan kesalahan pada aplikasi, dan menambah fitur pada aplikasi.

Dalam beberapa kasus, peningkatan ini tidak selalu menghasilkan hasil atau perubahan yang diinginkan, tetapi menimbulkan masalah baru karena Google Play telah berhenti. Jika ini terjadi, kemungkinan perangkat versi terbaru tidak kompatibel (tidak kompatibel) dengan versi Android yang Anda gunakan.

Solusinya adalah dengan membatalkan peningkatan Layanan Google Play sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan, kunjungi Persiapan Android
  2. Selanjutnya pilih menu Kopo.
  3. Jika demikian, silakan Layanan Google Play (Layanan Google Play).
  4. Selanjutnya, silakan, ketuk tiga titik di halaman itu. Biasanya terletak di kanan atas halaman.
  5. Lalu pilih Hapus Peningkatan atau Hapus peningkatan.
  6. Tunggu hingga proses selesai.

Pemilu Kembali

Menyetel ulang opsi akan menyebabkan sistem membangun kembali sistem, dan memiliki peluang lebih besar untuk berhasil memecahkan masalah layanan Google Play mogok di Android. Namun sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua ponsel Android memiliki opsi pemilihan aplikasi.

Untuk mencobanya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama-tama, silahkan buka Kembali Setelah ponsel Android Anda.
  2. Jika demikian, silakan pergi ke menu Kopo.
  3. Setelah masuk ke halaman Aplikasi, silakan klik simbol tiga titik di kanan atas halaman.
  4. Selanjutnya, pilih Setel ulang opsi aplikasi / Mulai ulang aplikasi referensi.
  5. Kemudian akan muncul notifikasi, silahkan pilih Mengatur ulang.
  6. Terakhir, restart ponsel Anda menggunakan pengaturan.
  7. Ini sudah berakhir.

Siapkan Android lagi

Jika Anda tidak dapat menggunakan semua metode yang tercantum di atas untuk menyelesaikan layanan Google Play yang telah berhenti, kemungkinan sistem Android Anda bermasalah. Untuk itu, solusi terakhir untuk masalah ini adalah dengan mereset Android.

Jika Anda mereset Android, tentu ini akan menghapus semua proses dan semua data yang tersimpan di ponsel Android Anda. Jadi, sebelum mengatur ulang Android, pastikan Anda mencadangkan data Anda ke penyimpanan lain atau kartu eksternal.

Namun, pengaturan default untuk pengaturan pabrik pada setiap ponsel berbeda, tetapi secara umum:

  1. Pertama, silakan buka daftar item Persiapan Android.
  2. Selanjutnya, ketik Mengatur ulang di kolom pencarian.
  3. Maka akan muncul hasil pencarian, jadi pilih saja opsinya Setel ulang data pabrik atau Kembalikan pabrik.
  4. Setelah itu, Anda akan menerima peringatan, silakan klik OK untuk melanjutkan.
  5. Langkah selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk yang diberikan sampai selesai.
  6. Ini sudah berakhir.

Setelah reset, ponsel Anda biasanya akan restart, dan proses startup mungkin memakan waktu lebih lama dari biasanya. Ini karena sistem Android mengembalikan data seperti biasa dan memulihkan sistem. Jadi, tunggu saja, oke?

Kata terakhir

Saya memiliki masalah “Sayangnya layanan Google Play telah ditangguhkan” dan dapat dengan mudah diatasi dengan mengurangi penggunaan RAM dan mengosongkan penyimpanan internal. Ya, karena di situlah letak penyebabnya, jadi saya lebih mudah menghadapinya.

Mungkin penyebab yang berbeda adalah langkah atau cara yang berbeda untuk mengatasinya. Untuk itu, dalam artikel ini kita tidak hanya berbicara tentang satu metode perbaikan saja, tetapi kita telah membahas banyak metode secara detail di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan bermanfaat.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-layanan-google-play-telah-terhenti/


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news