Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menonaktifkan software / aplikasi di Windows 10 Firewall

Firewall dikenal oleh banyak orang sebagai pilihan untuk dipasang di laptop atau komputer. Firewall mudah dikenali dari tengara dan dinding bata merahnya. Namun selain itu, tidak banyak orang yang mengetahui fungsi dan kegunaan dari Firewall.

Berdasarkan definisi firewall, dapat disimpulkan bahwa firewall berperan sebagai sistem keamanan pada jaringan laptop atau komputer untuk melindungi perangkat dari malware, virus, spam, dan berbagai jenis serangan lainnya. Atau dengan kata lain Firewall adalah sebuah software untuk memblokir berbagai akses yang dianggap ilegal.

Firewall biasanya akan bekerja dalam keadaan tertentu, misalnya saat Anda membuka game atau perangkat yang baru saja diinstal. Saat firewall berjalan, firewall akan memantau dan mengontrol akses keluar masuk jaringan berdasarkan aturan keamanan berbasis firewall.

Cara memblokir perangkat lunak atau aplikasi yang menggunakan firewall

Saya rasa masih banyak orang yang belum mengetahui cara memblokir software atau aplikasi yang menggunakan firewall. Tentu saja, jika Anda melakukan ini, Anda akan menuai banyak manfaat, lho. Diantaranya adalah peningkatan keamanan, pencegahan serangan virus dan malware, dan keamanan finansial.

Untuk menonaktifkan Firewall, Anda harus mengakses Firewall secara manual melalui menunya. Ingin tahu bagaimana melakukannya? Yuk, intip ciri-cirinya di bawah ini!

Cara menonaktifkan perangkat lunak dengan Firewall (Manual)

Namun, bahkan jika Anda harus melakukannya secara manual di dalam menu di Firewall. Namun jangan khawatir, langkah untuk melakukannya tidak akan sesulit yang Anda pikirkan. Karena di sini kami telah menulis panduan untuk melakukannya.

Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama, instal mesin pencari Windows.
  2. Tolong ketik Firewall Pembela Windows atau Stasiun pemadam kebakaransetelah hasil muncul silahkan buka dengan cara klik Open di bawah hasil pencarian.
  3. Jika sudah, maka Anda akan dibawa ke halaman utama Windows Firewall.
  4. Silakan lihat di kolom kiri, lalu klik kanan Aturan masuklalu pilih Hukum Baru.
  5. Sekarang, untuk pemilihan Jenis Hukum tolong ubah pilihannya Mananeo. karena disini kita ingin memblokir software atau aplikasi. Nah, jika sudah, silakan tekan tombol Lanjut.
  6. Kemudian akan muncul jendela baru, silahkan ubah pilihan menjadi Metode Program ini kemudian temukan perangkat atau perangkat lunak yang ingin Anda blokir dengan mengklik Lihat lalu pilih perangkat atau software yang anda inginkan.
  7. Jika sudah, klik saja Lanjut ke operasi berikutnya.
  8. Nah, di halaman selanjutnya silahkan pilih Blokir Koneksi lalu tekan Lanjut.
  9. Kemudian centang kolom Lokasi, Rahasiale masyarakatlalu tekan Lanjut lagi.
  10. Silakan sebutkan kode program sesuai keinginan (gratis). Nah, jika Anda mengklik Menyelesaikan.

Selesai, di sini Anda telah berhasil menutup perangkat lunak atau perangkat dengan Firewall. Ingatlah bahwa Anda hanya memblokir yang masuk. Dengan demikian, tautan tertutup hanya tautan yang diterima, sedangkan tautan yang dikirim tidak ditutup.

Untuk mencegah keluar, silakan ulangi langkah-langkah di atas. Kemudian pada langkah 4, silahkan pilih Aturan Keluar lalu klik kanan dan pilih Aturan Baru. Untuk langkah selanjutnya, kutipannya mirip dengan yang di atas.

Jika Anda telah melakukan keduanya, maka perangkat atau perangkat lunak yang dipilih benar-benar dimatikan dari Firewall.

Cara Memeriksa Perangkat Lunak / Aplikasi Terbatas

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa aplikasi atau program yang telah Anda blokir di Firewall tidak benar-benar dapat mengakses link yang masuk atau terkirim dari sistem ke internet. Cara termudah untuk memastikannya adalah dengan menguji perangkat lunak dengan Task Manager.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama, tekan tombol komponen Ctrl + Alt + Del.
  2. Setelah itu, Anda akan menginstal Sistem Operasi Microsoft Disk.
  3. Di jendela ini, silakan pilih Pengelola tugas.
  4. Kemudian, klik tab Pengguna lalu buka kolom untuk pengguna Anda.
  5. Selanjutnya silahkan buka software atau perangkat yang sudah anda install sebelumnya Firewall.
  6. Jika demikian, silakan kembali ke halaman ini Pengelola tugasdan silakan lihat bagian Marang-rang.
  7. Di sini pastikan 0Mbps tidak lebih tinggi. Jika kecepatan Jaringan tidak berubah, itu berarti tautan masuk atau terkirim ditutup.
  8. Terima kasih, Anda telah berhasil memblokir perangkat lunak atau perangkat dengan Firewall.

Cara mendapatkannya kembali (seperti sebelumnya)

Bisakah kita mengembalikan perangkat lunak yang ditutup oleh Firewall ke keadaan semula? Jawabannya iya. Ya, meskipun Anda telah memblokir perangkat lunak di Firewall, terkadang Anda membutuhkannya dan Anda harus membuka kunci perangkat lunak tersebut.

Cara mendapatkannya kembali, itu lebih mudah daripada mencegahnya. Karena Anda hanya perlu membatalkan aturan yang sudah ada sebelumnya.

Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Pertama, instal mesin pencari Windows.
  2. Tolong ketik Windows Firewall atau Stasiun pemadam kebakaransetelah hasil muncul silahkan buka dengan cara klik Open di bawah hasil pencarian.
  3. Jika sudah, maka Anda akan dibawa ke halaman utama Windows Firewall.
  4. Silakan klik pada bagian Aturan masuk.
  5. Berikutnya di kolom Aturan masukcari perangkat yang ingin Anda pulihkan seperti sebelumnya.
  6. Klik kanan pada aplikasi, lalu klik Menghapus.
  7. Langkah selanjutnya adalah melakukan hal yang sama untuk Aturan Keluar. Dengan demikian, pengaturan Firewall akan hilang.
  8. Ini sudah berakhir.

Kata terakhir

Ini mungkin artikel pertama dalam seri ini tentang cara menonaktifkan perangkat lunak atau aplikasi dengan Firewall di Windows 10. Langkah-langkah yang kami jelaskan di atas sudah selesai. Jadi kami pikir Anda tidak akan kesulitan menggunakannya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-blokir-software-dengan-firewall/