Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Uninstall Dual Boot Linux di Laptop atau PC

Dual Boot adalah istilah yang digunakan saat memasang dua perangkat atau lebih pada satu perangkat. Ada banyak OS yang bisa digunakan di satu perangkat, misalnya Anda bisa menginstal perangkat Windows dan Linux di satu laptop atau PC.

Tentu saja, menggunakan dual boot dapat dianggap menguntungkan, selama Anda menggunakannya untuk tujuan penting, seperti pengujian aplikasi, pengujian sistem, atau item lain yang sering digunakan. Namun, jika Anda tidak menggunakannya, Anda harus menghapusnya agar penyimpanan tidak meluap.

Selain mengisi storage, ada hal lain yang membuat Anda membatalkan double boot. Contohnya adalah OS Linux bootable yang tidak berfungsi, memiliki banyak bug, sehingga boot ganda tidak dapat digunakan dengan benar.

Boot Ganda Linux Umum

Apa itu Dualboot Linux? Secara sederhana, booting ganda adalah tindakan menginstal dua sistem operasi di bagian terpisah pada hard disk drive untuk PC atau Laptop. Ini sangat ideal untuk bermigrasi dari satu OS ke OS lain (misalnya, dari Windows ke Linux).

Startup ganda juga penting jika Anda menggunakan OS yang sama untuk banyak tugas. Seperti menggunakan Windows untuk bekerja, dan menggunakan Linux untuk bersenang-senang seperti bermain game dan sebagainya. Namun, jika Anda tidak lagi berpindah dari satu OS ke OS lainnya, harap hapus.

Jika kami akan menghapus OS Linux yang tidak digunakan, kami sarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu. Karena jika Anda sudah lama menggunakan OS tersebut, jelas pasti ada beberapa file di dalamnya yang masih ingin Anda simpan.

Jadi bagaimana Anda menyimpan data di bagian Linux? Salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan alat pencadangan standar. OS Linux menyertakan alat cadangan yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan data penting.

Atau, Anda akan menemukan perangkat cadangan yang dapat diinstal dari kontrol paket distribusi perangkat. Namun, untuk membuatnya lebih mudah, silakan gunakan Dropbox Linux untuk menghubungkan data ke cloud atau menyalin data ke flash drive.

Cara Menghapus Instalasi Dual Boot Linux

Apalagi menghapus dua boot linux dari laptop atau PC tidaklah sulit. Anda dapat menghapus boot ganda dengan memanfaatkan komponen bawaan, yaitu MSConfig dan Manajemen Disk. Atau, Anda dapat menggunakan fitur lain seperti EasyBCD.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasannya di bawah ini sampai habis!

Menggunakan MSConfig Windows

Yang pertama adalah metode penghapusan dual boot standar, yaitu dengan menggunakan MSConfig yang bisa Anda dapatkan dari OS Windows. MSConfig sendiri merupakan tool atau alat System Configuration Utility untuk melakukan perubahan pada pengaturan konfigurasi sistem, seperti registry, boot up, dan lain sebagainya.

Sekarang untuk menghapus boot ganda dengan MSConfig, prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan buka Run dengan menekan tombol Composite Windows + R.
  2. Setelah jendela Run terbuka, silakan ketik MSConfig di bagian Buka dan tekan Enter.
  3. Jika demikian, halaman Manajemen utama akan terbuka. di bagian ini, silakan, dari tab Bertanya.
  4. Selanjutnya, pilih sistem operasi dual boot Linux yang akan dihapus, lalu klik Menghapus. Gambar di bawah ini hanya ilustrasi, karena saya tidak menggunakan double boot pada laptop yang saya gunakan.
  5. Anda kemudian akan menerima kotak dialog notifikasi, silakan klik Mengulang kembali di bagian ini.
  6. Setelah perangkat restart, saat startup Anda tidak lagi memilih opsi OS dan Anda akan langsung masuk ke sistem utama (Windows).
  7. Ini sudah berakhir.

Dengan Manajemen Disk

Manajemen Disk adalah komponen bawaan Windows yang digunakan untuk mengelola disk perangkat. Manajemen Disk termasuk memodifikasi karakter drive Windows, memformat drive, partisi, dan melakukan tugas disk lainnya.

Di sini kita akan menggunakan Manajemen Disk untuk menghapus drive dengan OS Linux di dalamnya, yang akan menyebabkan dua pengaturan boot hilang. Nah, cara ini di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan buka Run dengan menekan tombol Composite Windows + R.
  2. Setelah jendela Run terbuka, silakan ketik diskmgmt.msc di bagian Buka dan klik OK.
  3. Jika demikian, halaman utama Manajemen Disk akan terbuka. pada bagian ini silahkan pilih dan klik kanan pada OS Linux yang akan dihapus atau pilih partisi tempat penyimpanan OS Linux.
  4. Kemudian silahkan pilih Hapus volume.
  5. Kemudian, di kotak notifikasi, silakan klik saja Ya.
  6. Ini sudah berakhir. Nantinya suara OS yang dihapus akan menjadi ruang kosong. Sekarang, Anda dapat menambahkan ruang kosong ini ke suara lain, seperti disk sistem atau disk D:.

Gunakan Aplikasi EasyBCD

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan ketika Anda ingin menghapus dual boot Linux adalah dengan menggunakan alat tambahan seperti EasyBCD. EasyBCD Ini adalah perangkat lunak gratis yang disediakan oleh teknologi neosmart, yang bertanggung jawab untuk membuat pengaturan boot.

Selain itu, EasyBCD berfungsi untuk menambah menu boot, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan startup (seperti penghapusan boot ganda). Untuk itu, Anda dapat menggunakan software ini untuk menghapus dual boot Linux sebagai berikut:

  1. Pertama-tama silahkan download tool EasyBCD terlebih dahulu.
  2. Setelah unduhan selesai, silakan instal perangkat seperti biasa.
  3. Jika sudah terinstal, silahkan buka tool EasyBCD.
  4. Setelah terbuka, silakan, buka tab Ubah Menu Booting pada halaman awal aplikasi.
  5. Lebih-lebih lagi, token kolom sistem akan dihapus.
  6. Kemudian pilih opsi Hapus menu mulai tunduk pada peluang pemilu.
  7. Lalu klik Menghapusmaka pada langkah selanjutnya silahkan tekan Simpan Pengaturan.
  8. Ini sudah berakhir. Jangan lupa untuk mengatur ulang perangkat untuk menggunakan pengaturan.

Kata terakhir

Indikasi lain bahwa boot ganda telah dihapus, adalah bahwa saat startup tidak ada opsi untuk memilih ulang OS, dan laptop atau komputer itu sendiri akan mulai pada OS utama. Mungkin cukup sekian pembahasan kita tentang cara menghilangkan dual boot linux dari laptop atau pc.

Metode di atas benar-benar berfungsi di mana saja, dan Anda dapat menggunakannya jika Anda ingin menghapus dua boot tanpa Linux. Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan bagi yang ingin menghilangkan double boot. Terima kasih

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-menghapus-dual-boot-linux/


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news