Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word Semua Versi

Saat menggunakan Microsoft Word, ukuran kertas merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Bukan tanpa alasan, pengaturan kertas di Word akan mempengaruhi versi cetak saat Anda mencetak dokumen.

Jadi, sebelum Anda memulai sebuah proyek menggunakan Microsoft Word, mungkin yang terbaik adalah mengatur ukuran kertas terlebih dahulu. Tentunya juga disesuaikan dengan kebutuhan agar hasilnya benar atau salah.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara mengatur ukuran kertas dengan Microsoft Word, jangan khawatir, karena kami akan memberikan langkah-langkah mudahnya. Silakan baca artikel ini sampai akhir untuk pemahaman yang lebih baik.

Kertas Maksimum di Microsoft Word

Perlu diketahui sebelumnya, ukuran kertas standar di Microsoft Word adalah 8,5 x 11 inci atau 21,59 x 27,94 cm dalam inci. Tidak, jika ukuran kertas yang Anda inginkan adalah ukuran default, tidak perlu mengubahnya lagi.

Meski sudah menggunakan ukuran default, pengguna Microsoft Word tetap bisa mengubah ukuran kertas. Namun, agar tetap fleksibel, Anda tidak perlu mengganti ukuran secara rutin, cukup biarkan saja.

Kecuali Anda memiliki ukuran kertas tetap di Word, yang berarti Anda selalu menggunakan ukuran kertas tersebut. Jika sudah, nanti kami akan menjelaskan cara mengubah ukuran kertas Word.

Cara Mengonversi Ukuran Kertas ke Word

Jika ternyata ukuran kertas yang Anda cari tidak sesuai dengan ukuran Word standar, Anda harus mengubahnya. Mengubah ukuran kertas dengan Word, proses ini tidak mudah, bahkan sederhana.

Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama, buka tab Format Halaman atau Struktur.
  2. Setelah itu, klik kotak dialog Pengaturan halaman untuk membuka pengaturannya.Setelah jendela Page Setup terbuka, silakan klik Pampiri > Ukuran kertas > pilih ukuran kertas yang Anda inginkan (jika tersedia).
  3. Nah, jika ternyata ukuran kertas yang diinginkan tidak tersedia, maka kamu bisa klik bagian Ukuran kertas > gulir ke bawah dan pilih Ukuran normal > masukkan ukuran yang anda inginkan.
  4. Klik Oke untuk menyimpan pengaturan kertas.
  5. Ini sudah berakhir.

Di atas Anda telah berhasil mengubah ukuran kertas di Microsoft Word.

Seperti yang Anda lanjutkan dengan diskusi sebelumnya, jika Anda ingin membuat ukuran kertas menjadi ukuran permanen, silakan klik Selalu Lakukan ho Pengaturan halaman. Untuk tujuan informasi saja, metode ini bekerja bahkan ketika Anda menempatkan strategi di Word.

Cara Membuka Halaman dengan Cepat

Cara paling populer untuk membuka Pengaturan Halaman adalah dengan membuka tab Format Halaman atau Struktur > lalu tekan kotak dialog Pengaturan halaman. Jelas ada cara lain untuk membuka Page Setup, dan lebih cepat dari metode lain.

Jadi, cara tercepat untuk membuka Pengaturan Halaman adalah dengan klik dua kali bagian samping atau ho aturan oleh Microsoft Word. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini dan segera biasakan menggunakan aplikasi anda.

Jika Anda tidak melihat penggaris pada lembar kerja Microsoft Word, berarti Anda belum menyetujuinya. Untuk itu silahkan implementasikan terlebih dahulu dengan membaca cara memasang penggaris di Word.

Tips untuk Mengubah Ukuran Kertas dengan Word

Untuk mengubah ukuran kertas di Word, Anda tidak harus membuka Page Setup, tetapi Anda dapat menggunakannya secara langsung Paling tersedia di tab Tata Letak Halaman. Namun, fitur ini memiliki pesan bahwa ukuran yang ingin Anda pilih sudah tersedia.

Saat ini ukuran yang disediakan oleh Word antara lain A4, F4 (Folio), Letter, Tabloid, Ledger, Legal, Executive, dan lainnya. Jika ukuran yang Anda inginkan sudah disediakan, maka Anda hanya bisa menggunakan ukuran Pita.

Lain halnya jika ternyata jumlah kertas yang diinginkan tidak tersedia, maka mau tidak mau harus dibuka. komunikasi kotak Atur halaman terlebih dahulu. Tapi oke, prosesnya juga nggak ribet kan?

Ini adalah dokumen tentang cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word untuk semua versi, baik itu 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 dan ke atas. Semoga artikel ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel: neotekno