Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Install .NET Framework di PC/Laptop Windows

featured image

Bagi pengguna Windows, baik Windows 7, 8, 8.1, 10. maupun 11 tentunya membutuhkan aplikasi atau program yang bernama .NET Framework. .NET Framework atau yang biasa dikenal dengan DotNET merupakan dasar dari instruksi untuk menerjemahkan dan mengimplementasikan program dalam game atau aplikasi Windows.

Jadi pada dasarnya .NET Framework sangat dibutuhkan ketika pengguna ingin menjalankan game atau aplikasi berbasis Windows. Kemudian, jika NET Framework belum terinstall maka dipastikan game atau aplikasi tersebut tidak akan bisa bekerja, bahkan jika dijalankan pun akan terjadi masalah seperti itu. Aplikasi tidak dapat dimulai dengan benar.

Namun sayangnya, tidak semua orang tahu cara menginstal .NET Framework di PC atau laptop Windows mereka. Dari situ, dalam acara ini kami akan memberikan tutorial sederhana dan detail, sehingga Anda dapat menginstal NET Framework.

Cara menginstal .NET Framework

Pertama, perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa program .NET Framework ini memiliki beberapa versi. Diantaranya adalah versi 3.5, 4.0, 4.5, 4.5.2, 4.6, 4.7, 4.7.2, dan 4.8 untuk versi terbaru. Padahal, untuk pembahasan musim ini adalah proses install .NET Framework versi terbaru (4.8).

Juga, Anda harus menginstal versi terbaru DotNET. Mengapa demikian? Ya, berkat kompatibilitas fitur di PC atau laptop Windows Anda, tentu saja Anda akan dapat bekerja lebih baik dengan versi terbaru ini.

Nah, bagaimana cara install .NET Framework versi terbaru, akan kita bahas pada review di bawah ini. Jadi tolong baca sampai habis ya?

Instal .NET Framework Manual

Cara menginstal .NET Framework adalah metode manual. Cara ini tidak sulit, karena Anda hanya perlu mendownload dan menginstalnya di PC Windows atau laptop. Nah untuk tipe .NET Framework ada 2 tipe yaitu : Durasi le Paket Pengembang.

Untuk tipe DotNET Durasi adalah .NET Framework yang dirancang untuk pengguna yang ingin menjalankan aplikasi atau game di Windows. Adapun DotNET Paket Pengembang adalah paket .NET Framework untuk pengembang atau pengembang sistem operasi Windows.

Jadi jika Anda adalah pengguna biasa, silakan gunakan .NET Framework yang Durasi hanya. Nah, cara installnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kunjungi situs resmi Microsoft untuk mengunduh versi terbaru .NET Framework.
  2. Silakan unduh teksnya Direkomendasikan menunjukkan bahwa .NET Framework adalah versi terbaru.
  3. Versi terbaru saat artikel ini dibuat adalah 4.8. Jadi, silakan unduh versi terbaru dan pilih versi Durasi.
  4. Setelah unduhan selesai dan disimpan di komputer Anda, sekarang Anda dapat langsung membuka aplikasi dengan menggunakan klik dua kali atau oleh Jalankan seperti Sutradara.
  5. Di jendela wizard penginstalan, silakan lihat kolom Lisensi.
  6. Hubungkan laptop atau PC melalui koneksi internet ya untuk menginstal .NET Framework. Jika demikian, silakan klik Kenya kanan bawah.
  7. Tunggu hingga proses instalasi DotNET selesai.
  8. Jika proses instalasi sudah selesai, silahkan klik Menyelesaikanlalu tekan Restart sekarang untuk mengakhiri.

Selesai, maka Microsoft NET Framework versi terbaru sudah terinstall di PC Windows atau laptop anda. Apakah mudah bukan? Nah, proses instalasi membutuhkan koneksi internet yang cukup. Jika tidak, prosesnya akan memakan waktu yang sangat lama.

Gunakan Penginstal Windows

Dalam file pengguna Windows sebenarnya sudah memiliki file ini untuk program Microsoft NET Framework. Namun sayangnya pada saat proses instalasi Windows, file ini tidak disertakan, sehingga kita harus menginstalnya secara terpisah.

Perlu Anda ketahui, jika versi file .NET Framework pengguna Windows biasanya bukan versi terbaru ya. Karena versi biasanya sesuai dengan tahun file pengguna Windows dibuat. Jadi kami memilih untuk menginstal DotNET dengan cara pertama.

Tetapi jika Anda ingin menginstal file .NET Framework biasa pengguna Untuk Windows, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, instal penginstal Windows di laptop atau PC Anda. Itu bisa di DVD, flash, dan banyak lagi.
  2. Jika demikian, silakan buka bilah pencarian Windows dan ketik Prompt Perintahlalu buka hasil pencarian dengan mengklik Jalankan seperti Sutradara.
  3. Atau bisa juga tekan tombol mix Windows + R lalu ketik CMD dan tekan Enter.
  4. Setelah halaman Command Prompt terbuka, silakan masukkan kode perintah DISM.exe / Online / aktifkan-fitur / nama fitur: NetFX3 / Sumber: E: sourcesxs / LimitAccess.
  5. Untuk menulis E: Silakan ubah ke partisi flash atau drive DVD baca Windows. Jadi, itu bisa menjadi perpecahan F:, M: H:dan seterusnya.
  6. Jika Anda memasukkan kode perintah dengan benar, silakan klik Memasuki.
  7. Terakhir, silahkan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Dengan Pembaruan Windows

Cara lain untuk menginstal .NET Framework adalah melalui Pembaruan Windows. Tidak, jika Anda selalu menginstal Windows Update di PC atau laptop Anda, maka di menu Anda dapat menginstal .NET Framework itu sendiri, lho. Jadi tidak perlu mengunduh dan menginstalnya secara manual.

Nah, cara install NET Framework dengan Windows Update adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan buka kolom Windows Search.
  2. Ini dia, ketik panel kendali.
  3. Setelah hasilnya muncul, silahkan buka dengan mengklik opsi Membuka.
  4. Pada halaman Control Panel, silahkan masuk ke menu Copot Programlalu tekan Aktifkan atau Tutup fitur Windows.
  5. Selanjutnya silahkan lihat kolom .NET Framework dalam bentuk Pembaruan Windows Anda. Sebagai contoh 3.5, 4.6, 4.7, 4.8 dll.
  6. Jika demikian, silakan klik oke.
  7. Setelah itu, Windows akan menginstal .NET Framework itu sendiri. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil di sini, agar prosesnya cepat.

Kata terakhir

Itulah tadi pembahasan kami tentang cara install NET Framework dengan mudah di PC atau laptop Windows. Anda dapat menggunakan metode yang telah kami cantumkan di atas untuk memperbarui versi .NET Framework ke versi terbaru.

Mungkin cukup sekian dulu artikel yang bisa kami sampaikan untuk acara kali ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-install-net-framework/