Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deskripsi Status Kode QR di PeduliProtect, dari Hijau ke Hitam

Deskripsi Status Kode QR di PeduliLindung. Gambar: Aplikasi Pedulilindungi.id. (Kominfo)

Kelasmekanik.com – PeduliLindung adalah alat yang sangat membantu selama epidemi. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai deskripsi kode QR di PeduliLindung.

Perlu diketahui bahwa PeduliLindung merupakan alat pendeteksi COVID-19 yang kehadirannya diharapkan dapat membantu menghentikan penyebaran virus tersebut.

Aplikasi ini juga digunakan untuk pendaftaran imunisasi, cek QR masuk atau keluar, dan dokumen perjalanan. Pengguna juga dapat mencetak sertifikat vaksin dengan alat PeduliLindung.

Dari sisi akses publik, website Kementerian Kesehatan RI melakukan upgrade kode warna di PeduliLindung mulai Senin (14/02/2022).

Menurut situs Kementerian Kesehatan, perubahan terkait penghitungan tanggal verifikasi dan keterangan rambu warna akan berlaku mulai 14 Februari 2022 pukul 23:59 WIB.

Contoh Jumlah Hari untuk Kasus Konfirmasi.  (Departemen Kesehatan RI)
Contoh Jumlah Hari untuk Kasus Konfirmasi. (Departemen Kesehatan RI)

Jika seseorang melakukan tes swab PCR dan hasilnya positif, perangkat PeduliLindung akan menunjukkan status hitam. Jumlah hari dimulai berdasarkan hari hasil laboratorium lahir.

Orang tersebut dapat melakukan tes PCR pertama dan tes PCR kedua pada H+5 dan H+6. Jika tes keluar pertama positif, mereka dapat melakukan tes PCR keluar kedua. Harus ada jeda setidaknya 24 jam antara tes pertama dan kedua.

Jika exit test kedua positif dan hasilnya tercatat di PeduliLindungi, maka kasus terkonfirmasi dianggap sudah sembuh. Berikut keterangan kode QR berwarna di PeduliLindung, dikutip dari website Departemen Kesehatan RI:

1. Hijau

Status hijau menunjukkan bahwa telah dinyatakan aman untuk pergi ke tempat-tempat umum. Seseorang dalam kelompok hijau dianggap telah membuat vaksin dosis penuh, bukan pasien Covid-19 atau kerabat dekat, dan hasil tes antigen (1×24 jam) atau PCR (3×24 jam) negatif.

Warna hijau juga menunjukkan bahwa pengguna dibuat setidaknya sekali dan pulih dari Covid-19 dalam waktu kurang dari 90 hari (selamat).

2. Kuning

Layar kuning masih memungkinkan pengguna untuk mengakses tempat-tempat umum. Warna ini menunjukkan orang yang baru vaksin satu kali (tidak lengkap) dan bukan pasien Covid-19 atau orang dekat.

Label tersebut juga menyatakan bahwa pengguna belum divaksinasi tetapi telah pulih dari Covid-19 dalam waktu kurang dari 90 hari (selamat).

Contoh Jumlah Hari untuk Kasus Konfirmasi.  (Departemen Kesehatan RI)
Contoh Jumlah Hari untuk Kasus Konfirmasi. (Departemen Kesehatan RI)

3. Merah

Berbeda dengan dua warna di atas, ikon merah menandakan bahwa pengguna aplikasi tidak akan bisa pergi ke tempat umum karena belum divaksinasi. Jika Anda sudah divaksinasi, tetapi kondisinya merah, pastikan detail (NIK/Nomor Paspor dan Nama) di profil PeduliLindung sesuai dengan sertifikat vaksinasi Anda.

4. Hitam

Status orang kulit hitam menunjukkan bahwa mereka tidak diperbolehkan mengunjungi tempat-tempat umum. Kode QR hitam di PeduliLindung menyatakan bahwa pengguna adalah pasien Covid-19 dalam waktu kurang dari 10 hari, memiliki riwayat menemukan kasus positif dalam waktu kurang dari 10 hari, dan dia baru saja tiba dari luar negeri.

Jika Anda dari luar negeri, Anda diminta untuk menyisihkannya sesuai aturan yang berlaku dan melakukan tes PCR saat Anda tiba dengan D-1 sebelum respons berakhir. Untuk kasus terbaik, lakukan tes PCR cepat pada H + 5 karena telah dikonfirmasi 2 kali selama periode 24 jam (misalnya, pada H + 5 dan H + 6).

Status warna di atas bisa dilihat di menu Profiles > Status Vaksin dan Hasil Tes Covid-19 > tanda centang di bawah nomor KTP. Itu tadi definisi kode warna QR code di PeduliLindung, bagaimana menurut kalian?



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/15/142207/penjelasan-status-warna-kode-qr-di-pedulilindungi-dari-hijau-hingga-hitam