Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelatihan Metode Modern dan Pre-Word Printing, Manual dan Otomatis

Pencetakan gambar. (Pixabay / mohamed_hassan)

Kelasmekanik.com – Sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui cara mencetak Word bolak-balik, padahal dengan cara ini Anda bisa mencetak dua halaman dalam satu lembar kertas. Ikuti tutorial Microsoft Word yang disusun oleh tim HiTekno.com di bawah ini.

Jika beberapa dokumen dicetak, tentu tidak masalah untuk mencetak setiap halaman di atas kertas, tetapi jika jumlah halaman yang ingin Anda cetak banyak, maka Anda harus mencetak dokumen itu bolak-balik, karena saya bisa mencetaknya. . menghemat kertas hingga 50%.

Cara mudah untuk mencetak pertama dan terpenting dengan Word adalah jika printer Anda mendukung bagian pencetakan dupleks untuk mencetak dokumen bolak-balik.

Dengan fitur duplex printing ini akan mencetak dokumen di kedua sisi kertas sekaligus dalam satu kali print. Jadi Anda tidak perlu khawatir membalik halaman satu per satu.

Banyak model cetak memiliki dua komponen, termasuk BrotherDCP-L2540DW, Epson L4160, HP LaserJet Pro M15w dan banyak lagi.

Kemudian Anda dapat mengikuti petunjuk atau langkah-langkah berikut untuk mencetak dokumen bolak-balik dengan mesin cetak yang mendukung komponen pencetakan dupleks:

  • Buka dokumen Word yang ingin Anda cetak terlebih dahulu
  • Kemudian klik menu File
  • Kemudian pilih opsi menu Print
  • Kemudian menu popup akan muncul di menu Pengaturan, dan kemudian pada Halaman Halaman, klik opsi Cetak Dalam Sisi Ganda dari menu tarik-turun.
  • Dokumen Word yang Anda cetak kemudian akan dicetak secara terpisah di kedua sisi kertas
Microsoft Word.  (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Tetapi bagaimana jika printer Anda tidak mendukung komponen pencetakan dupleks? Jangan khawatir, Anda masih bisa mencetak dokumen Word bolak-balik dengan tangan.

Dengan cara ini teks yang Anda cetak akan dicetak di bagian depan kertas, dan Anda harus membalik halaman agar halaman berikutnya yang ingin Anda cetak dapat dicetak di sisi lain lembar. dari kertas.

Ikuti langkah-langkah ini jika Anda ingin mencetak dokumen Word bolak-balik menggunakan mesin cetak standar:

  1. Pilih halaman dari dokumen Word yang ingin Anda cetak pada halaman pertama kertas
  2. Klik menu File lalu Cetak
  3. Kemudian pilih menu Print Current Pages
  4. Kemudian klik OK
  5. Ketika proses pencetakan halaman pertama selesai, Anda harus membalik kertas dan kembali ke halaman berikutnya dari dokumen Word yang ingin Anda cetak di sisi lain kertas.
  6. Kemudian klik menu File dan klik opsi Print lagi
  7. Klik OK dan tunggu hingga proses pencetakan halaman kedua selesai

Ini adalah cara untuk mencetak pertama dan terutama dengan Word yang dapat Anda lakukan untuk menghemat kertas. Jadi apakah Anda menggunakan printer duplex atau printer standar, Anda tetap dapat mencetak dokumen teks bolak-balik. Semoga berhasil dengan tutorial Microsoft Word di atas!

Donatur: Jeffry francisco



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/22/160503/tutorial-cara-print-bolak-balik-di-word-bisa-manual-dan-otomatis