Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Produksi, Sharp Bangun Pabrik AC Indonesia

Rencana Pabrik AC Sharp Indonesia. (Indonesia Kuat)

Kelasmekanik.com – PT Sharp Electronics Indonesia secara resmi mengumumkan pembangunan pabrik baru Air Conditioner (AC) Indonesia. Pembangunan pabrik AC ini juga bertujuan untuk meningkatkan produksi Sharp Indonesia

Pengumuman pembangunan pabrik AC baru menjelang hari jadinya yang ke-52. Nantinya akan menjadi pusat produksi dan luar negeri bagi negara-negara ASEAN.

Pembangunan pabrik baru ini ditandai dengan peletakan batu pertama pabrik Sharp Indonesia di Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat (24/2).

Mengambil alih 3,5 hektar, pabrik AC Sharp dijadwalkan mulai beroperasi pada awal 2023. Pada tahun pertama beroperasi, Sharp Indonesia menargetkan kapasitas produksi sekitar 900.000 unit per tahun untuk ditingkatkan -unit 150.000 untuk selanjutnya. tahun.

Pabrik AC bersama Sharp Indonesia ini nantinya akan memproduksi AC tipe inverter dan non-inverter dan akan membuka lapangan pekerjaan.

Dalam pidato pengukuhannya, Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa produk AC merupakan salah satu produk elektronik yang bernilai $0,49 miliar pada 2021.

Terkait hal tersebut, Kementerian Perindustrian mendorong laju ekspor sebesar 35% hingga akhir tahun 2022 dimana salah satu dari 5 produk elektronik yang direkomendasikan untuk digantikan produk dalam negeri adalah produk AC.

Untuk mengusung konsep ramah lingkungan, Sharp Indonesia akan memasang sistem energi surya di atap pabrik, menggunakan energi terbarukan untuk penerangan, aliran produksi, dll, untuk mengurangi beban lingkungan dengan mengadopsi struktur atap yang memungkinkan cahaya bersinar menggunakan cahaya alami dan memancarkan panas di dalam rumah. .

Dengan investasi 4 miliar yen atau Rp 582 miliar, Sharp Indonesia menyiapkan penjualan 100 unit, oo per bulan untuk pasar domestik dan pasar luar negeri hingga ke Tanah Air.

Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan, sehingga untuk memenuhi permintaan produk AC dengan harga yang kompetitif, kami memutuskan untuk membangun pabrik di Indonesia. Dengan perusahaan AC ini, kami berharap dapat meningkatkan pangsa pasar kami sebesar 30 persen dan mempertahankan pasar saham AC AC.ujar Shinji Teraoka selaku President Sharp Indonesia dalam sambutan pembukaannya.

Ke depan, kami akan membangun sistem pasokan yang berkelanjutan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh pasar ASEAN, dan kami juga akan memproduksi model AC berkualitas tinggi seperti komponen AIot.

Untuk urusan dalam negeri, merupakan mandat dari produsen dalam negeri Indonesia untuk memilih menggunakan komponen dalam negeri dan fokus pada 50 persen atau lebih.

Masih banyak daerah yang belum bisa diproduksi di dalam negeri, sehingga ada harapan pemerintah Indonesia bisa menarik perusahaan asing. Pabrik kami memiliki ruang ekspansi pabrik untuk meningkatkan produksi dalam negeri.

Oleh karena itu, kami ingin Pemerintah mempertimbangkan untuk menambahkan insentif tambahan untuk investasi dalam negeri.“, tutup Teras.



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/25/185438/tingkatkan-produksi-sharp-bangun-pabrik-ac-di-indonesia


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news