Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catatan, aplikasi TikTok dan YouTube sering mengumpulkan data pengguna

Ilustrasi TikTok. (Pixabay / cantonbe)

Kelasmekanik.com – Dalam studi terbaru, TikTok dan YouTube adalah dua perangkat yang mengumpulkan lebih banyak data pengguna dibandingkan dengan alat media sosial lainnya.

Kajian aplikasi TikTok dan YouTube ini diungkap oleh perusahaan pemasaran seluler URL Genius beberapa waktu lalu.

Dilansir dari CNBC, penelitian mengungkapkan bahwa YouTube mengumpulkan banyak informasi pengguna untuk kepentingan perusahaan. Hal ini dilakukan berdasarkan riwayat membaca untuk iklan yang terlibat.

Di sisi lain, penggunaan TikTok juga sering mengumpulkan informasi pengguna seperti informasi lokasi, informasi pribadi, dan banyak aplikasi pihak ketiga lainnya. Dan informasi ini masih dapat dipulihkan meskipun pengguna keluar dari aplikasi.

Penelitian pada aplikasi TikTok dan YouTube yang mengumpulkan data pengguna ini sering menggunakan bagian App Performance Record pada sistem operasi iOS.

perbandingan youtuber  (Artikel Unsplash / NordWood)
gambar YouTube. (Artikel Unsplash / NordWood)

Untuk penelitian ini, dipantau di banyak platform seperti TikTok, YouTube, Twitter, Telegraph, LinkedIn, Facebook, Snapchat di WhatsApp. Hasilnya, TikTok dan YouTube mampu membuat 14 alamat berbeda dibandingkan aplikasi lain.

Dalam penelitian ini, 10 pelacak YouTube ditambahkan ke perangkat. Meskipun TikTok memiliki 13 dari 14 pelacak yang membagikan data dengan pihak ketiga, itu berarti informasi ini dibagikan kepada pihak ketiga di luar TikTok.

Tidak jelas apa yang dilakukan TikTok dan YouTube sebagai tanggapan atas tuduhan bahwa aplikasi tersebut mengumpulkan data pengguna terlalu banyak.



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/15/131753/hati-hati-aplikasi-tiktok-dan-youtube-paling-sering-kumpulkan-data-pengguna